Kunjungan Kerja Kabupaten Serang Provinsi Banten
21 April 2016 1,113 View

Kunjungan Kerja Kabupaten Serang Provinsi Banten

Mataram – Asisten Tata Praja H. Lalu Indra Bangsawan menerima kunjungan kerja dari Kabupaten Serang Provinsi Banten,  Rabu (20/04/2016). Kunjungan kerja yang bertempat di ruang kenari Kantor Walikota Mataram di hadiri oleh Kepala SKPD lingkup Kota Mataram.

Sekda Kabupaten Serang Provinsi Banten Drs. H. Lalu Attarussalam  yang,  merupakan Pimpinan rombongan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Mataram yang telah menyambut rombongan Kabupaten Serang dengan sangat baik. Pria keturunan Lombok yang ditempat domisilinya disapa dengan sebutan H.Lalu ini menjelaskan bahwa Kabupaten Serang berada di sebelah baratnya Tangerang. Kabupaten Serang mempunyai penduduk sekitar 1.419 juta dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah) sebesar 580 Milyar. Kabupaten Serang merupakan daerah industri, terdapat sekitar 400 pabrik yang berdiri diantaranya pabrik-pabrik sepatu bermerk internasional yang mengerjakan produksi disana.

Menurut Sekda Kabupaten Serang, tujuan dari Kunjungan Kerja ini adalah ingin mempelajari sejauh mana Implementasi Tentang Dana Hibah dan Bantuan Sosial, sesuai dengan Permendagri 39 Tahun 2012. Diharapkan dengan Kunjungan ini Kabupaten Serang bisa belajar bagaimana caranya bekerja untuk mengelola Dana Hibah dan Bantuan Sosial sehingga bisa terhindar dari pemeriksaan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

Sedangkan dalam sambutan Tertulis Walikota Mataram yang dibacakan oleh asisten Tata Praja H.Lalu Indra Bangsawan, mengucapkan terima kasih kepada rombongan kabupaten Serang karena telah memilih Kota Mataram sebagai tempat tujuan Kunjungan Kerja. Tentang masalah Dana Hibah dan bantuan Sosial, Indra menjelaskan bahwa pada tahun anggaran 2015 lalu kebijakan belanja hibah diprioritaskan pada pemilihan kepala daerah Kota Mataram dan lembaga-lembaga atau organisasi sesuai permohonan atau proposal yang diajukan satu tahun sebelumnya, dengan demikian ada semacam waiting list.

Tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban serta monitoring dan evaluasi pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD, mempedomani Permendagri Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Organisasi Kemasyarakatan di Lingkungan Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD dan Peraturan Walikota Mataram yang telah disusun sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebelum bantuan dicairkan, tim dari Pemerintah Kota Mataram melakukan survei lokasi ke calon penerima baik bantuan sosial maupun hibah terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak terjadi salah sasaran dan penyimpangan. Dengan demikian, penyaluran anggaran untuk bantuan sosial dan hibah bisa sesuai dengan tujuan dan sasaran, yakni untuk membantu dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Kunjungan di akhiri dengan tukar menukar cinderamata antara Kota Mataram dan Kabupaten Serang, dilanjutkan dengan Dialog.(indah/soni-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Spanduk Ramadhan 1440 HSSH 2019

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat