Benahi RTH, Pemkot Mataram Gandeng IKA Sekolah Kehutanan NTB
May 13, 2014 666 View

Benahi RTH, Pemkot Mataram Gandeng IKA Sekolah Kehutanan NTB

Pemerintah Kota Mataram menggandeng Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) Nusa Tenggara Barat dalam membenahi Ruang Terbuka Hijau di Kota Mataram. Kewajiban menyediakan RTH sebesar 30 persen dari wilayah Kota Mataram menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah. Saat ini Pemerintah telah mendorong ketersediaan RTH mencapai angka 22 persen. Optimisme Pemerintah dalam mencapai target semakin tinggi seiring dengan dukungan yang diberikan IKA SKMA NTB dalam membantu Pemkot Mataram melakukan penataan RTH guna mendukung Konsep Kota Hijau (Green City). Salah satu bentuk dukungan IKA SKMA NTB yakni dengan melakukan penataan RTH Pagutan Timur yang kedepan akan didorong menjadi Taman Hortikultura.

Dalam kegiatan Penanaman Pohon yang digagas IKA SKMA NTB di Taman Hortikultura RTH Pagutan Timur, sabtu (20/12), Ketua Panitia Firmansyah menyebutkan, kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan hasil rekomendasi Musda IKA SKMA NTB dimana salah satunya mendukung Kota Mataram menjadi Kota Hijau 2025. Sebagai Ibukota Provinsi yang merupakan pusat Pemerintahan, Pendidikan, dan Bisnis, Kota Mataram memiliki tantangan tersendiri dalam mewujudkan Kota Hijau. Ketersediaan lahan yang terbatas menjadi kesulitan tersendiri. Oleh karena itu, pihaknya bersama 6 ribu anggota aktif IKA SKMA NTB mencoba melakukan penghijauan dimulai dari batas kota.

Saat ini lanjut Firman, RTH sebagai paru-paru kota telah banyak membantu dalam menyediakan udara yang bersih bagi warga kota. Masih banyaknya areal persawahan dan areal hijau lainnya di wilayah pinggiran kota hendaknya menjadi konsen Pemerintah. Selain itu, pihaknya mengapresiasi Kebijakan Pemerintah Kota Mataram yang memiliki komitmen kuat dalam membangun Kota Mataram yang hijau dan nyaman.

Sementara, Walikota Mataram H Ahyar Abduh pada kesempatan tersebut mengapresiasi inisiatif yang dilakukan IKA SKMA NTB melakukan penanaman vegetasi endemic (langka) yang merupakan bukti kepedulian organisasi ini dalam menghijaukan Kota Mataram. ”Semoga organisasi lain dapat meniru langkah IKA SKMA NTB” sebut Walikota.

Pembangunan RTH Pagutan Timur diatas lahan 8 hektar lebih merupakan perwujudkan komitmen Pemkot untuk terus menambah Ruang Terbuka Hijau. Keberadaan RTH ini kedepan akan menjadi Pusat Edukasi dan Rekreasi masyarakat. Ditempat ini pula akan dibangun ”Bale Budaya” yang akan menjadi Pusat Kebudayaan yang dapat menjadi salah satu destinasi Wisata baru di Kota Mataram. Pemerintah juga menetapkan RTH Pagutan Timur sebagai Taman Hortikultura yang diharapkan para petani hortikultura di meningkatkan varietas tanaman horti di taman ini.

Kegiatan penanaman pohon oleh IKA SKMA NTB merupakan rangkaian Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional. Penamanan Pohon tersebut dihadiri Walikota, Wakil Walikota, Kapolres Mataram serta jajaran Pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Mataram dan Provinsi NTB. IKA SKMA NTB juga memberikan Plakat dan menyematkan Baju IKA SKMA NTB kepada Walikota Mataram sebagai Anggota Kehormatan organisasi alumnus sekolah kehutanan yang telah terbentuk di seluruh Provinsi se Indonesia.(dh/nyem)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,143 Visit
Kemarin : 4,171 Visit
Bulan Ini : 77,819 Visit
Tahun Ini : 385,316 Visit
Total : 388,036 Visit
Detail Statistik