Dewan Kota Mataram Paripurnakan LKPJ Walikota 2015
02 Mei 2016 759 View

Dewan Kota Mataram Paripurnakan LKPJ Walikota 2015

MATARAM - Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Mataram akhir tahun anggaran 2015 disampaikan oleh Walikota H. Ahyar Abduh kepada DPRD Kota Mataram pada akhir Maret kemarin. Setelah dilakukan pengkajian dan pendalaman oleh Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk pihak Dewan, Jumat (29/04/16), Dewan Kota Mataram menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Hasil Kerja Pansus Pembahasan LKPJ. Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua Dewan Kota Mataram H. Didi Sumardi di Ruang Sidang DPRD Kota Mataram, dan dihadiri secara langsung oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh. Turut hadir pula segenap anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Mataram, para Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN-BUMD, dan jajaran SKPD Kota Mataram.

Laporan hasil kerja Pansus dibacakan oleh Ketua Pansus Pembahasan LKPJ Walikota Mataram 2015 H.M. Zaini. Disebutkan Zaini, setelah mengadakan rangkaian rapat baik internal maupun dengan pihak eksekutif secara intensif sejak tanggal 1 April 2015, Pansus Pembahasan LKPJ mencatat berbagai hal berupa saran-saran dan masukan terkait dengan materi yang disampaikan Walikota pada LKPJ Walikota Mataram Akhir Tahun Anggaran 2015. Diantaranya mengenai pertumbuhan ekonomi daerah yang pada tahun 2015 mencapai angka 8,58%, diatas angka rata-rata provinsi maupun nasional. Terobosan-terobosan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Mataram untuk mencapai angka pertumbuhan ekonomi yang tinggi tersebut dianggap Dewan patut mendapat apresiasi karena mencerminkan peningkatan aktifitas ekonomi masyarakat.

Atas LKPJ Walikota Mataram Akhir Tahun Anggaran 2015 lanjut Zaini, pada umumnya Dewan Kota Mataram mengambil kesimpulan bahwa Pemerintah Kota Mataram telah berhasil menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Namun masih ada beberapa hal yang menjadi catatan Dewan yang menyarankan pihak eksekutif untuk dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Beberapa saran yang disampaikan Dewan adalah mengenai inventarisasi aset secara lebih komprehensif, evaluasi birokrasi secara menyeluruh, pembentukan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berbasis tempat ibadah sebagai sarana pembentukan karakter, dan mengevaluasi kembali perjanjian kerjasama dengan investor sehingga perjanjian kerjasama dapat berjalan lebih baik lagi. Selain itu yang juga menjadi sorotan adalah mengenai masalah persampahan yang masih membutuhkan perhatian lebih. Selain menyarankan peningkatan sarana dan prasarana, Dewan juga menyarankan eksekutif untuk meningkatkan peran serta masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengolahan sampah.

Usai penyampaian Laporan Hasil Kerja Pansus, Sidang Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Kerja Pansus Pembahasan LKPJ Walikota Mataram Akhir Tahun Anggaran 2015 ditutup oleh Pimpinan Sidang H. Didi Sumardi. Dilanjutkan dengan pembukaan Sidang Paripurna Istimewa Penyerahan Secara Simbolis Keputusan DPRD Kota Mataram tentang Catatan-catatan Strategis terhadap LKPJ Walikota Mataram Akhir Tahun Anggaran 2015. Pada Sidang Paripurna Istimewa ini, DPRD Kota mataram secara resmi menyerahkan Laporan hasil Kerja Pansus kepada Walikota Mataram untuk mendapatkan tanggapan terkait catatan-catatan strategis yang berisi saran-saran dan masukan dari pihak Dewan.

Ditemui usai Sidang, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh menyatakan bahwa pihaknya akan segera menindak lanjuti saran-saran dan masukan yang diberikan pihak Dewan. Sesegera mungkin pihak Eksekutif akan mengevaluasi kembali beberapa program kerja 2015 yang menjadi catatan dan diminta oleh pihak Dewan untuk menjadi perhatian Eksekutif. Menurut Walikota, masalah aset dan sampah adalah dua hal paling menonjol yang diakuinya masih membutuhkan perhatian lebih. Termasuk saran untuk mengajak masyarakat agar meningkatkan partisipasi dalam menangani masalah sampah dengan meningkatkan budaya hidup bersih di tengah-tengah masyarakat. “Intinta, semua yang menjadi catatan dewan akan kami tindak lanjuti dalam waktu yang secepat-cepatnya”, tutupnya. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat