IPM Di Kota Mataram Terus Meningkat
10 Maret 2015 1,292 View

IPM Di Kota Mataram Terus Meningkat

                Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Mataram dalam lima tahun terakhir ini terus mengalami pengingkatan. Mulai dari tahun 2010 sebesar 72,26, naik menjadi 72,82 pada tahun 2011, kemudian 73,70 tahun 2012,  sementara tahun 2013 sebesar 74,53  dan terakhir  tahun 2014 IPM Kota Mataram mencapai 75,18 atau di atas IPM Provinsi NTB dan di atas rata-rata nasional.

                Demikian disampaikan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh sebelum membuka kegiatan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) tingkat Kota Mataram, di aula lantai tiga Kantor Wali Kota Mataram, Selasa (10/3).

                Kegiatan pembukaan MPBM yang diikuti sekitar 600 peserta itu antara lain dari oleh Sekretaris Bappeda Provinsi NTB Yusron Hadi,  Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi SH beserta anggota DPRD setempat. Selain itu, Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh, unsur SKPD lingkup Pemerintah Kota Mataram,  tokoh agama, tokoh masyarakat, asosiasi profesi, fasilitator pembangunan kota, tokoh perempuan serta para pemangku kepentingan lainnya.

                Dalam kesempatan itu,  Wali Kota menyatakan bangga dengan semangat warga dalam mendukung pemerintah mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2010-2015. "Tahun ini merupakan tahun terakhir dari RPJMD 2010-2015, dan hampir 100 persen berbagai program yang telah dirumuskan dalam RPJMD bisa dilaksanakan. Ini semua karena dukungan dari semua warga kota," ujarnya.

Wali Kota mengatakan, hal itu terlihat dari tiga program unggulan pembangunan, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), pemberdayaan ekonomi rakyat (PER) dan peningkatan daya dukung infrastruktur perkotaan.

Menurutnya, dalam bidang SDM antara lain pemerintah kota telah menyediakan infrastruktur pendidikan memadai melalui pembangunan gedung dan peningkatan ruang kelas baru.      Selain itu peningkatan sarana dan prasarana kesehatan dasar dan pembangunan ruang rawat inap pada RSUD Mataram dan pelayanan kesehatan gratis di puskesmas beserta jaringannya.

Kemudian pelayanan MERCY (Mataram Emergency Rescue), santuan kematian dan pembangian beras kepada jompo, penaganan anjal dan pembinaan anak terlantar serta bantuan ke panti-panti asuhan.    "Dengan upaya itu indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Mataram tahun 2014 sebesar 75,18 lebih tinggi dari IPM NTB dan rata-rata nasional," kata lagi.

    Sementara dalam bidang PER antara lain dilakukan peningkatan sarana dan prasarana pasar dan revitalisasi pasar tradisional, penataan pedagang kreatif lapangan dan penataan pelayanan perizian terpadu.  Kemudian, katanya, di bidang sarana dan prasarana perkotaan antara lain dilakukan pembangunan beberapa jalan baru dan meningkatan jalan lingkungan, penataan kawasan sungai dan pantai serta penataan kualitas ruang terbuka hijau.

Selain itu, lanjut Wali Kota, pemasangan penerang jalan umum, program sambungan air minum gratis dan penanganan rumah tidak layak huni yang ditargetkan tuntas 2016. Pengkatan sarana dan prasarana persampahan baik skala lingkungan maupun kota.

Peningkatan dan pertumbuhan Kota Mataram dalam lima tahun terakhir terlihat juga dari  APBD Kota Mataram yang mengalami peningakatan sebesar 16, 31 pesen dari APBD 2014 Rp961,096 miliar menjadi Rp1,117 triliun pada tahun 2015. Begitu juga dengan PAD Kota Mataram yang terus mengalami peningkatan signifikan dari Rp90 miliar tahun 2013 menjadi Rp119 miliar lebih pada tahun 2014.

Sementara itu, Kepala Badan Perencana Pembangunan (Bappeda) Kota Mataram Lalu Martawang mengatakan,  MPBM tingkat Kota Mataram tahun ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan MPBM tingkat kelurahan dan kecamatan yang telah dilaksanakan pada Januari dan Februari 2015 dan akan berlangsung selama dua hari, 10-11 Maret 2015.

 MPBM dimaksudkan untuk merumuskan usulan program dan kegiatan pembangunan berdasarkan aspirasi warga sebagai bahan penyusunan rencana kerja pemeritah daerah tahun 2016. Selain itu, untuk mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada MPBM kecamatan dan MPBM kelurahan.

Serta mempertajam indikator kinerja program kegiatan prioritas daerah Kota Mataram sekaligus menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi NTB.      "Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah mengakomodasi partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan daerah,"  katanya.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat