Gelar Kesiapsiagaan Pasukan Satuan Linmas Kota Mataram
May 13, 2014 500 View

Gelar Kesiapsiagaan Pasukan Satuan Linmas Kota Mataram

MATARAM – Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana memimpin apel yang diikuti oleh seluruh pasukan Satuan perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Mataram. Apel yang merupakan Gelar Kesiapsiagaan Pasukan Satlinmas Kota Mataram dalam rangka perbantuan pengamanan dan penanggulangan bencana tahun 2016 ini dilaksanakan di Halaman Pendopo Walikota Mataram pada Senin (02/04/16), dan dihadiri oleh segenap perwakilan SKPD terkait lingkup Pemerintah Kota Mataram serta unsur-unsur Pejabat Sipil, TNI, dan Polri.

Dihadapan peserta apel, Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana mengatakan bahwa sejatinya Satuan Linmas memiliki kaitan terhadap semua bidang tata kehidupan masyarakat dan pemerintahan. Karena itulah, anggota Satlinmas diharapkan selalu memiliki kesiapan dalam menghadapi persoalan-persoalan yang mungkin timbul dalam masyarakat termasuk kegiatan penanganan bencana. Karena seperti diketahui, Kota Mataram memiliki enam dari sepuluh jenis bencana yang telah dipetakan di Indonesia. Yaitu banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran permukiman, gelombang pantai, abrasi, serta rawan konflik sosial. “Saya berharap seluruh anggota Satlinmas Kota Mataram bisa menjalankan fungsinya secara utuh dan sejalan dengan peraturan yang mendasari dalam membantu penanganan bencana”, ujarnya.

Selama ini lanjut Mohan, fungsi Linmas berada dibawah koordinasi Badan Kesbangpol Kota Mataram. Namun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Satlinmas harus dipindahkan dan menjadi bagian dari Satpol PP dengan penyesuaian paling lambat dalam dua tahun ke depan. Namun dimanapun Satlinmas Kota Mataram berada, Mohan meminta mereka untuk tetap memperhatikan konsep pembinaan ke depan termasuk optimalisasi fungsi linmas dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Apalagi Satlinmas Kota Mataram sendiri selama ini telah banyak dilibatkan untuk membantu kegiatan Satpol PP. Seperti pengamanan pasar Panglima, penegakan Perda, pengamanan wilayah Monjok-Karang Taliwang, pengamanan kegiatan car free day, dan lain-lain.

Kota Mataram imbuh Mohan, memiliki 186 orang anggota Satlinmas yang tersebar di enam Kecamatan yang ada di Kota Mataram. Dengan jumlah sebanyak 31 orang atau satu peleton di masing-masing Kecamatan. Kedepan jumlah personil tersebut akan ditingkatkan, disesuaikan dengan jumlah lingkungan yang ada di Kota Mataram. Bukan hanya itu saja, Mohan menambahkan bahwa dirinya secara khusus akan mengupayakan agar peningkatan kesejahteraan anggota Satlinmas dapat dipertimbangkan pula. Dengan demikian anggota Satlinmas Kota Mataram dapat memiliki penghasilan yang lebih memadai bagi keluarganya. “Setidaknya di penghujung tahun 2016 ini bisa direalisasikan”, tutupnya. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 1,362 Visit
Kemarin : 3,737 Visit
Bulan Ini : 82,172 Visit
Tahun Ini : 256,363 Visit
Total : 259,083 Visit
Detail Statistik