Pembukaan MPBM 2016 Kota Mataram
16 Maret 2016 1,356 View

Pembukaan MPBM 2016 Kota Mataram

MATARAM – Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) Tingkat Kota Mataram tahun 2016 dibuka secara resmi oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh pada Selasa (15/03/16). Musyawarah bersama yang melibatkan seluruh unsur masyarakat ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 15-16 maret 2016 di Aula Lantai 3 Kantor Walikota Mataram. Selain dihadiri oleh seluruh unsur masyarakat sebagai peserta, MPBM 2016 dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kota Mataram H.L. Makmur Said beserta segenap jajaran SKPD Kota Mataram, Ketua dan anggota DPRD Kota Mataram, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Mataram, para Sesepuh Kota Mataram, serta Kepala BUMN dan BUMD se-Kota Mataram.

Dalam laporannya untuk mengawali kegiatan rutin tahunan yang akan memetakan rencana pembangunan Kota Mataram tahun 2016, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram L. Martawang menjelaskan bahwa dalam musyawarah besar ini nanti akan dilakukan diskusi yang intensif antar peserta MPBM yang mewakili seluruh unsur yang ada dalam masyarakat termasuk dari lingkungan-lingkungan se-Kota Mataram. Saat diskusi telah selesai, hasil diskusi akan diolah oleh tim khusus yang akan merumuskan secara detil program kerja Pemerintah Kota Mataram 2016.

Sementara saat berkesempatan menyampaikan sambutan beberapa waktu sebelum musyawarah resmi dibuka, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh mengakui bahwa forum MPBM ini merupakan forum yang penting sebagai model partisipasi yang muncul secara langsung dari masyarakat sekaligus strategis bagi kelanjutan pembangunan Kota Mataram yang lebih baik. Terlebih lagi karena saat ini merupakan tahun pertama bagi dirinya beserta Wakilnya H. Mohan Roliskana mendapat amanah untuk kembali memimpin Kota Mataram. Dari MPBM 2016 ini juga akan dapat disusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Mataram tahun 2016-2021 yang didalamnya tercakup janji-janji politik seperti yang terdokumentasi dalam Visi Misi dan Program Kerja AMAN Jilid II, yang diusungnya selama pencalonan Kepala Daerah tahun 2015 lalu.

Disamping itu, Walikota juga menyatakan bahwa sebagai kota yang mengandalkan sumber pendapatan daerahnya dari sektor jasa, perdagangan, dan transportasi, Kota Mataram masih akan terus mendorong setiap peluang untuk dapat membuka akses ke daerah lain disekitarnya. Diantaranya rencana untuk membuka akses jalan baru dari Kota Mataram ke arah Gunung Sari Lombok Barat tepatnya dari Jalan Bung Hatta atau yang dikenal sebagai Jalan Baru Monjok. “Karena Mataram telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Provinsi Mataram Metro, syaratnya menyiapkan semua instrumen yang diperlukan dan memiliki akses yang luas”, ujarnya.

Sedangkan untuk tiap-tiap lingkungan yang ada di Kota Mataram, Walikota berjanji akan menggelontorkan Dana Lingkungan dengan anggaran sebesar masing-masing 50 juta rupiah, yang pemanfaatannya disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan bersangkutan. Namun anggaran tersebut belum dapat direalisasikan pada tahun 2016 ini karena masih memerlukan sistem pelaporan yang akan memastikan pemanfaatannya tepat dan sesuai dengan apa yang memang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat. (ufi-nyem/humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat