Ratusan Siswa SD Ikuti Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia
29 Oktober 2014 1,136 View

Ratusan Siswa SD Ikuti Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia

Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia (Global Handwashig Day) yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober, Lifebuoy mengajak lebih dari 950 siswa-siswi sekolah dasar dan 20 PKK di Kota Mataram mengukuhkan komitmen dalam mensosialisasikan dan menerapkan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Perayaan hari cuci tangan sedunia kali ini berlangsung di SDN 2 Cakranegara Mataram, Rabu (29/10), dihadiri Wakil Ketua TP PKK Provinsi NTB Hj Syamsiah Amin, Kepala Dinas Dikpora NTB H Imhal, Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh, Sekda Kota Mataram HL Makmur Said, Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H Ruslan Effendi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram H Usman Hadi, beserta Kepala SDN 2 Mataram dan jajaran komite sekolah.

 Kegiatan peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di SDN 2 Cakranegara yang menghadirkan aktivitas cuci tangan bersama, ikrar CTPS dan aktivitas kegiatan jasmani ini, mendapat apresiasi positif dari Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh. Menurutnya, gerakan CTPS sejalan dengan program PKK yang menggalakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menjaga kebersihan tangan melalui gerakan CTPS, akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak-anak dan mendukung konsentrasi anak dalam belajar. ‘’CTPS ini sepele kelihatannya, tapi sangat besar manfaatnya dan mempengaruhi kesehatan anak di dalam keluarga,’’ kata istri Wali Kota Mataram ini.

TP PKK Kota Mataram juga berkomitmen menindaklanjuti gerakan CTPS bukan hanya dalam 21 hari namun terus berkelanjutan diselaraskan dengan program yang dijalankan TP PKK. ‘’PKK terus menjalankan program setiap hari yang langsung menyasar ke masyarakat,’’ kata dia. Apresiasi juga disampaikan Wakil Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj Syamsiah Amin. Bahkan direncanakan, TP PKK akan menggelar lomba CTPS yang benar. ‘’Cuci tangan bukan sekedar cuci tangan, tapi ada cara-caranya,’’ kata istri Wakil Gubernur NTB ini.

Hj Syamsiah juga memandang perlu agar masyarakat diberikan pemahaman agar gerakan CTPS juga diterapkan dalam setiap keluarga. Sehingga, keluarga bisa menjadi sehat dan terhindar dari penyakit seperti diare maupun ISPA. TP PKK juga siap melakukan sosialisasi CTPS ke masyarakat. ‘’Bukan hanya untuk anak-anak, gerakan CTPS juga harus dibudayakan oleh semua anggota keluarga,’’ pesannya.

Sementara Senior Brand Manager Lifebuoy PT Unilever Indonesia Tbk mengatakan, Lifebuoy kembali mengukuhkan komitmennya untuk mencapai 70 juta tangan Indonesia sehat di tahun 2015 melalui edukasi dan sosialisasi CTPS. Lifebuoy percaya bahwa CTPS mampu membantu menurunkan tingkat prevalensi penderita diare dan infeksi saluran pernafasan (ISPA). ‘’Tahun ini, Lifebuoy menjangkau 16 provinsi untuk mengingatkan pentingnya CTPS. Untuk pertama kalinya mengunjungi Kota Mataram,’’ jelasnya.

Program ini menyasar siswa SD dan ibu-ibu melalui program PKK sebagai bagian dari program gerakan 21 hari (G12H) Lifebuoy. ‘’Anak-anak dan ibu menjadi agent of change yang membantu menanamkan kebiasaan CTPS bagi anggota keluarga lainnya,’’ terangnya. (rin/yudi )

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat