DEWAN PUJI KEPEMIMPINAN AMAN DI KOTA MATARAM
04 Mei 2015 1,003 View

DEWAN PUJI KEPEMIMPINAN AMAN DI KOTA MATARAM

 Duet Kepemimpinan H. Ahyar Abduh dan H. Mohan Roliskana periode 2010-2015 menuai pujian kalangan wakil rakyat. Dalam Laporan Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Walikota Mataram akhir tahun anggaran 2014 dan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Walikota Mataram akhir masa jabatan 2010-2015 yang disampaikan Ketua Pansus Drs. H.M. Zaini memberikan apresiasi atas Kepemimpinan AMAN selama 5 tahun memimpin Kota Mataram.

Pertumbuhan ekonomi Kota Mataram yang ada dikisaran 7-8 persen merupakan cermin peningkatan daya beli masyarakat yang semakin baik. Disamping itu laju pertumbuhan investasi dalam kurun 3 tahun terakhir menunjukkan tren yang positif dan selalu berada diatas 12 persen. Dampak pertumbuhan ekonomi lanjut Zaini berimbas pada peningkatan angka kesempatan kerja yang mengalami peningkatan dari 93,30 persen pada tahun 2011 menjadi 95,21 persen pada tahun 2014.

Hal lain yang mengindikasikan kemajuan Kota Mataram yakni peningkatan APBD dari tahun 2011 sebesar 679,04 miliar menjadi 1,08 triliun pada tahun 2014 atau meningkat sebesar 59,06 persen. Angka ini lanjutnya melampaui target yang ditetapkan dalam RPJMD yaitu sebesar 1 triliun rupiah pada tahun 2015, demikian pula dengan angka anggaran belanja daerah mengalami peningkatan dari 670,2 miliar rupiah lebih pada tahun 2011 menjadi 1,04 triliun rupiah lebih pada tahun 2014.

Pertumbuhan APBD Kota Mataram yang cukup signifikan juga memacu pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah, dimana tahun 2010 PAD Kota Mataram sebesar 44,49 miliar rupiah lebih naik menjadi 82,42 miliar rupiah pada tahun 2011. Pada tahun 2014 PAD Kota Mataram melonjak tajam mencapai 202,58 miliar rupiah lebih. Peningkatan realisasi penerimaan PAD yang telah dicsapai menunjukkan bahwa tingkat kemandirian daerah dalam melakukan pembiayaan pembangunan di Kota Mataram relatif baik.

Sejumlah terobosan yang digagas Pemerintah juga diapresiasi Legislatif seperti pelayanan kesehatan gratis di seluruh Puskesmas dan jaringannya dan rawat inap gratis kelas III di RSUD Kota Mataram telah mampu menjawab kebutuhan akan layanan kesehatan masyarakat Kota Mataram. Senada dengan layanan kesehatan, pelayanan dasar masyarakat di bidang pendidikan juga mendapat tanggapan positif dengan telah ditingkatkannya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan dasar dan menengah, pemberian beasiswa bagi siswa tidak mampu sebagai dana pendamping Biaya Operasional Sekolah.

Sementara di bidang infrastruktur, penyediaan infrastruktur jalan sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi masyarakat bergerak begitu pesat. Terbukanya sejumlah akses jalan memicu pemerataan pertumbuhan ekonomi masyarakat diseluruh wilayah di Kota Mataram.

Keberhasilan yang dicapai Pemerintah Daerah tidak lain berkat dukungan dan kerja keras seluruh elemen. Komitmen pembangunan yang diusung Eksekutif dan Legislatif serta didukung oleh seluruh lapisan masyarakat turut mempercepat kemajuan di Kota Mataram.

Sementara Walikota Mataram H. Ahyar Abduh mengaku bangga dan memuji harmonisasi Eksekutif dan Legislatif dalam upaya memajukan Kota Mataram. Amanah yang diemban dirinya dengan H. Mohan telah mampu dijawab dengan kerja nyata yang telah dipersembahkan kepada masyarakat Kota Mataram. Keberlanjutan dari Pembangunan di Kota Mataram tentu akan terus diupayakan pihaknya dengan melanjutkan keberhasilan yang telah ditorehkan guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Catatan strategis yang diberikan Legislatif akan menjadi perhatian Eksekutif dalam perbaikan dan pembenahan kedepan” tegas Ahyar.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat