Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Pemkot Payakumbuh Studi Banding ke Kota Mataram
19 November 2014 790 View

Pemkot Payakumbuh Studi Banding ke Kota Mataram

Wali Kota Payakumbuh Provinsi Sumatera Barat H Riza Falepi didampingi Wakil Wali Kota Drs Suwandel Mukhtar MM, Ketua DPRD, jajaran Pemkot Payakumbuh dan unsur Muspida berkunjung ke Kota Mataram, Kamis (20/11). Rombongan diterima Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh bersama Sekda Kota Mataram HL Makmur Said, Ketua DPRD H Didi Sumardi, sejumlah kepala SKPD, Ketua MUI dan unsur Muspida di Pendopo Wali Kota Mataram.

Dalam sambutannya, Wali Kota Payakumbuh H Riza Falepi menjelaskan, tujuan studi banding kali ini adalah untuk mempelajari kerukunan umat beragama di Pulau Lombok, termasuk Kota Mataram. ‘’Kami ingin tahu kebijakan-kebijakan apa yang dibuat dan patut dicontoh untuk dibawa pulang ke Payakumbuh,’’ jelasnya.

Wali Kota yang menjabat sejak tahun 2012 ini sedikit memberikan gambaran kondisi di Kota Payakumbuh. Salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat ini memiliki penduduk mayoritas beragama Islam mencapai 98 persen. Sisanya berasal dari berbagai agama. Selama ini, kondisi di Kota Payakumbuh sudah cukup damai, tidak ada persoalan krusial yang mencuat. Hanya saja, situasi sedikit terganggu dengan munculnya aliran baru di tengah masyarakat.

Sementara Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh menjelaskan,Mataram memiliki luas yang lebih kecil bila dibandingkan dengan luas Kota Payakumbuh yang mencapai 80 kilometer persegi. Namun, tingkat kepadatan penduduk Kota Mataram tergolong tinggi, dengan penduduk berasal dari berbagai agama, suku, ras, dan etnis. ‘’Kita teguhkan prinsip, Mataram untuk semua,’’ kata Wali Kota.

Menyinggung potensi konflik, diakui Wali Kota, tetap ada namun bukan atas nama agama atau etnis. Isu agama dan etnis hanya ikut terseret saat terjadi konflik, namun semua konflik sudah bisa diselesaikan. Sebagai upaya untuk meredam jangan sampai muncul konflik, Pemkot Mataram terus melakukan sosialisasi. Termasuk meredam munculnya aliran baru yang berpotensi memicu konflik. ‘’Kita meredam jangan terjadi konflik lebih besar karena itu kewenangan dan kewajiban pemerintah,’’ jelasnya. Ketika terjadi masalah, bisa diselesaikan dan diakhiri dengan penandatangan naskah kesepakatan antara kedua belah pihak.

Kedatangan rombongan Pemkot Payakumbuh, menurut Wali Kota Mataram, akan memberikan manfaat positif bagi kedua daerah. ‘’Ini kehormatan dan kesempatan baik untuk bisa secara langsung bertatap muka serta berdialog tentang berbagai hal yang terjadi di daerah masing-masing,’’ terangnya.Diakhir sambutannya, Wali Kota Mataram mempersilahkan rombongan berkelilng Kota Mataram dan menikmati aneka kuliner serta wisata belanja yang ada di Mataram. ''Berkeliaranlah di Kota Mataram dijamin aman,'' kata Wali Kota.(rin)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat