Wawali Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Gotong Royong
14 April 2016 831 View

Wawali Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Gotong Royong

Mataram - Pemerintah Kota Mataram meminta masyarakat turut berperan serta aktif dalam proses pembangunan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan pola gotong-royong yang menjadi kearifan bangsa Indonesia. Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH pada peresmian Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kota Mataram di Lingkungan Gontoran Barat Kelurahan Bertais Kecamatan Sandubaya, rabu (13/4) menekankan akan arti pentingnya kebersamaan. Proses pembangunan di Kota Mataram menurutnya tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat. Pola Gotong Royong terbukti telah berhasil mewujudkan sebagian besar harapan harapan masyarakat yang terkait dengan hajat hidup.

Permasalahan yang kerap terjadi di Perkotaan seperti pemukiman kumuh, sistem sanitasi yang kurang baik, tata kelola lingkungan yang belum standard dan sejumlah persoalan mendasar lainnya hanya dapat diselesaikan dengan pola gotong royong.

Dengan ruang fiskal yang terbatas lanjut Mohan, Pemerintah tentu memiliki skala prioritas dalam menyelesaikan setiap permasalahan perkotaan. Namun dengan pola kebersamaan, proses penyelesaian masalah tidak lagi terbentur ruang fiskal dan permasalahan tersebut dapat dientaskan dengan cepat.

Pola gotong royong ini lanjut Wawali harus dicontoh oleh generasi muda. Peran generasi muda sangat dibutuhkan Pemerintah demi keberlanjutan Kota Mataram kedepan yang jauh lebih baik. Mohan berpesan agar generasi muda juga tidak mudah terlena dengan perubahan zaman yang demikian pesat dengan hadirnya teknologi informasi. Budaya gotong-royong harus terus kita lestarikan hingga anak cucu kita, tegas Mohan.

Dalam Pencangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat tingkat Kota Mataram ini , Wawali menyerahkan bantuan secara simbolis berupa Bantuan Beras bagi Lansia se Kota Mataram, penyerahan bantuan modal usaha bagi kelompok masyarakat, penyerahan bantuan perkakas perbengkelan, penyerahan bantuan seribu bibit bunga, penyerahan bantuan program kolaborasi penanganan kawasan kumuh perkotaan (P2KKP) di 8 Kelurahan, serta Penyerahan Insentif Kader Posyandu Kelurahan Bertais.

Selain menyerahkan bantuan, Wawali didampingi Pimpinan DPRD Kota Mataram H. Muhtar dan I Wayan Sugiartha juga melakukan peletakan batu pertama rehabilitasi rumah tidak layak huni di Lingkungan Gontoran Barat.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Mataram H. Syaiful Mukmin, S.Sos, MH menyebutkan, kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XIII tingkat Kota Mataram tahun 2016 akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Kelurahan mulai tanggal 1-31 Mei 2016. Untuk tingkat Provinsi, akan dicanangkan oleh Gubernur NTB 27 April mendatang di Kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat dan untuk tingkat Nasional akan dicanangkan pada bulan November mendatang dan Kota Mataram akan menjadi tuan rumah pelaksanaan.

Dalam pencanangan ini lanjut Saiful, Pemerintah Kota menggelontorkan dana stimulant sebesar 1 miliar rupiah untuk 2 Kelurahan yakni Bertais dan Pagutan Timur melalui Program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komoditas (PLPBK) serta melalui Program Pembangunan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) yakni dengan melakukan kegiatan rehabilitasi rumah tidak layak huni, pembangunan jamban keluarga, perbaikan jalan lingkungan untuk 8 Kelurahan di Kota Mataram.(dh/foto odink humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat