Pelantikan Pengurus KONI Kota Mataram 2016-2020
26 Februari 2016 1,833 View

Pelantikan Pengurus KONI Kota Mataram 2016-2020

MATARAM - H. Mohan Roliskana kembali terpilih secara aklamasi untuk memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Mataram masa bakti 2016-2020. Pengukuhan dan pelantikan Ketua serta jajaran Pengurus KONI Kota Mataram untuk periode empat tahun kedepan ini dilaksanakan secara resmi pada Kamis (25/02/16) di Aula lantai 3 Kantor Walikota Mataram oleh Ketua KONI Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Andi Hadyanto. Turut hadir dalam acara ini Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, Sekda Kota Mataram HL. Makmur Said, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram H. Sudenom, serta para pengurus cabang-cabang olahraga se-Kota Mataram.

Sesaat setelah dilantik, dalam sambutannya Ketua Umum KONI Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyampaikan bahwa pemilihan dirinya secara aklamasi adalah berdasarkan Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) KONI Kota Mataram yang dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Yang selain memilih Ketua Umum, membentuk pula kepengurusan KONI Kota Mataram masa bakti tahun 2016-2020 yang berkompeten dan telah menunjukkan komitmen serta dedikasi dalam dunia olahraga Kota Mataram. Jajaran pengurus ini nantinya akan ikut serta menjawab tantangan dalam upaya peningkatan prestasi disemua cabang olahraga sehingga dapat membawa hasil yang optimal. " Dengan pelantikan ini mari satukan tekad dan kerjasama, bahu membahu meningkatkan prestasi di bidang olahaga untuk memberi kejayaan bagi Kota Mataram dan juga bagi Nusa Tenggara Barat", ajaknya.

Kota Mataram diakui Mohan sangat membanggakan. Meski dalam Pekan Olahraga Kota (Porkot) kemaren hanya berada di posisi kedua, namun ternyata dalam PON 2016 yang akan digelar di Jawa Barat nanti justru Kota Mataram berhasil menyertakan hampir separuh atlit yang diberangkatkan untuk mewakili NTB. Dari total 118 atlit yang akan berlaga di 20 cabang olahraga, 48 orang diantaranya dari Kota Mataram dan dibebani target 5 medali emas dari total 15 medali emas yang ditargetkan KONI NTB. Mohan juga mengungkapkan rasa syukurnya karena meski dirinya berada diluar aistem pemerintahan selama kurang lebih tujuh bulan sampai dengan dilantik sebagai Wakil Walikota Mataram pada 17 Februari 2016, KONI Kota Mataram berhasil menggolkan proposalsejumlah 17 milyar rupiah untuk renovasi Sirkuit Selagalas agar dapat memenuhi standar sirkuit nasional.

Pembinaan olahraga memang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kota Mataram. Seperti dikatakan oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh yang dalam sambutannya menyebutkan bahwa dalam kepengurusan KONI Kota Mataram selalu diikutsertakan pengurus yang berasal dari jajaran birokrasi Kota Mataram. Bahkan untuk penentuan Ketua Umum pun tidak main-main, sehingga Wakil Walikota Mataram sendirilah yang didaulat menjadi pucuk pimpinan. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuktikan keseriusan Kota Mataram dalam menangani olahraga. Juga untuk mempermudah dunia keolahragaan di Kota Mataram memperoleh fasilitas baik dalam hal perhatian maupun pembinaan. "Lakukan komunikasi terus-menerus dengan setiap cabor. Susun satu model pembinaan dan perencanaan program untuk memantau bakat, termasuk dalam hal pembibitan", pesan Walikota.

Sementara itu diakui oleh Ketua Umum KONI NTB H. Andi Hadyanto, mengurus olahraga adalah pekerjaan sukarela yang membutuhkan sense atau kecintaan. Dibutuhkan orang-orang yang memiliki kecintaan besar terhadap dunia olahraga untuk mengurusnya. Karenanya formasi pengurus KONI Kota Mataram yang baru dilantik dianggapnya cukup tepat, karena mengakomodir anggota yang memiliki sense di dunia olahraga. Sedangkan kekurangan yang masih dihadapi di Indonesia pada umumnya adalah pembinaan olahraga yang dibarengi dengan Sport's Science, berupa latihan sedemikian rupa agar para atlet benar-benar siap dilapangan maupun medan apapun. Satu lagi yang dirasakannya sedang menurun adalah mengenai sportivitas yang saat ini kerap tercoreng dengan pembelian skor dan sebagainya. Hal inilah yang saat ini sangat membutuhkan perhatian, mengembalikan semangat sportivitas dalam berolahraga. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat