Kota Mataram Tuan Rumah Bimtek Pelaksanaan Hibah Daerah
19 Maret 2015 790 View

Kota Mataram Tuan Rumah Bimtek Pelaksanaan Hibah Daerah

Kota Mataram menjadi tuan rumah pelaksanaan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Penyaluran Hibah Air Minum bagi pengelola aset dan keuangan dari 32 Kabupaten/Kota serta 11 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) khususnya dari wilayah timur Indonesia. Bimtek yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembiayaan dan Kapasitas Daerah Direktorat Jenderal Perimbangan Daerah Kementerian Keuangan Republik Indonesia diselenggarakan di Pendopo Walikota Mataram pada Kamis (19/03/15), dan dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana.

          Peserta Bimtek terdiri dari 11 orang Kepala PDAM diantaranya dari Kota Mataram selaku tuan rumah penyelenggaraan Bimtek, PDAM Kota Denpasar, PDAM Kabupaten Natuna, PDAM Kabupaten Donggala, dan PDAM Kabupaten Pulau Morotai. Serta para  Kepala DPKAD (Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) atau Kepala Bagian Keuangan dari Kabupaten/Kota yang akan mendapatkan Program Hibah Air Minum.

          Dalam sambutan pembukaannya, Kasubdit Hibah Daerah Jamiat Aris Chalvat mewakili Direktur Pembiayaan dan Kapasitas Daerah Heru Subiantoro menyampaikan berbagai hal terkait dengan pelaksanaan Program Hibah Air Minum yang telah dilaksanakan di Indonesia sejak tahun 2012 dengan sumber pendanaan dari Australia dan Amerika Serikat. Ada 115 daerah yang mendapatkan program dengan nilai bantuan sebesar 100 juta dolar Australia, yang dikucurkan melalui Ausaid. Kerjasama dengan Pemerintah Australia terkait Program Air Minum dan Sanitasi akan segera berakhir pada Juni 2014 mendatang.

Namun lanjut Aris, saat ini sudah ada pembicaraan lebih lanjut mengenai rencana untuk memperpanjang kerjasama sampai dengan bulan Januari 2014. Untuk itu Aris berharap agar semua pihak terkait dapat memahami dengan baik prosedur penyalurannya, serta dapat segera menyelesaikan tugasnya dalam menuntaskan kendala-kendala yang dihadapi di daerah masing-masing. “Masa enam bulan itu tidak panjang”, kata Aris.

Sementara itu sesaat sebelum membuka Bimtek secara resmi, Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana menyampaikan harapan agar Bimtek Pelaksanaan Penyaluran Hibah Air Minum yang dilaksanakan di Kota Mataram ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat serta dampak positif baik bagi masyarakat Kota Mataram maupun bagi daerah lain. “Semoga kegiatan ini dapat memberi wawasan dan tambahan informasi mengenai prosedur pelaksanaan hibah”, tuturnya.

          Kota Mataram sambung Mohan, fokus berupaya untuk mengembangkan pelayanan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Pada tahun 2013 telah direalisasikan lebih dari 2.000 sambungan gratis untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Mataram yang belum mendapatkan akses air bersih dari PDAM. 2.000 sambungan lagi juga telah terpasang pada tahun berikutnya sehingga target 4.000 sambungan gratis telah tercapai.

          Bimtek Pelaksanaan Penyaluran Hibah Air Minum dilaksanakan satu hari, dengan materi mengenai Program Hibah Air Minum yang disampaikan oleh Kasubdit Hibah Daerah Jamiat Aris Chalvat mewakili Direktur Pembiayaan dan Kapasitas Daerah Heru Subiantoro. Sedangkan materi berikutnya mengenai Penyampaian Hasil Verifikasi Berkas Dokumen Penyaluran disampaikan oleh Acep Dedi Supriadi Adam Mansyur, serta moderator oleh Imam Yuwono.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,098 Visit
Kemarin : 3,532 Visit
Bulan Ini : 69,386 Visit
Tahun Ini : 376,706 Visit
Total : 959,565 Visit
Detail Statistik