Walikota Serahkan Buku NIkah Kepada 600 Pasutri
11 Desember 2014 681 View

Walikota Serahkan Buku NIkah Kepada 600 Pasutri

Sejumlah 600 pasangan suami-istri dari enam kecamatan di Kota Mataram yang tidak memiliki Buku Nikah karena pernikahannya tidak tercatat atau tidak dicatatkan telah resmi di isbat nikahkan melalui serangkaian sidang yang digelar di Pengadilan Agama Kota Mataram sejak April sampai dengan Desember 2014. Amar putusan isbat nikah ini diserahkan secara simbolis oleh Walikota Mataram H Ahyar Abduh kepada sepuluh pasangan diantaranya, pada Kamis (11/12) di Aula lantai 3 Kantor Walikota Mataram.

Sesaat sebelum menyerahkan secara simbolis amar putusan isbat nikah, dalam sambutannya Walikota menyampaikan bahwa putusan dari Pengadilan Agama Kota Mataram ini merupakan dasar agar pernikahan yang telah berlangsung memiliki kekuatan hukum dan dapat digunakan untuk mendapatkan dokumen pribadi yang dibutuhkan. Seperti akte kelahiran anak yang pembuatannya harus menyertakan bukti resmi pernikahan orangtuanya. "Semua anak harus punya akte kelahiran", dikatakan Walikota.

Ditemui sesaat setelah acara, Walikota menjelaskan bahwa di Kota Mataram masih cukup banyak pasangan yang belum mencatatkan pernikahannya secara resmi. Tahun 2015 mendatang, Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Mataram kembali akan mengisbat nikahkan 1000 pasangan lagi, sekaligus pengurusan akte kelahiran bagi anak-anak hasil pernikahan secara gratis bagi warga kurang mampu di Kota Mataram.
"Komitmennya memberi pelayanan yg semudah-mudahnya bagi masyarakat", ujarnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram H. Ridwan, pengurusan akte kelahiran bagi anak-anak yang orangtuanya telah melakukan isbat nikah selain untuk menyelesaikan tertib administrasi, juga dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan hukum bagi anak yang bersangkutan. Saat ini pihaknya tengah mengkaji keberadaan sebuah pelayanan terpadu dengan Pengadilan agama dan Kementerian Agama Kota Mataram dalam hal ini KUA Kota Mataram, untuk memudahkan pencatatan data-data kependudukan yang rencananya baru dapat diwujudkan paling lambat pada tahun 2016 mendatang. (ufi/dik)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat