Pemkot Mataram Audiensi Dengan American Red Cross
08 Desember 2014 1,119 View

Pemkot Mataram Audiensi Dengan American Red Cross

Setelah melakukan kunjungan sekaligus ferivikasi pada bantuan berupa Unit Pengolahan Sampah (UPS) yang diberikan organisasi Palang Merah Amerika (American Red Cross) pada tahun 2013 di Lingkungan Karang Buyuk Kelurahan Ampenan Selatan, Perwakilan American Red Cross atau AmRedCross untuk Indonesia Mr. Tom Alcedo melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kantor Walikota Mataram untuk bersilaturahmi sekaligus melakukan audiensi dengan pemegang kebijakan di Pemerintah Kota Mataram. Kunjungan Perwakilan AmRedCross ini diterima oleh Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana didampingi Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito beserta jajaran terkait Pemerintah Kota Mataram pada Senin (08/12) di Ruang Kenari Kantor Walikota Mataram.

Di hadapan segenap peserta audiensi, Mr. Tom Alcedo mengatakan bahwa dirinya menemukan perkembangan yang positif dari fasilitas pengolahan sampah bantuan AmRedCross yang dinilainya telah berhasil dikelola dengan baik. Ke depan, pria paruh baya berambut pirang ini berharap agar berkesempatan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Mataram lebih jauh lagi. Tahun depan pihaknya berencana untuk mengembangkan dan membuat satu atau dua UPS serupa di lingkungan lain yang dianggap layak untuk didirikan UPS dengan melibatkan komunitas seperti yang telah dilaksanakan oleh organisasi Palang Merah Amerika pada komunitas yang menghuni sekitaran Sungai Ciliwung Jakarta. Sambutan positif lanjutnya, tidak hanya ditunjukkan oleh Pemerintah Kota Mataram. Fasilitas ini juga mendapat sambutan baik dari sebuah bank swasta nasional yang juga telah melakukan kerjasama pengolahan sampah dengan dua pasar terbesar di Kota Mataram; Pasar Kebon Roek Kecamatan Ampenan dan Pasar Bertais Kecamatan Sandubaya. "Fokusnya mengelola sampah dengan memproduksi kompos, meningkatkan kebersihan lingkungan dan kesehatan" tuturnya dengan bahasa Indonesia yang terbata-bata.

Sementara dikatakan Wakil Walikota Mataram H.Mohan Roliskana yang juga merupakan Ketua PMI Kota Mataram, bantuan UPS yang diberikan AmRedCross kepada Kota Mataram dan program-program kerja lain baik yang sifatnya fisik maupun pemberdayaan masyarakat, diapresiasi oleh Pemerintah Kota Mataram sebagai sebagai sebuah kebanggaan. Sedangkan bagi PMI Kota Mataram, kerjasama ini juga merupakan sebuah kehormatan sekaligus sarana penguatan kelembagaan dan perluasan peran PMI. "PMI bergeser dari paradigma lama. Tidak lagi hanya berkutat dengan persoalan penyediaan darah, bergeser pula ke persoalan sosial lain", kata Mohan.

Untuk kelanjutan kerjasama antara Pemerintah Kota Mataram dengan AmRedCross, Mohan berharap ke depan Kota Mataram dapat benar-benar dapat dijadikan project utama AmRedCross. Meski diakuinya dari pengalaman kerjasama pertama UPS di Lingkungan Karang Buyuk Ampenan Selatan harus melalui proses administrasi yang cukup rumit, tapi Mohan memastikan pihaknya akan berupaya memenuhi demi agar kerjasama antara kedua belah pihak memiliki landasan yang kuat. Di sisi lain, PMI Kota Mataram juga akan mencoba menjajaki kemungkinan untuk mempelajari sistem pengolahan sampah di Kota Malang dengan menjalin "Sister City" dengan Kota Malang Jawa Timur melalui langkah-langkah teknis yang akan segera dibahas pada pertemuan lanjutan secara terbatas. (ufi/nyem)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat