Anggota DPRD Baru Mengikuti Orientasi Tugas Kedewanan
May 13, 2014 603 View

Anggota DPRD Baru Mengikuti Orientasi Tugas Kedewanan

Sebanyak 40 orang anggota DPRD Kota Mataram masa keanggotaan 2014-2019 mulai mengikuti kegiatan orientasi yang dimaksudkan untuk membekali para wakil rakyat hasil Pemilu Legislatif 2014 ini mengenai tugas dan fungsi kedewanan. Orientasi yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Diklat Provinsi Nusa Tenggara Barat ini dijadwalkan selama empat hari, mulai tanggal 25-29 Agustus 2014 di Ballroom Hotel Grand Legi Mataram. Pembukaan dilaksanakan secara resmi oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh pada Senin petang (25/08), dan dihadiri oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Wakil Walikota H. Mohan Roliskana, Sekretaris Daerah H.L. Makmur Said, beserta segenap jajaran Kepala SKPD lingkup Kota Mataram.

Pada orientasi ini, sebanyak sebelas modul berisi materi mengenai tugas dan fungsi wakil rakyat akan mulai diikuti bersama oleh para anggota dewan Kota Mataram masa keanggotaan 2014-2019 tanpa satu sesipun boleh dilewatkan. Setiap anggota dewan diwajibkan mengikuti semua sesi yang diberikan oleh pemateri dari pusat dan Sekretariat Daerah Provinsi NTB. Dalam sambutannya sebelum orientasi dibuka, Pimpinan sementara DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi mengingatkan pada setiap anggotanya untuk mengikuti orientasi secara full time. Bahkan politisi asal Partai Golkar ini mempersilahkan awak media untuk ikut melakukan pengawasan bila ada anggotanya yang tidak mengikuti kegiatan orientasi secara penuh sesuai jadwal.

Kegiatan ini sendiri menurut Didi, merupakan sebuah langkah awal bagi Dewan Kota Mataram periode 2014-2019 yang akan sangat menentukan langkah-langkah berikutnya dalam menjalankan tugas kedewanan sampai dengan berakhir masa keanggotaan lima tahun ke depan. Karenanya kegiatan ini menjadi penting untuk menambah wawasan, pengetahuan, kapasitas, dan kompetensi bagi para wakil rakyat dalam tugas dan fungsinya sebagai pengemban amanat rakyat, ditengah rendahnya kepercayaan publik terhadap anggota dewan dan tingginya ekspektasi untuk dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat. "Disini kita memantapkan komitmen untuk membangun integritas yang baik", tegasnya.

Apresiasi atas terselenggaranya orientasi juga disampaikan oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh. Dalam sambutan pembukaannya, Walikota mengatakan bahwa dirinya berharap agar orientasi ini dapat berjalan baik dan menjadi bekal bagi para anggota legislatif untuk mengoptimalkan peran sebagai mitra kerja eksekutif di bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan. Karena kerja keras telah menanti di depan untuk segera dihadapi. Apalagi saat ini telah mendekati akhir tahun 2014, dan pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Mataram tahun 2015 harus segera dimulai. "Oktober harus sudah masuk pembahasan RAPBD 2015. Karenanya segala hal terkait instrumen kedewanan harus segera diselesaikan", dikatakan Walikota.

Kemitraan antara eksekutif dan legislatif lanjut Walikota, selama ini telah berjalan dengan baik dan sinergis. Begitu pentingnya makna kemitraan dalam menjalankan roda pemerintahan ini sehingga memerlukan komitmen yang sama dari kedua belah pihak untuk terus menjaga dan mempertahankan semangatnya. Terlebih dengan banyaknya urusan yang menjadi tugas pemerintah untuk diselesaikan, disamping tugas pokok di bidang pembangunan, kemasyarakatan, dan pemerintahan. Tugas yang menurut Walikota mencapai jumlah 300 urusan ini akan dapat diselesaikan secara bersama, dilandasi dengan semangat kemitraan antara pihak-pihak yang terkait. Diantaranya pihak legislatif, dalam hal ini DPRD Kota Mataram.

Pemberian materi orientasi dimulai pada tanggal 26 Agustus 2014 dengan empat materi yang disampaikan secara maraton oleh tenaga pengajar khusus. Yaitu mengenai Dinamika Kelompok, Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika, Demokrasi dan Wawasan Kebangsaan, serta mengenai Sistem Pemerintahan Indonesia. Hari berikutnya ada tiga materi mengenai Kepemimpinan dan Etika Kepemimpinan, Wewenang, Tugas Fungsi dan Tata Tertib DPRD, serta Hubungan DPRD dan Pemda. Hari ketiga, peserta diberikan empat materi mengenai Bentuk Peraturan Daerah, Perencanaan Pembangunan Nasional dan Daerah, Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah, serta Pembinaan dan Pengawasan Pemda. Sedangkan hari terakhir hanya satu materi mengenai Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. (ufi/wan)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,630 Visit
Kemarin : 4,381 Visit
Bulan Ini : 82,687 Visit
Tahun Ini : 390,184 Visit
Total : 392,904 Visit
Detail Statistik