Menpan-RB Berkunjung Ke Kota Mataram
May 13, 2014 670 View

Menpan-RB Berkunjung Ke Kota Mataram

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (Menpan-RB) DR H Yuddy Chrisnandi, MM melakukan kunjungan kerja  ke Pemerintah Kota Mataram, pada Sabtu (21/3), untuk memastikan aparatur negara di daerah ini bekerja dengan sebaik-baiknya. 

            Dalam kunjungan kerja tersebut Menpan-RB beserta rombongan mendatangi Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar)  dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram,  serta PLN NTB, bersama Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh beserta sejumlah jajaran kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Mataram.

            Usai melakukan kunjungan ketiga lokasi pelayanan unit kerja pemerintah tersebut,  Menpan-RB bersama rombongan diterima oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana,  Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan  Daerah (FKPD) di aula Pendopo Wali Kota Mataram.

            Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyampaikan ucapan terimakasih kepada Menpan-RB berserta jajarannya, karena baru pertama kali ini  Pendopo Wali Kota didatangi oleh seorang menteri.        “Kehadian Pak Menteri,  menjadi satu kehormatan dan kebanggan kami dan  warga Kota Mataram  serta menjadi motivasi pemerintah kota dalam mewujudakan good governance,” katanya.

            Wali Kota Mengatakan,  Kota Mataram saat ini telah menjadi salah satu pilot project reformasi birokrasi dan Kota Mataram sudah memiliki Road Map 2014-2018.     Road Map ini,  merupakan bentuk operasionalisasi grand design reformasi birokrasi yang disusun dan dilakukan setiap lima tahun sekali dan merupkaan rencana rinci pelaksanaan reformasi dari satu tahapan ke tahapan selanjutnya selama lima tahun.

 Hal itu, kata Wali Kota, bertujuan untuk memberikan arah pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkup Pemerintah Kota Mataram agar berjalan efektif, efisien, terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga dan berkelanjutan untuk mewujudkan moto Kota Mataram yang maju, religius dan berbudaya.  

Sebelumnya, dalam sambutannya Menpan-RB  mengatakan, Reformasi Birokrasi merupakan tanda dimulainya gerakan reformasi mental jajaran aparatur sipil negara (ASN).  “Dalam era pemerintahan Presiden Joko Widodo kebijakan reformasi birokrasi diarahkan pada gerakan reformasi mental segenap jajaran ASN," katanya.

 Dikatakannya, gerakan reformasi mental segenap aparatur sipil negara tersebut juga menyangkut tentang perubahan mindset atau cara berpikir dan cara pandang yang mempengaruhi perilaku ASN, dengan menyudahi era priayi yakni era ingin dilayani menjadi melayani.

“Pejabat adalah pelayan rakyat bukan priayi. Karena itu, harus bertindak cepat yang beroerientasi pada masyarakat dan jangan sakiti hati rakyat. ASN adalah pelayan rakyat, yang harus pandai dan sabar mendengarkan keluhan rakyat," ucapnya.

Yuddy juga menyampaikan, bahwa kunjungannya ke tiga unit pelayanan masyarakat di Kota Mataram adalah untuk melakukan pengawasan terhadap aparatur dan pelayanan publik untuk sebaik-baiknya melayani masyarakat.

Kunjungan ke Damkar dan RSUD secara struktural, katanya, memang tidak ada akan tetapi mereka merupakan bagian dari pemerintah yang harus siaga 24 jam melakukan antisipasi kebakaran dan  RSUD memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Begitu juga dengan pelayanan publik  di PLN,  agar PLN termotivasi untuk memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat dan  listrik tidak bolak-balik mati dan mengganggu aktivitas masyarakat, terutama di wilayah destinasi wisata,” katanya.

Pada prinsipnya,  kata Yuddy kedatangannya adalah untuk memastikan aparatur pemerintah melayani masyarakat dengan baik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,750 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,556 Visit
Tahun Ini : 542,748 Visit
Total : 545,468 Visit
Detail Statistik