Temu Forum Anak Mataram 2016
23 Mei 2016 854 View

Temu Forum Anak Mataram 2016

MATARAM – 50 orang anak-anak Kota Mataram menjadi peserta dalam Temu Forum Anak Kota Mataram 2016. Kegiatan yang digagas Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Mataram bersama dengan Dewan Anak Mataram (DAM) ini dibuka oleh Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana di Aula lantai 3 Kantor Walikota Mataram. Dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram H. Muhir, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram Kinnastri Roliskana, Ketua LPA Kota Mataram Nyayu Ernawati, Kepala SKPD terkait lingkup Kota Mataram, para camat, dan anak-anak peserta Temu Forum Anak Mataram 2016.

Dikatakan Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, kegiatan yang dimaksudkan sebagai sebuah bentuk pemenuhan hak partisipasi anak dalam pembangunan ini sangat strategis sebagai wadah bagi anak-anak untuk bertemu dan saling bertukar gagasan. Memposisikan diri sebagai orangtua, dirinya merasa harus bertanggung jawab untuk memenuhi setiap inisiatif anak-anak Kota Mataram untuk mengembangkan diri, sekaligus memberi motivasi bagi anak-anak Kota Mataram untuk terus menjaga semangat dalam kebaikan dan kemanfaatan bagi masa depan mereka. “Hasilnya nanti merupakan rekomendasi bagi siapapun baik pemerintah, orangtua, keluarga, sekolah, maupun juga lingkungan sosial”, ujarnya.

Kegiatan yang dibuka bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 tanggal 20 Mei 2016 ini lanjut Mohan, merupakan momentum yang sangat tepat. Terutama karena secara garis besar tema Hari Kebangkitan Nasional ke-108 menekankan pada kemandirian dan karakter yang merupakan hal sangat penting untuk diajarkan pada anak-anak Kota Mataram. Khususnya karena saat ini Indonesia tengah berada dalam keprihatinan terkait kerusakan moral dan akhlak, dimana banyak anak-anak menjadi korban sekaligus pelaku kekerasan. “Ibarat membangun rumah, pondasi utama yg paling fundamental adalah anak2 sebagai intinya”, tuturnya.

 Berbagai tindak kekerasan dengan anak sebagai korban ataupun pelaku yang terjadi di negara ini dikatakan Mohan, sudah semestinya dianggap sebagai sebuah catatan yang harus dibenahi. Dari pengamatannya, dirinya melihat pendidikan di Indonesia kebanyakan baru ditekankan pada aspek kognisi tanpa menyentuh aspek afeksi dan psikologi. Padahal aspek-aspek lain diluar aspek kognisi juga tak kalah penting sehingga anak-anak yang merupakan pemilik masa depan ini dapat memiliki karakter yang lebih baik. Memiliki rasa empati, simpati, kemandirian, dan kejujuran sebagai bekal mereka di masa depan.

Pembukaan Temu Forum Anak Mataram 2016 dirangkaikan pula dengan Deklarasi Saya Anak Sehat Anti Korupsi (SASAK) oleh segenap pihak yang hadir. Penandatanganan deklarasi diatas spanduk putih ini diawali oleh Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana diikuti oleh segenap peserta dan undangan yang hadir. Kegiatan pembukaan Temu Forum Anak dilanjutkan di Gedung BP PAUDNI Mataram selama tiga hari ini, sekaligus merupakan rangkaian Peringatan Hari Anak Nasional 2016 yang puncaknya akan digelar di Kota Mataram pada bulan Juli mendatang dengan dihadiri langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung