Warga Karang Taliwang dan Monjok Sepakat Berdamai
May 13, 2014 1,084 View

Warga Karang Taliwang dan Monjok Sepakat Berdamai

Warga Karang Taliwang dan Monjok Sepakat Berdamai
Perselisihan antar warga Karang Taliwang Kecamatan Cakranegara dengan warga Monjok Kecamatan Selaparang berujung damai dengan dimediasi Pemerintah Kota Mataram. Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kota Mataram Ir. Effendi Eko Saswito, MM didampingi Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, SH dan Kapolres Mataram AKBP Heri Prihanto di Ruang Kenari, selasa (24/11) menyebutkan, perselisihan dipicu oleh keberadaan tempat pembuangan sampah yang berada di wilayah Monjok yang dinilai mengganggu aktifitas warga sekitar.
Menurut Tokoh Masyarakat Monjok, Jalaludin Arzaki menilai, kesalahpahaman tersebut terjadi akibat kurangnya komunikasi antar para tokoh kedua wilayah. Keberadaan TPS yang telah sejak awal dihajatkan untuk kepentingan bersama namun minim koordinasi sehingga memicu aksi pengerusakan oleh warga Monjok. Aksi pengerusakan itupun disambut oleh warga Karang Taliwang dengan merobohkan tembok kuburan yang menjadi tempat pemakaman warga Monjok yang diklaim masih berada di wilayah Monjok.
Sementara Tokoh Masyarakat Karang Taliwang H. Hasbullah menyayangkan aksi anarkis yang direspon pemuda diwilayahnya dengan melakukan pengerusakan tembok kuburan. Pihaknya menyayangkan aksi tidak terpuji tersebut terjadi begitu cepat tanpa adanya komunikasi diatara para tokoh terlebih dahulu. Diakui Hasbullah, sebelumnya masyarakat Monjok dan Karang Taliwang telah memiliki kesepakatan bersama yang berisi apabila terjadi perselisihan antar kedua warga hendaknya diselesaikan segera oleh para tokoh sehingga tidak meluas.
Aksi pengerusakan yang tejadi Senin sore lalu dinilai telah meciderai persaudaraan masyarakat kedua wilayah yang telah terjalin lama. Karenanya pihaknya mengapresiasi langkah Pemkot Mataram yang segera melakukan mediasi untuk mengambil mengambil keputusan yang melegakan kedua belah pihak.
Pemerintah Kota Mataram melalui Asisten Ekonomi Pembangunan memastikan akan mengambil langkah membangun TPS permanen di wilayah yang tidak jauh dari wilayah Karang Taliwang. Eko menyebutkan Pemerintah tengah menyiapkan program penataan kawasan wisata kuliner  Mataram di wilayah Karang Taliwang, dimana penataan lampu jalan, pedestrian dan pengelolaan sampah akan menjadi prioritas. Karenanya, Eko berharap agar masyarakat kedua wilayah untuk tetap menjaga kondusifitas daerah. Pemerintah Kota juga berjanji akan merehabilitasi pagar kuburan yang sempat dirusak.
Diakhir pertemuan perwakilan tokoh kedua wilayah yang berselisih berucap ikrar islah yang diakhiri dengan doa bersama.(dh/soni humas)

 

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Logo HUT NTB 2017Website Elektronik Warta Kota Mataram

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,832 Visit
Kemarin : 5,584 Visit
Bulan Ini : 96,638 Visit
Tahun Ini : 542,830 Visit
Total : 545,550 Visit
Detail Statistik