Walikota Tengok Rakor Camat-Lurah
31 Mei 2016 779 View

Walikota Tengok Rakor Camat-Lurah

MATARAM – Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan yang diikuti oleh seluruh Kepala SKPD, dan Camat-Lurah se-Kota Mataram di Pendopo Walikota Mataram pada Senin (30/05/16) ditutup dengan kehadiran Walikota Mataram H. Ahyar Abduh. Walikota yang hadir di penghujung rapat ini berkesempatan untuk mendengarkan ekspose dari tujuh kelurahan yang dinilai telah berhasil mengimplementasikan pelimpahan wewenang dari Walikota Mataram kepada lurah se-Kota Mataram terkait tiga hal; pengelolaan sampah, penataan PKL, dan rumah pondokan.

Tujuh kelurahan yang dinilai telah berhasil adalah Kelurahan Sapta Marga, Kelurahan Dasan Cermen, Kelurahan Pagesangan, Kelurahan Pagutan Barat, Kelurahan Gomong, Kelurahan Banjar, dan Kelurahan Kekalik Jaya. Satu-persatu lurah atau yang mewakili melakukan ekspose dihadapan Walikota dan seluruh camat-lurah serta Kepala SKPD yang hadir. Pada umumnya, kelurahan-kelurahan tersebut telah berupaya membangun sistem terkait pelimpahan tiga wewenang Walikota, namun diantaranya masih terkendala persoalan anggaran. Sedangkan kelurahan lainnya berupaya melakukan inovasi dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak ketiga ataupun dengan memberdayakan potensi masyarakat.

Menanggapi kendala yang dihadapi di kelurahan, Walikota Mataram dalam arahannya menyatakan bahwa dirinya akan berupaya menyisihkan anggaran sesegera mungkin agar pendelegasian wewenang benar-benar efektif di lapangan. Penambahan anggaran tersebut dipertegas Walikota, bukan berarti orang-orang yang terlibat dalam pelimpahan wewenang berorientasi pada uang. Tapi semata-mata untuk mendukung kegiatan karena sudah menjadi komitmen bersama untuk mengarahkan anggaran berorientasi pada program. Apalagi Walikota juga telah mengetahui dengan pasti bagaimana rumitnya persoalan-persoalan di lapangan. “Saya yakin camat-lurah akan bekerja sangat efektif karena kita ini orang-orang lapangan”, ujarnya.

Mengenai keluhan terkait dana yang disampaikan oleh para lurah tersebut, Walikota mengakui bahwa sebenarnya dirinya ingin menganggarkan dana untuk operasional tim pada tahun ini juga melalui APBD Perubahan 2016, Namun karena beberapa persoalan yang menyebabkan posisi APBD tidak memungkinkan, anggaran untuk tim baru akan di-back up pada tahun 2017. Sementara itu tim dapat menjalankan fungsinya terlebih dahulu, karena sejak awal komitmen yang dikedepankan adalah agar para camat-lurah efektif menjalankan urusan dan kewenangan-kewenangan yang dilimpahkan. Karena salah satu sasaran dari pelimpahan wewenang adalah ingin agar penajaman fungsi dan tugas pokok camat-lurah benar-benar bisa terlihat di lapangan. “Camat-lurah harus betul-betul sibuk di lapangan”, terangnya.

Sedangkan terkait anggaran secara umum lanjut Walikota, dirinya meminta semua pihak untuk bersabar. Saat ini selain APBD tengah berada dalam masa transisi diujung RPJMD 2010-2015, APBD Kota Mataram juga tengah dalam kondisi keterdesakan untuk menghadapi dua agenda nasional yang digelar dalam waktu berdekatan. Yaitu Forum Anak Nasional dan Hari Anak Nasional yang akan dibuka pada tanggal 23 Juli 2016, serta MTQ Tingkat Nasional ke-26 tahun 2016 tanggal 27 Juli 2016. Kota Mataram sebagai tuan rumah tentu harus melakukan persiapan ekstra yang cukup menyedot anggaran. Bahkan untuk mencukupi persiapannya, Walikota meminta kelurahan mengikhlaskan penambahan dana kelurahan sebesar 100 juta Rupiah ditiap kelurahan untuk mendukung pelaksanaan dua agenda nasional tersebut. (ufi/odink-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat