Kesiapan MTQ Nasional Ke-XXVI Tahun 2016 Kota Mataram
08 Maret 2016 1,947 View

Kesiapan MTQ Nasional Ke-XXVI Tahun 2016 Kota Mataram

Mataram - Rapat persiapan pelaksanaan MTQ Nasional Ke-XXVI Tahun 2016 di Kota Mataram dibuka langsung oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh di Pendopo Kantor Walikota Mataram pada Senin (7/3). Selain dihadiri oleh Staf dan Kepala SKPD lingkup Kota Mataram, rapat  terpadu juga dihadiri oleh Assisten III Provinsi NTB H.Lalu Syafii, sejumlah Staf dan Kepala SKPD terkait Provinsi NTB. Selain itu turut hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H. Burhanul Islam, serta jajaran panitia MTQ Nasional 2016.

Menurut penjelasan Assisten III Provinsi NTB H. Lalu Syafii, bahwa sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Pemerintah Kota Mataram untuk segera menginformasikan pelaksanaan MTQ dan tugas-tugas sesuai dengan SK Gubernur. Lokasi kegiatan yaitu di Islamic Center dan beberapa Masjid yang berada di NTB. Sedangkan untuk penginapan khalifah sudah disiapkan hotel-hotel yang sudah ada perjanjiannya sesuai dengan SK gubernur.Penjemputan Khalifah dilakukan oleh para Kepala SKPD sesuai juga dengan SK Gubernur. Menurut rencana, semua komunitas warga di Kota Mataram diikut sertakan dalam Kegiatan MTQ, misalnya dalam Penjemputan Khalifah.

Dalam sambutan pembukaan H. Ahyar Abduh menjelaskan bahwa menurut rencana semula Pagelaran MTQ akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2016, akan tetapi masalah tanggal masih bisa terjadi perubahan dikarenakan pada tanggal 23 Juli 2016 akan ada Pagelaran Puncak Hari Anak Nasional. Sesuai Surat Keputusan Gubernur NTB H. Zainul Majdi, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh mendapatkan jabatan Wakil Ketua I yang membawahi 7 (Tujuh) bidang, diantaranya Bidang Pengarahan Massa, Bidang Fasilitas Arena Dan Astaka,  Bidang Kesehatan;Bidang City Tours, Bidang Keamanan, Bidang Pawai Taaruf, serta Bidang Malam Ta’aruf.

Dilanjutkan Walikota, untuk Bidang Pengarahan Massa di utamakan pada waktu Pembukaan dan Penutupan MTQ, Pawai Taaruf, serta Kegiatan MTQ. Terdapat 10 tempat kegiatan MTQ tetapi 2 (Dua) tempat diantaranya ada di luar Kota Mataram yaitu daerah Lombok Barat dan Masjid Agung Lombok Tengah. Sedangkan untuk Bidang Fasilitas Arena dan Astaka yang perlu diperhatikan adalah arena pembukaan, lokasi pameran, dan arena-arena penyelenggaraan lain. Astaka MTQ berlokasi di Islamic Center dan sekitarnya.

Walikota berharap mulai saat ini masing-masing bidang mengadakan rapat koordinasi untuk mempersiapkan kegiatan MTQ supaya berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tema Kota Mataram Maju, Religius, dan Berbudaya serta Berdaya Saing. Kepada masyarakar Kota Mataram, Walikota berharap untuk ikut berkontribusi mensukseskan kegiatan. “Sebisa mungkin semua kegiatan MTQ harus semarak dengan kehadiran masyarakat setempat”, pesannya.

Tamu undangan dalam Pembukaan MTQ berjumlah kurang lebih 15 (Lima Belas) Ribu orang. Demi kelancaran acara, Walikota akan menginstruksikan supaya PKL (Pekerja Kreatif Lapangan) yang berjumlah sekitar 60 PKL yang ada di sekitar gedung Islamic Center segera ditertibkan, bila memungkinkan dengan cara pinjam lahan Provinsi NTB terlebih dahulu. (indah/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdfKecamatan Ampenan Dalam Data 2018Kota Mataram Dalam Data 2018Kecamatan Sekarbela Dalam Data 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat