Pekan Reformasi Birokrasi Resmi Dibuka Walikota Mataram
26 Januari 2015 1,092 View

Pekan Reformasi Birokrasi Resmi Dibuka Walikota Mataram

Pemerintah Kota Mataram bekerjasama dengan Kaukus NGO Nusa Tenggara Barat menggelar Pekan Reformasi Birokrasi 2015. Kegiatan yang dibuka Resmi Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dilaksanakan  mulai 26-30 Januari 2015. Ketua Panitia Pelaksana Sarifudin menyatakan, Pelaksanaan Pekan Reformasi yang dilaksanakan di Mataram merupakan pertama kalinya di Indonesia. Kerjasama yang dilakukan Pemkot Mataram dengan Kaukus NGO NTB bertujuan untuk mendorong terciptanya perubahan tatanan birokrasi di Nusa Tenggara Barat. Pihaknya mengapresiasi keinginan kuat Pemerintah Kota Mataram dalam mewujudkan perubahan dalam tubuh birokrasi dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sementara Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mirawati Sujono, Ak, M.Sc mewakili Menteri PAN RB menegaskan, pelaksanaan reformasi birokrasi mulai dari tingkat pusat hingga daerah saat ini merupakan jawaban dari keinginan masyarakat yang mendambakan pelayanan aparatur yang prima. Kementerian PAN RB di era Kepemimpinan Presiden Jokowi mendapat tanggung jawab untuk mengaplikasikan visi Pemerintah untuk melaksanakan Revolusi Mental.

Dikatakan Deputi, implementasi dari Revolusi Mental yakni perubahan cara pandang Aparatur Sipil Negara (ASN) dari dilayani menjadi melayani. Presiden Joko Widodo berharap agar birokrat saat ini tidak berada di belakang meja, akan tetapi turun lapangan untuk mengetahui permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat untuk kemudian dicarikan solusinya secara cepat dan tepat. Hal lain yang tidak kalah penting lanjutnya, perilaku pejabat saat ini hendaknya lebih merakyat dan mementingkan urusan masyarakat menjadi yang utama. Dalam penataan reformasi birokrasi, pemberian reward dan punishment kepada ASN mutlak diberlakukan. Kegiatan Pekan Reformasi Birokrasi 2015 di Kota Mataram diharapkan menjadi langkah awal dalam penataan birokrasi di jajaran pemerintahan. Ia berharap Kota Mataram dapat menjadi barometer reformasi birokrasi di Indonesia.

Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam kesempatan Pembukaan di Pendopo Walikota senin (26/1) menyatakan, Program Reformasi Birokrasi yang digulirkan Pemerintah Pusat ke daerah telah direspon dengan melakukan penataan struktur organisasi daerah, penatalaksanaan organisasi dan peningkatan mutu aparatur pemerintah. Dalam penataan struktur organisasi, Pemerintah Kota Mataram telah membentuk 3 struktur badan baru yang merupakan badan yang melayani langsung hajat hidup masyarakat.

Perkembangan pelayanan publik di Kota Mataram lanjut Walikota, tercermin dari pertumbuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Indikasi lain juga terlihat dari peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima, pihaknya juga menggandeng para stakeholder terkait seperti Ombudsman Perwakilan NTB serta Kaukus NGO yang ada di Nusa Tenggara Barat.

Walikota juga menegaskan efektifitas birokrasi menjadi suatu keharusan. Tidak ada birokrasi yang tertutup atau ditutup-tutupi. Pihaknya sangat terbuka terhadap masukan dari pihak luar yang berguna bagi pembangunan di Kota Mataram. Kegiatan Pekan Reformasi Birokrasi dirangkai dengan Pameran Produk Reformasi Birokrasi yang di ikuti oleh SKPD lingkup Pemerintah Kota Mataram. (dh/nyem)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat