Perkuat Kualitas SDM, Pemkot Gelar pelatihan Keterampilan Bagi Remaja Putus Sekolah
May 13, 2014 682 View

Perkuat Kualitas SDM, Pemkot Gelar pelatihan Keterampilan Bagi Remaja Putus Sekolah

Pemerintah Kota Mataram terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui beragam upaya, salah satunya dengan memberikan pelatihan keterampilan. Wakil Walikota (Wawali) Mataram, H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH dalam Pembukaan Pelatihan PSM, Kamis (25/9) menyebutkan, dalam menyongsong era persaingan bursa tenaga kerja yang semakin kompetitif, persiapan kualitas SDM mutlak dilakukan. Diakui Wawali, serapan tenaga kerja terampil yang berasal dari Kota Mataram pada dunia kerja masih belum maksimal, hal tersebut karena masih minimnya tenaga terampil.

Kota Mataram lanjutnya memiliki daya tarik tersendiri bagi tenaga kerja yang berasal dari luar, hal tersebut lumrah terjadi mengingat tingkat pertumbuhan ekonomi Kota Mataram yang tumbuh demikian pesat. Pelatihan yang dilaksanakan Dinsosnakertrans patut direspon positif karena mampu menstimulasi kemandirian bagi para pemuda untuk lebih kreatif. Pemuda yang produktif, lanjut Mohan akan mampu memberikan efek positif bagi para remaja yang lain sehingga tindakan kontra produktif yang kerap dilakukan oleh para remaja dapat ditekan karena mereka sibuk untuk urusan-urusan yang positif, ungkap Wawali

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Mataram, H. Ahsanul Khalik, S.Sos menyebutkan, Pelatihan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia ini menyasar Kelompok Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Karang Taruna, serta masyarakat miskin dan putus sekolah. Melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, 40 Pemuda Putus Sekolah dilatih keterampilan servis Pendingin Udara dan Telepon Selular.

Dikatakan Khalik, tahun 2014 Pemerintah Kota Mataram berupaya menurunkan angka pengangguran terbuka yang didominasi oleh remaja produktif. Berdasarkan data pihaknya, angka pengangguran tahun ini telah menurun di angka 8.935 dibandingkan angka pengangguran terbuka tahun 2013 sebanyak 9.532 orang. Penurunan angka pengangguran terbuka dalam kurun 1 tahun terakhir tidak terlepas dari pemberdayaan dan pelatihan yang intensif dilakukan pihaknya menyasar para remaja yang belum memiliki pekerjaan tetap untuk dilatih keterampilan secara spesifik sesuai dengan permintaan dunia kerja.

Pelatihan Servis Pendingin Udara dan Telepon Selular dilaksanakan selama 15 hari yang dipusatkan di Kantor Dinsosnakertrans, sementara untuk Pekerja Sosial Masyarakat dan Karang Taruna akan diberikan pelatihan budidaya tanaman sayuran dan buah-buahan dalam pot yang dilaksanakan selama 3 hari.(dh/nyem)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NUSSH Kota Mataram Tahun 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,117 Visit
Kemarin : 4,660 Visit
Bulan Ini : 97,287 Visit
Tahun Ini : 404,784 Visit
Total : 407,504 Visit
Detail Statistik