Walikota Mataram Sidak UN SMP 2016
May 13, 2014 453 View

Walikota Mataram Sidak UN SMP 2016

MATARAM – Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs dilaksanakan secara serentak pada tanggal 9-12 Mei 2016. Hari pertama UN pada Senin (09/05/16), Walikota Mataram H. Ahyar Abduh didampingi Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H. Sudenom melakukan sidak ke dua sekolah, yaitu di SMPN 2 Mataram dan SMPN 6 Mataram. Di dua sekolah yang telah melaksanakan sistem Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK) tersebut, Walikota melihat secara langsung pelaksanaan UN hari pertama yang menjadwalkan ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, sekaligus memantau apabila terjadi masalah yang dapat menghambat pelaksanaan UN dan memerlukan perhatian khusus.

Pada umumnya berdasarkan pantauan Walikota, UN di kedua sekolah yang dikunjungi berlangsung lancar. Hanya saja sempat diakui oleh Kepala Sekolah di kedua sekolah tersebut, sempat terjadi keterlambatan karena sesaat sebelum UN dimulai ada perubahan dari pusat server terkait aplikasi dengan menggunakan program terbaru pada perangkat komputer di sekolah-sekolah yang menerapkan UNBK sehingga semua perangkat yang akan dipergunakan oleh siswa harus diinstal ulang. Namun keterlambatan yang rata-rata terjadi selama 10-15 menit tersebut tidak menjadi masalah berarti mengingat waktu pelaksanaan UN dapat disesuaikan, dua jam untuk satu mata pelajaran.

Dikatakan Walikota Mataram H. Ahyar Abduh, keterlambatan yang terjadi bukan merupakan kesalahan pada siswa maupun pada perangkat. Melainkan sebagai upaya penyelenggara UN untuk meningkatkan keamanan instrumen yang digunakan siswa agar tidak mudah ditembus oleh broker. Bahkan Walikota menganggap UNBK lebih baik daripada UN reguler yang masih menggunakan kertas dan pensil, karena lebih akurat, lebih efisien, dan lebih terjamin pula dari aspek keamanan. Tahun depan Walikota berharap lebih banyak sekolah yang dapat menerapkan UNBK, bahkan bila memungkinkan semua sekolah menerapkan UNBK. “Bisa saja kita anggarkan dalam APBD agar tahun depan lebih banyak sekolah bisa UNBK”, ujarnya.

Sementara dikatakan oleh Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H. Sudenom, tahun ini baru ada enam SMP/MTs negeri maupun swasta yang menerapkan UNBK di Kota Mataram. Tiga diantaranya sekolah negeri, yaitu di SMPN 2 Mataram, SMPN 6 Mataram, dan MTsN 1 Mataram. Seperti halnya UNBK di tingkat SMA/SMK/MA yang telah terlaksana sebelumnya, keterbatasan jumlah komputer yang dipergunakan untuk ujian diatasi dengan cara membagi pelaksanaan UN dalam tiga sesi dalam sehari. Selain itu juga sekolah-sekolah yang bersangkutan bersurat kepada para Wali Murid untuk meminjamkan perangkat komputer jinjing atau laptop sebagai tambahan perangkat sehingga ketersediaan jumlah perangkat dapat tercukupi.

Pada hari yang sama, Plt. Sekretaris daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito juga dijadwalkan melakukan sidak di dua sekolah berbeda. Kedua sekolah yang mendapat pemantauan dari Plt. Sekda Kota Mataram tersebut adalah SMP Tunas Daud dan SMPN 7 Mataram. Di SMP Tunas Daud yang ikut menerapkan sistem UNBK juga terjadi keterlambatan pada saat mulai pelaksanaan UN karena perubahan aplikasi di perangkat komputer yang digunakan siswa. Namun di SMPN 7 Mataram yang masih menerapkan UN reguler, UN berlangsung lancar tanpa kendala berarti. Disamping itu, tidak hanya Pemerintah Kota Mataram saja yang memantau pelaksanaan UN. Pada saat sidak, diketahui bahwa BPKP NTB juga menempatkan auditor di beberapa sekolah untuk melakukan pemantauan pelaksanaan UN. (ufi/sony/odink-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 4,158 Visit
Kemarin : 4,748 Visit
Bulan Ini : 63,683 Visit
Tahun Ini : 129,898 Visit
Total : 132,618 Visit
Detail Statistik