Walikota Mataram Sampaikan LKPJ  Akhir Masa Jabatan
May 13, 2014 755 View

Walikota Mataram Sampaikan LKPJ Akhir Masa Jabatan

 Bertempat di ruang sidang utama DPRD Kota Mataram, Senin (30/3) Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2014 dirangkaikan dengan LKPJ akhir masa jabatan 2010-2015 dalam rapat paripurna DPRD Kota Mataram.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi dampingi Wakil Ketua DPRD Muhtar dan I Wayan Sugiarta serta dihadiri jajaran anggota DPRD, jajaran eksekutif,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan Ketua PKK Kota Mataram Hj Suryani Ahyar Abduh.

Wali kota dalam kesempatan itu mengatakan, penyampaian LKPJ ini merupakan kewajiban konstitusional dan secara umum  merupakan gambaran atas hasil pembangunan yang telah dilaksanakan selama tahun 2014 dan selama periode masa jabatan 2010-2015.

                 Menurut dia, secara umum capaian pembangunan Kota Mataram yang telah dilaksanakan tahun 2014 sejalan dengan pelaksanaan tiga program unggulan Pemerintah Kota Mataram, yakni meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang handal dan religius untuk mendorong daya saing daerah.

                Selain itu, memberdayakan ekonomi rakyat berbasis potensi lokal yang berkelanjutan untuk meningkatkan kemandirian daerah, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana perkotaan.

                Keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan selama ini, katanya,  tidak lepas dari kemampuan mengelola Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) yang mengedepankan prinsip good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik  dan APBD yang merupakan government spending diarahkan sebagai stimulus bagi perkembangan perekonomian daerah.

                Wali Kota menyebutkan,  APBD Kota Mataram mengalami peningkatan dari Rp679,04 miliar lebih pada tahun 2011 menjadi Rp1,08 triliun  lebih pada tahun 2014 atau meningkat sebesar 59,06 persen.      Angka ini, katanya, melampaui target yang ditetapkan dalam RPJMD yaitu sebesar Rp1 triliun pada tahun 2015. Demikian pula anggaran belanja daerah mengalami peningkatan dari Rp670,2 miliar lebih pada tahun 2011 menjadi Rp1,04 triliun lebih pada tahun 2014.

                Sementara, tingkat kemandirian daerah dalam pembiayaan pembangunan dapat dilihat dari perkembangan pendapatan asli daerah (PAD) juga mengalami peningkatan. "Pada tahun 2010 ketika kami menerima estafet kepemimpinan, besaran PAD Kota Mataram sebesar Rp44,49 miliar  lebih," katanya.

                Akan tetapi, lanjutnya, dengan komitmen yang kuat, pada tahun 2011 realisasi PAD telah mencapai Rp82,42 miliar lebih dan meningkat menjadi sebesar Rp202,58 miliar lebih pada tahun 2014. Angka  itu melampaui target yang ditetapkan dalam RPJMD yaitu sebesar Rp100 miliar.  

“Peningkatan kemandirian daerah ini juga terlihat dari persentase PAD terhadap APBD yaitu dari 9,33 persen pada tahun 2011 menjadi 18,70 persen pada tahun 2014,” ujarnya.

Namun demikian,  masih banyak pekerjaan rumah yang belum dapat dituntaskan antara lain, masalah penanganan rumah tidak layak huni, jalan lingkungan, serta beberapa permasalah pada bidang peningkatan SDM yang harus  menjadi perhatian bersama.

  Usai menyampaikan LKPJ,  Wali Kota menyerahkan langsung dokumen LKPJ kepada Ketua DPRD  H Didi Sumardi  untuk dibahas lebih lanjut oleh panitia khusus LKPJ yang sudah dibentuk.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 1,373 Visit
Kemarin : 3,737 Visit
Bulan Ini : 82,183 Visit
Tahun Ini : 256,374 Visit
Total : 259,094 Visit
Detail Statistik