Wakil Walikota Minta Badan Publik Transparan
10 Desember 2014 488 View

Wakil Walikota Minta Badan Publik Transparan

Guna mendorong kesadaran pentingnya pelayanan publik melalui pelayanan informasi publik, PPID Kota Mataram selama dua hari berturut-turut melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan teknis tentang Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Mataram. Wakil Walikota Mataram H Mohan Roliskana saat membuka Sosialisasi UU KIP yang diikuti seluruh Kepala Dinas Instansi lingkup Pemerintah Kota Mataram menyambut baik kegiatan tersebut sebagai sebagai sesuatu hal yang sangat penting di era kewajiban transparansi saat ini.

Menurut Wakil Walikota Undang-Undang KIP menjadi landasan bagi publik untuk tahu tentang informasi yang sudah menjadi hak publik. “Saya minta semua SKPD agar bisa betul-betul memahami persoalan ini. Melihat UU KIP sebagai hal yang sangat fundamental agar masyarakat bisa mengetahui tentang kebijakan-kebijakan yang dilaksanakan pemerintah,” terang H. Mohan. SKPD profit center yang mengelola pendapatan asli daerah (PAD) harus memberikan keterbukaan informasi sesuai dengan standar operasional prosedur.  SKPD profit center mislanya seperti di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) harus membuat papan pengumuman terhadap bagaimana alur pelayanan perizinan. Termasuk biaya, dan efisiensi waktu proses perizinan dan lainnya.

Berkaitan dengan Bimbingan Teknis untuk PPID SKPD yang dilaksanakan hari berikutnya, Wakil Walikota berpesan agar personil yang dikirim SKPD merupakan SDM yang memiliki etos kerja baik, mampu mengelola informasi serta menguasai “public speaking”. “Dipilih dengan tepat sehingga PPID Kota Mataram dapat mulai bekerja,” ujarnya.

Sementara Ketua PPID Kota Mataram yang juga Kepala Bagian Humas & Protokol, Lalu Alwan Basri SPi mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi UU KIP diikuti oleh semua Kepala SKPD sedangkan Bimbingan Teknis diikuti oleh Sekretaris SKPD beserta 1 orang  pelaksana yang akan bekerja sebagai PPID SKPD. Sosialisasi dan Bimbingan Teknis bertujuan menyamakan persepsi dalam memandang Keterbukaan Informasi sebagai paradigma baru pelayanan publik, mendorong terwujudnya pelayanan publik yang lebih berkualitas melalui pemahaman keterbukaan informasi publik. Diharapkan nantinya semua SKPD dapat memberikan layanan informasi publik yang cepat tepat dan sederhana. Sosialisasi KIP menghadirkan narasumber dari PPID Propinsi NTB, Komisi Informasi Propinsi NTB serta AIPD. Sedangkan Bimbingan Teknis menghadirkan konsultan yang sudah lama berkecimpung membantu implementasi KIP  di sejumlah daerah. (tna/nyem)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat