MULAI TAHUN INI, PNS NAIK PANGKAT BERKALA OTOMATIS
06 Juni 2015 1,754 View

MULAI TAHUN INI, PNS NAIK PANGKAT BERKALA OTOMATIS

Kabar gembira bagi para Pegawai Negeri Sipil di Kota Mataram. Mulai tahun ini, kenaikan pangkat berkala mereka akan diproses secara cepat, tepat dan mudah atau  kenaikan pangkatnya secara otomatis akan diproses oleh Badan Kepegawaian Daerah. Kepastian ini disampaikan Kepala Kantor Badan Kepegawaian Negara Regional X Denpasar, Made Adita, M.Si saat menghadiri Peluncuran Kenaikan Pangkat dan Pensiun Elektronik di Kantor Walikota Mataram, sabtu (6/6).

Dikatakan Made, BKN Regional X Denpasar terus berupaya berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada PNS di wilayah kerjanya. Pengurusan kenaikan pangkat secara berkala   selama ini banyak dikeluhkan PNS karena rumitnya proses dan minimnya informasi yang dimiliki oleh bagian kepegawaian masing-masing SKPD terhadap proses pengurusannya. “Banyak PNS yang belum pernah naik pangkat selama delapan bahkan dua belas tahun” ungkapnya.

Melihat realitas tersebut, BKN telah berkoordinasi dengan BKD Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk melakukan perubahan secara fundamental terhadap seluruh aspek pelayanan kepegawaian, mulai dari perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil, Kenaikan Pangkat, Penyesuaian Ijazah hingga Purna Tugas harus dilakukan secara cepat, tepat dan mudah sehingga tidak terjadi lagi adanya kasus PNS yang tertinggal dalam kenaikan pangkat serta terlambat dalam pengajuan masa pensiun.

Guna mempermudah proses pelayanan kepegawaian di daerah, pihaknya telah menggunakan perangkat lunak yang disebut Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK), dimana melalui sistem inilah seluruh proses pengurusan kepegawaian PNS dapat diproses dengan cepat, tepat dan mudah. Seluruh berkas yang diperlukan dalam pengurusan dapat dipindai dan kemudian dikirim berkas lunak ke BKN untuk kemudian diproses dan diberikan nota persetujuan.

Dipilihnya Kota Mataram sebagai program percontohan dalam penerapan kenaikan pangkat dan pensiun elektronik ini menurut Made karena melihat semangat perubahan yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Daerah serta melihat kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia yang mumpuni.

Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, banyak perubahan yang terjadi dalam sistem kepegawaian di Indonesia. Semangat dari UU ini tidak lain untuk meningkatkan kualitas aparatur pelayan publik serta penghargaan terhadap mereka. Kedepan ASN dituntut untuk lebih profesional dan memiliki integritas yang kuat dalam upaya pelayanan prima kepada masyarakat.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Mataram, Dra. Hj Dewi Mardiana Ariany, M.M. menyebutkan, sebagai bentuk pelayanan kedalam, BKD Kota Mataram terus berupaya melakukan perbaikan dan inovasi sebagai bentuk upaya melakukan reformasi secara struktural di jajaran birokrasinya.

Dalam proses pengurusan administrasi kepegawaian selama ini masih menggunakan sistem manual dimana segala berkas yang berkaitan dengan kenaikan pangkat dan pensiun PNS dikirim ke BKN untuk dilakukan verifikasi untuk kemudian mendapatkan nota persetujuan. Verifikasi secara manual dilakukan secara berjenjang mulai dari BKD hingga BKN. Proses inilah yang memakan waktu cukup lama sehingga kerap kali Surat Keputusan kenaikan pangkat dan pensiun terlambat dari waktu yang semestinya.

Dengan adanya perubahan sistem di BKN yang memanfaatkan teknologi informasi dengan menyediakan perangkat lunak SAPK, sangat membantu kinerja BKD dalam memproses urusan kenaikan pangkat berkala dan penyesuaian ijazah serta pensiun tepat orang dan tepat waktu.

Suksesnya upaya BKD dalam melakukan reformasi birokrasi tidak terlepas dari peran serta bagian/unit kepegawaian di masing-masing satuan kerja yang juga harus berperan aktif dalam menyampaian informasi dan berkas kepegawaian PNS yang ada dijajarannya.

Dalam kurun waktu enam bulan sebelum masa kenaikan pangkat berkala PNS, BKD akan menyampaikan daftar nama PNS yang akan diusulkan kenaikan pangkat untuk kemudian dipersiapkan berkas dan kelengkapan pendukungnya.

Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH menyambut positif kepercayaan BKN yang memilih Kota Mataram sebagai daerah percontohan dalam pelaksanaan sistem kenaikan pangkat dan pensiun elektronik.

Diakuinya, sejak bergulirnya era reformasi, tuntutan masyarakat akan pelayanan publik yang cepat, mudah dan murah semakin tinggi. Keinginan tersebut telah diwujudkan dengan memberikan pelayanan yang efektif dan terukur.

Dalam sistem administrasi kepegawaian, diakui Wawali telah terjadi perubahan yang menggembirakan. “Kalau dulu PNS bolak-balik mengurus berkas untuk kenaikan pangkat dan kerap kali tertinggal dalam proses pengusulan, kita harap kedepan kejadian tersebut sudah tidak terjadi lagi” tegas Mohan.

Selain itu, ia juga meminta SKPD untuk aktif dalam menyampaikan informasi ke BKD. Urusan kepegawaian terlihat sederhana akan tetapi berdampak pada banyak hal terutama penghargaan kepada PNS berupa penghasilan dan hak-hak lain yang melekat. Karenanya, kepercayaan BKN kepada Pemerintah Kota Mataram harus dikawal bersama dalam upaya mewujudkan sistem pelayanan administrasi kepegawaian yang prima dan berharap agar BKD harus maksimal dalam penerapannya.

Dalam kesempatan tersebut Wawali turut menyaksikan demo pelayanan kenaikan pangkat dan pensiun yang dilakukan sangat cepat dan sekaligus menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan Pensiun, Kenaikan Pangkat Berkala dan Penyesuaian Ijazah PNS di Kota Mataram.

Dalam kesempatan tersebut terdapat 80 orang PNS mendapatkan kenaikan pangkat regular, 38 orang melalui jalur penyesuaian ijazah serta kenaikan pangkat struktural sebanyak 26 orang. Selain itu terdapat 23 pensiunan dan 2 janda/duda pensiunan yang menerima SK Pensiun.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat