Walikota Lantik Satlinmas Kota Mataram
May 13, 2014 863 View

Walikota Lantik Satlinmas Kota Mataram

Sejumlah 186 orang anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) inti yang tersebar di enam kecamatan di Kota Mataram dilantik secara resmi oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sebuah upacara pelantikan dan pembacaan sumpah janji yang digelar pada Selasa (09/06/15) di halaman Pendopo Walikota Mataram. Pelantikan yang disaksikan oleh segenap jajaran SKPD lingkup Kota Mataram ini menandai telah resmi dibentuknya Satuan Perlindungan Masyarakat atau Satlinmas Kota Mataram sebagai sebuah organisasi yang keberadaannya telah disahkan dan diakui oleh Pemerintah. 

 
Dikatakan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya sesaat setelah melantik satuan berseragam hitam-hitam ini, meski beranggotakan warga masyarakat namun Satlinmas memiliki posisi sangat strategis. Karena Satlinmas merupakan aparat yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta menjadi ujung tombak dalam menjaga kondusifitas Kota Mataram demi mewujudkan rasa aman, nyaman, dan ketertiban di Kota Mataram. Satlinmas juga diharapkan memiliki kesiapan menghadapi berbagai persoalan yang mungkin timbul di tengah masyarakat. Karena dari hasil pemetaan, Kota Mataram beresiko mengalami setidaknya enam dari 10 jenis bencana. Yaitu; banjir, gempa bumi, kemungkinan tsunami, kebakaran, gelombang pantai yang mengakibatkan abrasi dan rawan konflik sosial. "Satlinmas sejatinya memiliki kaitan dengan segala bidang", ujar Walikota.
 
Terlebih lagi lanjut Walikota, menjelang berlangsungnya agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pillkada) Kota Mataram Desember 2015 mendatang. Semua pihak terkait diharapkan untuk dapat bersama-sama memantapkan kesiapan dan meningkatkan kewaspadaan akan kemungkinan munculnya gangguan keamanan di Kota Mataram, serta menjamin pelaksanaan tahapan-tahapan proses Pilkada. Termasuk juga Satlinmas yang diharapkan mampu ikut serta menjaga kondusifitas Kota Mataram. "Yang terpenting adalah bagaimana semua pihak berupaya bersama menihilkan hal-hal yang menjurus pada konflik di tengah-tengah masyarakat sedini mungkin, sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya", tutupnya.
 
Sementara dikatakan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram Khaerul Anwar, selaku pihak yang mengkoordinir Satlinmas Kota Mataram, pihaknya telah mempersiapkan memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan bagi para anggota Satlinmas yang dilantik untuk melaksanakan tugasnya dalam membantu dalam penanganan bencana, membantu dalam bidang keamanan, ketentraman, dan ketertiban, termasuk dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu juga dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, bahkan membantu upaya pertahanan negara. "Seluruh anggota Satlinmas yang dilantik telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar Satlinmas", terangnya.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,144 Visit
Kemarin : 4,171 Visit
Bulan Ini : 77,820 Visit
Tahun Ini : 385,317 Visit
Total : 388,037 Visit
Detail Statistik