Bangsal Pengolahan Ikan Resmi Dioperasionalkan
19 Februari 2015 1,245 View

Bangsal Pengolahan Ikan Resmi Dioperasionalkan

Bangsal Pengolahan Ikan yang berlokasi di Sayang-sayang, diresmikan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh didampingi Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, Rabu (18/2). Hadir pula Ketua TP PKK Kota Hj Suryani Ahyar Abduh yang melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya Bangsal Pengolahan Ikan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengatakan, keberadaan bangsal pengolahan ikan sangat penting bagi para nelayan. Selain untuk meningkatkan nilai serta kualitas dari produksi ikan di Kota Mataram, bangsal ini juga bermanfaat untuk mempercantik kemasan dari produk perikanan yang dihasilkan nelayan di Kota Mataram. ‘’Mataram memiliki produksi dan jumlah pengusaha ikan cukup besar. Karenanya, dipandang perlu bagi pemerintah untuk terus meningkatkan perhatian dalam penyediaan sarana prasarana. Inilah salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada nelayan di Mataram,’’ kata Wali Kota.

Wali Kota berharap agar keberadaan bangsal ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya mengingat dana pembangunannya cukup besar. Mengingat terdapat waktu-waktu tertentu dalam setahun nelayan tidak bisa melaut karena faktor cuaca. ‘’Bangsal ini salah satu upaya kita untuk mempersiapkan nelayan saat cuaca tidak bersahabat, sehingga mereka tetap mendapatWali Kota berharap agar keberadaan bangsal ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya mengingat dana pembangunannya cukup besar. Mengingat terdapat waktu-waktu tertentu dalam setahun nelayan tidak bisa melaut karena faktor cuaca. ‘’Bangsal ini salah satu upaya kita untuk mempersiapkan nelayan saat cuaca tidak bersahabat, sehingga mereka tetap mendapatWali Kota berharap agar keberadaan bangsal ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya mengingat dana pembangunannya cukup besar. Mengingat terdapat waktu-waktu tertentu dalam setahun nelayan tidak bisa melaut karena faktor cuaca. ‘’Bangsal ini salah satu upaya kita untuk mempersiapkan nelayan saat cuaca tidak bersahabat, sehingga mereka tetap mendapat penghasilan dengan memanfaatkan bangsal ini dengan sebaik-baiknya,’’ jelas Wali Kota.penghasilan dengan memanfaatkan bangsal ini dengan sebaik-baiknya,’’ jelas Wali Kota.

Selain itu, kepada nelayan juga diberikan sejumlah bantuan yang setiap tahun dialokasikan pemerintah untuk membantu masyarakat pesisir, utamanya nelayan. Bagi kelompok nelayan yang telah mendapat bantuan, Wali Kota menginstruksikan agar kepala SKPD dan jajarannya melakukan pengawasan dan pembinaan kepada para nelayan.  ‘’Semoga semua bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi nelayan, dan bantuan harus dikelola dengan baik agar memberikan manfaat bagi nelayan,’’ pesan Wali Kota.Selain itu, kepada nelayan juga diberikan sejumlah bantuan yang setiap tahun dialokasikan pemerintah untuk membantu masyarakat pesisir, utamanya nelayan. Bagi kelompok nelayan yang telah mendapat bantuan, Wali Kota menginstruksikan agar kepala SKPD dan jajarannya melakukan pengawasan dan pembinaan kepada para nelayan.  ‘’Semoga semua bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi nelayan, dan bantuan harus dikelola dengan baik agar memberikan manfaat bagi nelayan,’’ pesan Wali Kota.Selain itu, kepada nelayan juga diberikan sejumlah bantuan yang setiap tahun dialokasikan pemerintah untuk membantu masyarakat pesisir, utamanya nelayan. Bagi kelompok nelayan yang telah mendapat bantuan, Wali Kota menginstruksikan agar kepala SKPD dan jajarannya melakukan pengawasan dan pembinaan kepada para nelayan.  ‘’Semoga semua bantuan yang diberikan bisa bermanfaat bagi nelayan, dan bantuan harus dikelola dengan baik agar memberikan manfaat bagi nelayan,’’ pesan Wali Kota.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Mataram H Mutawalli mengatakan, Bangsal Pengolahan Ikan dibangun dalam dua tahun anggaran yakni tahun 2013 dan 2014 dengan dana dari APBN senilai Rp 780 juta. Bangsal pengolahan ikan memiliki luas 500 meter persegi dengan dilengkapi ruang pengolahan, ruang pengemasan, hingga ruang pamer.

Keberadaan Bangsal Pengolahan Ikan dimaksudkan untuk tempat melatih nelayan saat tidak melaut karena datangnya musim anginbarat. ‘’Tempat iniakan digunakan untuk melatih nelayan dengan praktek langsung. Kita juga sediakan peralatan lengkap untuk pengolahan hingga pengemasan,’’ kata Kepala Dinas PKP.Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan KotaMataram H Mutawalli mengatakan, Bangsal Pengolahan Ikan dibangun dalam dua tahun anggaran yakni tahun 2013 dan 2014 dengan dana dari APBN senilai Rp 780 juta. Bangsal pengolahan ikan memiliki luas 500 meter persegi dengan dilengkapi ruang pengolahan, ruang pengemasan, hingga ruang pamer.

Kepada nelayan juga diberikan bantuan yang tujuannya untuk meningkatkan hasil tangkap. Sementara bagi ibu-ibu nelayan juga dibantu alat pengolahan agar saat tidak melaut tetap memiliki kesibukan yang memberikan penghasilan bagi  keluarganya.Total disalurkan 250 unit bantuan bagi 250 orang nelayan, dengannilai total bantuan mencapai Rp 1,1  miliar. Diberikan pula bantuan kepada 4 kelompok Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) perikanan tangkap masing-masing Rp 100 juta.Kepada nelayan juga diberikan bantuan yang tujuannya untuk meningkatkan hasil tangkap. Sementara bagi ibu-ibu nelayan juga dibantu alat pengolahan agar saat tidak melaut tetap memiliki kesibukan yang memberikan penghasilan bagi  keluarganya.

‘’Bantuan ini masih bisa berlanjut dan akan kita usulkan tahun depan ke pusat,’’ imbuhnya.Bantuan yang diberikan meliputi, lampu inverter 42 buah, mesin huller 10 unit, jenset 10 unit, frezer 11 unit, jaring 58 buah, paket alat-alat pengolahan mulai dari kompor hingga pengorengan 62 buah, coolbox 43 unit, keramba besi bagi kelompok nelayan darat14 unit, benih ikan nirwana 26 ribu, pakan ikan, dan bantuan uang tunai bagi kelompok. ‘’Semoga bantuan benar-benar dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan,’’ kata H Mutawali.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Website Elektronik Warta Kota MataramSurat Edaran Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,810 Visit
Kemarin : 1,997 Visit
Bulan Ini : 61,495 Visit
Tahun Ini : 61,495 Visit
Total : 644,354 Visit
Detail Statistik