Walikota Hadiri Rebak Jangkeh Maulid Dasan Agung
07 Februari 2015 1,181 View

Walikota Hadiri Rebak Jangkeh Maulid Dasan Agung

Rangkaian perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar selama satu bulan penuh di Kelurahan Dasan Agung Kecamatan Selaparang Kota Mataram ditutup dengan acara budaya Rebak Jangkeh. Acara budaya Rebak Jangkeh yang digelar di ruas jalan Pejanggik Mataram pada Jumat sore (07/02/15) ini diisi dengan Parade Maulid yang diikuti dan diramaikan oleh ratusan orang warga Dasan Agung dan sekitarnya. Dihadiri oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh beserta istri, Sekretaris Daerah Kota Mataram H.L. Makmur Said, jajaran SKPD lingkup Kota Mataram, serta para pemerhati budaya Kota Mataram.

Dikatakan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya, diadakannya kegiatan Parade Maulid Rebak Jangkeh ini menunjukkan perkembangan Kota Mataram di bidang agama dan budaya. Tradisi ini harus terus dipelihara, karena budaya memiliki daya dukung yang potensial untuk meningkatkan pembangunan di Kota Mataram. Dan semua pihak berkewajiban utk terus memelihara serta melestarikan tradisi-tradisi yang hidup di tengah masyarakat seperti ini. Walikota berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun bahkan ditingkatkan untuk mewariskan hal-hal baik pada generasi berikutnya.

"Harapan saya untuk suksesnya kegiatan Parade Rebak Jangkeh ini, bukan hanya sebagai kegiatan atraksi budaya saja. Tapi juga agar kita semua dapat mengambil hikmah dan makna dari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW. Nilai-nilai itulah yang terpenting", tutur Walikota.

Sementara menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Mataram Abdul Latif, kegiatan yang digelar besar-besaran ini merupakan kesepakatan antara dua lingkungan Dasan Agung dan Dasan Agung Baru untuk menutup rangkaian perayaan Maulid seperti lazimnya dilakukan oleh masyarakat adat Sasak untuk menutup sebuah perayaan. Parade Maulid Mataram Rebak Jangkeh diikuti oleh 15 lingkungan tradisional dan tiga partisipan yang berasal dari sekolah-sekolah di sekitar wilayah Dasan Agung, Komunitas Reog Ponorogo, serta Komunitas Tionghoa yang menampilkan kesenian Barongsai. "Tema rangkaian kegiatan Maulid ini Nyunatan, Ngurisan, dan Namatan", terangnya.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat