Pemkot Mataram Peringati Malam Nuzulul Qur\'an Dengan Khidmat
16 Juli 2014 629 View

Pemkot Mataram Peringati Malam Nuzulul Qur\'an Dengan Khidmat

Malam Nuzulul Qur'an 1435 H di Kota Mataram diperingati secara sederhana pada Selasa (14/07). Meski sederhana, peringatan turunnya Kitab Suci Al-Qur'an yang diisi dengan sholat tarawih bersama di halaman Kantor Walikota Mataram ini berlangsung khidmat. Diikuti oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh beserta jajaran pemerintahan Kota Mataram dan juga siswa-siswi sekolah.

Usai pelaksanaan sholat isya dan 21 rakaat sholat tarawih berjamaah, acara dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh Ust. H. Jam'ul Khair. Dilanjutkan dengan tausyiah dengan tema Hikmah Nuzulul Qur'an oleh Dr. H. Taufik, Lc, MA. Al-Qur'an yang turun berangsur-angsur dalam lebih dari 22 tahun, menjadi rangkaian yang sangat cermat dan penuh makna. Indah dan fasih gaya bahasanya, terjalin antara satu ayat dengan ayat lainnya, serta ketiadaan pertentangan di dalamnya. "Al-Qur'an adalah mukjizat yang diturunkan melalui Rasulullah SAW dan menjadi panduan bagi kaum muslimin dalam menjalankan kehidupan di dunia", seperti disampaikan dalam tausyiah.

Sementara itu dalam sambutan singkatnya di akhir acara, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh juga menghubungkan keberadaan kitab suci Al-Qur'an dengan ikhtiar yang tengah dilakukan bersama antara pemerintah dan masyarakat Kota Mataram dalam mewujudkan Kota Mataram yang maju, religius, dan berbudaya. "Demi hal yang sedang kita ikhtiarkan bersama, mari kita jadikan Al-Qur'an sebagai panduan kita. Sebagai leading kita, way of life", ajak Walikota.

Mengenai kegiatan keagamaan seperti peringatan Nuzulul Qur'an maupun kegiatan keagamaan lain yang telah menjadi tradisi di Kota Mataram, Walikota berharap agar tradisi yang baik ini dapat terus dilanjutkan bahkan harus lebih disemarakkan lagi. Jangan sampai tradisi yang sarat dengan nilai keagamaan ini menghilang. Karena kegiatan semacam ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Mataram dalam menjalankan ibadahnya dan menerapkan nilai-nilai religius dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkaian acara Nuzulul Qur'an ini diisi pula dengan pengumuman pemenang serta penyerahan hadiah bagi juara lomba Tadarus Al-Qur'an antar kelurahan se-Kota Mataram yang diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Lokal Radio Suara Kota. Sebagai juara pertama diraih oleh utusan dari Kelurahan Cakranegara Selatan Baru, juara dua oleh utusan dari Kelurahan Monjok Barat, dan juara ketiga oleh utusan dari Kelurahan Mandalika. Sedangkan untuk juara harapan satu dan dua, diraih oleh utusan dari Kelurahan Kebon Sari dan Kelurahan Cakranegara Timur. (ufi/wan)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramROAD MAP RB KOTA MATARAMWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018HASIL SELEKSI ADMINISTRASI TFLKota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam Data

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,023 Visit
Kemarin : 2,913 Visit
Bulan Ini : 60,006 Visit
Tahun Ini : 160,397 Visit
Total : 743,256 Visit
Detail Statistik