WALI KOTA MATARAM BUKA GEBYAR PEMBYARAN  PBB 2015
28 Juli 2015 1,083 View

WALI KOTA MATARAM BUKA GEBYAR PEMBYARAN PBB 2015

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh membuka kegiatan gebyar pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) di halaman pendopo Wali Kota Mataram, Senin (27/7), sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membayar pajak.

            Pembukaan Kegiatan gebyar PBB itu akan berlangsung hingga tanggal 31 Agustus 2015 itu, dihadiri pula Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, jajaran pimpinan kepala satuan kerja perangkat daerah, camat, lurah dan jajaran kepala lingkungan ditandai dengan pembayaran PBB pertama kali oleh Wali Kota Mataram bersama wakilnya  dan  diikuti oleh warga masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut.

 Dalam kesempatan itu, wali kota mengatakan sangat bersyukur dan bangga kepada wajib pajak yang memiliki kesadaran membayar pajak tepat waktu dalam rangka mendukung  keberhasilan pembangunan di kota ini.

Wali kota menilai realisasi pembayaran PBB yang mencapai 68,70 persen dari target Rp18,5 miliar sudah cukup bagus tetapi masih membutuhkan kerja keras dari jajaran Dinas Pendapatan (Dipenda), camat, lurah dan kepala lingkungan untuk meningkatkan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat. Apalagi PBB di Kota Maaram sudah menjadi pajak daerah dan merupakan salah satu potensi yang memberikan kontribusi cukup besar dalam pembangunan di Kota Mataram.

            Wali kota juga meminta wajib pajak untuk melapor kepada aparat terdekat jika nomial pajaknya tidak sesuai dengan dengan objek pajak. Begitu juga kepada masyarakat yang tidak mampu membayar pajak termasuk para veteran juga bisa mendapatkan pemotongan pembayaran PBB hingga 75 persen. Prinsipnya, katanya, pemerintah kota  tidak ada niat untuk memberatkan masyarakat tetapi menggali partisipasi masyarakat yang merupakan bagian dari ibadah.

            “Ikut berpartisipasi membayar PBB untuk mendukung pembangunan merupakan bagian dari ibadah," ujar wali kota.

            Sementara Kepala Dipenda Kota Mataram H Moh Syakirin Hukmi mengatakan, gebyar PBB ini merupakan salah satu upaya pemerintah kota untuk meningkatkan partisipasi wajib pajak membayar PBB.

Dalam kegiatan gebyar, Dipenda menyiapkan hadiah langsung berupa mug, dan undian pada penutupan gebyar tanggal 31 Agustus 2015 berupa uang tunai dengan total Rp90 juta serta hadiah manarik lainnya.

Dikatakannya, target PBB tahun 2015 sebesar Rp18,5 miliar, dengan realisasi hingga minggu ke dua Juli sebesar Rp12,7 miliar atau 68,70 persen dari 60.892 wajib pajak. Diharapkan hingga berakhirnya kegiatan gebyar realisasi PBB bisa mencapai 85 persen hingga 90 persen pada 31 Agustus 2015 yang juga merupakan batas waktu jatuh tempo pembayaran PBB.

Ia mengatakan, jika para wajib pajak tidak membayar PBB-nya hingga jatuh tempo maka per tanggal 1 September 2015 wajib pajak akan dikenakan denda sebesar dua persen dari nilai pajak.    "Karena itu, kita sangat berharap wajib pajak bisa segera membayar PBB sebelum jatuh tempo," katanya.

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat