Beranda - Situs Resmi Pemerintah Kota Mataram
Pokdakan Lendang Re Ikuti Lomba Budidaya Ikan Tingkat Provinsi NTB
08 Juni 2015 1,273 View

Pokdakan Lendang Re Ikuti Lomba Budidaya Ikan Tingkat Provinsi NTB

Kelompok tani budidaya ikan air tawar "Pade Maju" di Lendang Re Kelurahan Sayang-Sayang Cakranegara mendapat kehormatan untuk maju mewakili Kota Mataram dalam Lomba Kelompok Budidaya Ikan Air Tawar Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2015. Penilaian lomba dilaksanakan pada hari Senin (08/06/15) di tengah areal kolam dan persawahan warga. Selain dihadiri oleh segenap undangan beserta seluruh anggota Kelompok Tani "Pade Maju", masyarakat sekitar lokasi, dan tim penilai dari Provinsi NTB, agenda penilaian dihadiri pula secara langsung oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh beserta segenap jajaran terkait lingkup Pemerintah Kota Mataram. 

 
Kelompok tani "Pade Maju" dikatakan oleh ketuanya M. Nafis, merupakan sebuah kelompok tani tingkat madya yang telah ada sejak tahun 2001. Meski demikian kelompok yang kini memiliki 13 anggota ini baru resmi keberadaannya secara definitif pada tahun 2008 dan berada pada tingkat pemula. Seiring waktu, seiring dengan peningkatan di berbagai bidang seperti kepemilikan lahan, teknologi, dan produksi, tahun 2013 kelompok tani "Pade Maju" naik kelas ke tingkat madya dengan hasil yang tercatat sampai saat ini mencapai 201.240 kilogram ikan air tawar khususnya jenis Nila Anjani. "Dalam rupiah, hasilnya sekitar 4,6 milyar pertahun", tutur Nafis mewakili segenap anggota kelompoknya. 
 
Mendengar paparan yang telah disampaikan, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutan penerimaannya mengaku bangga dengan hasil yang mampu dicapai oleh kelompok tani budidaya ikan air tawar ini. Hasil yang rata-rata mencapai lima kuintal ikan air tawar setiap harinya dapat dikatakan sebagai sebuah potensi luar biasa yang sudah semestinya mendapat dukungan, pelayanan, dan kemudahan dari Pemerintah Kota Mataram dengan membangun insfrastruktur pertanian yang memadai agar dapat lebih fokus dalam pengembangannya. Dan merupakan tugas Pemerintah Kota Mataram untuk terus bersama dan melakukan pendampingan pada masyarakat petani maupun nelayan di Kota Mataram. "Targetnya juara, tapi yang lebih penting lagi dalam lomba ini adalah motivasi", ditekankan Walikota. 
 
Sementara menurut Ketua tim penilai Ir. H. Sunardi Harjo, M.Si, keberhasilan yang dicapai oleh kelompok-kelompok tani tidak luput pula dari aspek penyuluhan. Karena itu pihaknya melaksanakan tiga jenis lomba untuk mendorong kegiatan perikanan, yaitu lomba terhadap pelaku usaha perikanan secara perorangan, penyuluh, dan juga kelompok tani seperti yang diikuti oleh Kelompok Tani "Pade Maju". Tahun 2015, lomba tingkat Provinsi NTB diikuti oleh tujuh pelaku usaha perikanan, enam orang penyuluh dan sembilan kelompok tani budidaya perikanan yg terdiri dari dua kelompok budidaya ikan laut, satu kelompok pengolahan ikan, serta enam kelompok budidaya ikan air tawar. "Pada dasarnya kami hanya datang untuk melihat, dan yang menentukan juara adalah kelompok itu sendiri", ujarnya. 
 
Penilaian lomba lanjut Suhardi, akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 11 Juni 2015. Dengan kriteria penilaian meliputi aspek administrasi dan kelembagaan, program dan pelaksanaan program, profil kelompok tani, serta pembinaan kelompok. Dan Kota Mataram merupakan daerah yang keenam yang didatangi tim penilai untuk melakukan supervisi, penilaian, sekaligus verifikasi pada hasil penilaian yang diperoleh. Tiga kelompok yang mendapat penilaian terbaik di tingkat Provinsi NTB nantinya akan berlanjut mengikuti lomba ke tingkat nasional yang penilaiannya dilaksanakan pada minggu pertama dan kedua bulan Juli 2015 oleh tim penilai dari pusat. "Jika kelompok ini berhasil sampai di tingkat nasional, pada upacara Hari Kemerdekaan nanti akan diundang ke Istana Negara", tutupnya. 
 
Kegiatan penilaian oleh tim penilai Provinsi NTB dirangkaikan dengan panen raya untuk ikan air tawar jenis Nila Anjani oleh Walikota beserta seluruh undangan yang hadir. Demi pengembangan usaha budidaya ikan air tawar di wilayahnya, warga Lendang Re Kelurahan Sayang-Sayang juga telah bersepakat untuk menyumbangkan lahan demi membangun infrastruktur jalan sepanjang 700 meter dengan lebar tiga meter, sesuai dengan rencana yang telah dibuat oleh Pemerintah Kota Mataram untuk warga setempat. Selain itu Pemerintah Kota Mataram juga berencana untuk membuka jalan di sepanjang aliran sungai yang melintasi wilayah tersebut sampai menyambung dengan jalan yang telah dibuka di wilayah pinggiran sungai Dasan Agung, Ampenan.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat