Peringatan Tahun baru Hijriyah 1436,  Pemkot Mataram Gelar Solat dan Doa Bersama
May 13, 2014 909 View

Peringatan Tahun baru Hijriyah 1436, Pemkot Mataram Gelar Solat dan Doa Bersama

Pergantian tahun 1435 menuju tahun 1436 Hijriah yang jatuh pada hari Jumat (24/10) diperingati oleh Pemerintah Kota Mataram dengan menggelar doa akhir dan awal tahun secara berjamaah di Halaman Kantor Walikota Mataram. Dihadiri lengkap oleh segenap jajaran Pemerintahan Kota Mataram, Tuan Guru, anggota Forum Pimpinan Daerah, karyawan-karyawati muslim lingkup Pemerintah Kota Mataram, jamaah haji Kota Mataram, dan juga unsur-unsur masyarakat lain, doa akhir dan awal tahun dilantunkan. Dirangkai dengan pelaksanaan shalat Maghrib dan Isya berjamaah.

Peringatan Tahun Baru 1 Muharram 1436 Hijriah berlangsung dalan suasana sejuk, seiring dengan turunnya hujan pertama di Kota Mataram setelah mengalami musim panas yang cukup panjang. Menjelang kumandang adzan Maghrib, dibacakan doa akhir tahun yang dipimpin oleh Drs. TGH. Muchtar diikuti oleh seluruh jamaah yang hadir, untuk kemudian bersama-sama melaksanakan sholat maghrib dengan imam TGH. M. Nasrullah, baru dilanjutkan dengan pembacaan doa awal tahun.

Uraian hikmah tahun baru Islam 1 Muharram 1434 menghadirkan Dr. H.L. Mukhsin Effendi, Lc. MA. Dengan mengambil materi mengenai hikmah pergantian tahun yang disampaikan secara ringan tanpa kesan yang membosankan, pergantian tahun baru Islam terasa lebih bermakna, menyenangkan, sekaligus menenangkan. Diingatkan oleh penceramah kelahiran Lombok Utara ini, pada doa yang dibacakan untuk mengawali pergantian tahun dimintakan tiga hal. Yaitu permohonan untuk mendapat perlindungan dari godaan syetan, memohon bantuan untuk memerangi hawa nafsu, dan meminta supaya disibukkan dengan amalan yg bisa mendekatkan diri pd Allah.

Tahun yang bertambah lanjutnya, bukan berarti usia juga bertambah karena sesungguhnya umur justru berkurang. usia bertambah, umur belum tentu. Karenanya dari waktu ke waktu setiap manusia wajib berhijrah ke kehidupan yang lebih baik. Hujan yang turun tepat pada pergantian tahun diharapkan membawa berkah tersendiri dan menjadi penanda bahwa Kota Mataram akan menjadi lebih baik. Saat ini sambung Muchtar, dirinya merasa miris melihat begitu banyaknya manusia yang hanya bertumpu pd orang lain. Berharap orang lain yang berbuat kebaikan tanpa berkaca bahwa dirinya justru belum berbuat apa-apa. "Sakitnya itu disini", tuturnya mengutip sebuah jargon yang belakangan tengah naik daun.

Sedangkan pada kesempatan memberikan sambutan, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh mengajak masyarakat Kota Mataram untuk memanfaatkan momentum tahun baru untuk mensyukuri nikmat yang telah diterima. Peringatan tahun baru islam yang selalu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota Mataram pun baginya bukan sekedar kegiatan seremonial ataupun rutinitas semata. Melainkan untuk diambil hikmah dan makna dari berhijrah, dengan komitmen untuk bersama-sama mengintrospeksi diri. "Kita adalah sesuatu yang sejenak, sesuatu yang kerdip diantara yang hilang. Bilapun sampai waktuku, aku mohonkan maaf padamu kawan", tutur Walikota menguntai kalimat yang menjadi refleksi dirinya.

Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah Kota Mataram ini terasa makin istimewa dengan kehadiran rombongan artis-artis dakwah "Medina". Artis-artis islami yang diantaranya adalah Sunu Matta Band dan Sakti Sheila On7 ini sengaja hadir beserta rombongan utk memeriahkan peringatan tahun baru hijriah di Kota Mataram dengan menyajikan sebuah pertunjukan bertajuk Konser Cerita Kalbu. Konser dakwah ini digelar pada Sabtu (25/10) di ruas jalan depan Kantor Walikota Mataram. Yang selain bertujuan sebagai tontonan, juga sebagai tuntunan. Untuk menghibur masyarakat Kota Mataram sekaligus juga menyampaikan dakwah-dakwah islami. (ufi/wan)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 3,612 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 97,418 Visit
Tahun Ini : 543,610 Visit
Total : 546,330 Visit
Detail Statistik