Audiensi Tim '6x6 Women in Action' di Kota Mataram
16 Juni 2015 1,279 View

Audiensi Tim '6x6 Women in Action' di Kota Mataram

Permasalahan sampah di Kota Mataram mendapat perhatian dari Tim '6x6 Women in Action', sebuah organisasi kewanitaan yang digagas oleh istri Duta Besar Amerika Serikat Mrs. Sofia Blake. Selasa (16/06/15), segenap anggota tim yang dipimpin oleh istri Duta Besar India Mrs. Neeru Singh mengunjungi Kota Mataram untuk menawarkan sebuah program kerjasama membantu Pemerintah Kota Mataram mengatasi persoalan sampah di Kota Mataram. Kehadiran tim yang keseluruhan anggotanya perempuan ini disambut oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram H.L. Makmur Said beserta segenap jajarannya di Aula Pendopo Walikota Mataram.

 
Dalam sambutan perkenalannya, istri Duta Besar India Mrs. Neeru Singh menjelaskan mengenai organisasi yang membawa dirinya beserta tim ke Kota Mataram. Organisasi tersebut menurutnya berbentuk jaringan yang terdiri dari para perempuan dengan beragam latar belakang yang memiliki perhatian untuk mendorong para perempuan mengubah ide-ide yang dimilikinya menjadi tindakan nyata. Pada kesempatan ini, dirinya membawa misi untuk membantu pengelolaan sampah dalam hal ini berpartisipasi dalam proyek daur ulang sampah. Dalam Bahasa Inggris, Mrs. Singh menjelaskan bahwa pihaknya berencana untuk meluncurkan 'pilot project' di Lombok, termasuk diantaranya Kota Mataram, dengan membangun sistem yang dikerjakan bersama mitra mereka, Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB.
 
Menanggapi paparan istri Duta Besar India ini, Sekretaris Daerah Kota Mataram H.L. Makmur Said menyatakan bahwa Pemerintah Kota Mataram menyambut baik program yang ditawarkan oleh tim. Menurut Makmur, program mengenai masalah persampahan memang sedang sangat dibutuhkan di Kota Mataram dan belum sepenuhnya dapat diatasi.. Kota Mataram masih belum memiliki cukup sarana dan prasarana yang memadai. Dari 1.300 meter kubik yg dihasilkan di Kota Mataram setiap harinya, baru dapat terangkut 800 meter kubik saja. "Kehadiran Bank Sampah yg sudah dikerjasamakan seperti ini tentu menjadi harapan bagi kami untuk dapat dibantu mengatasi persoalan sampah. Semoga program-programnya nanti dapat ikut memberi dukungan", harap Makmur. 
 
Beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 5 Maret 2015 lanjut Makmur, Duta Besar Amerika Serikat Robert O Blake juga pernah mengunjungi Kota Mataram dan memberi perhatian pada permasalahan yang sama, dan juga terkait dengan pemukiman yang berada di pinggir pantai. Saat itu Dubes AS untuk Indonesia berkesempatan meresmikan Unit Pengelolaan Sampah (UPS) di kampung nelayan Karang Buyuk, Kota Mataram yang bertujuan mengurangi resiko bencana yang disebabkan perubahan iklim dan pembangunan di wilayah pesisir, melalui program pengurangan resiko terpadu berbasis masyarakat. UPS tersebut merupakan hasil kerja sama antara Palang Merah Indonesia (PMI) dan America Red Cross (ARC), serta didanai oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Bagi Kota Mataram, UPS tersebut merupakan program awal yang nantinya akan ditindak lanjuti dengan program-program lainnya, seperti halnya program yang ditawarkan oleh tim '6x6 Women in Action'. "Semoga setelah ini permasalahan sampah di Kota Mataram dapat ditangani dengan lebih baik lagi", tutupnya.
 
Sedianya selain istri Duta Besar India Mrs. Neeru Singh, akan hadir pula istri Duta Besar AS untuk Indonesia Mrs. Sofia Blake. Namun karena kesibukan mendampingi suami, Mrs. Sofia Blake tidak dapat ikut hadir dalam pertemuan di Kota Mataram. Tim yang hadir selain Mrs. Neeru Singh adalah Mrs. Sie Bie Hiang (pemilik property di Lombok), Ibu Sri Redjeki S. Sulisto (Istri Ketua KADIN Indonesia), Mrs. Delphine (enterpreneur lingkungan), serta pendiri Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB Febriarti khairunnisa. Febriarti yang berasal dari Lombok Tengah ini merupakan satu dari lima perempuan Indonesia yang bulan lalu memperoleh penghargaan Indonesian Women of Change (IWOC) 2015 dari Pemerintah Amerika Serikat atas prestasinya sebagai sosok inspiratif yang telah membuat perubahan berarti bagi komunitas dan lingkungan dengan Bank Sampah yang didirikannya.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat