Pembukaan Musrenbang RPJMD Kota Mataram 2016-2021
30 Juni 2016 1,191 View

Pembukaan Musrenbang RPJMD Kota Mataram 2016-2021

MATARAM – Walikota Mataram H. Ahyar Abduh didampingi Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi dan Plt. Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Mataram tahun 2016-2021. Pembukaan Musrenbang RPJMD Kota Mataram tahun 2016-2021 ini dilaksanakan pada Rabu (29/06/16) di Aula lantai 3 Kantor Walikota Mataram.

Musrenbang dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Nusa Tenggara Barat Ridwan Syah, segenap anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kota Mataram, segenap jajaran Kepala SKPD lingkup Kota Mataram, anggota DPRD Kota Mataram, para pimpinan organisasi profesi, Camat- Lurah, dan peserta dari berbagai unsur yang ada dalam masyarakat meliputi para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, serta tokoh-tokoh pemuda se-Kota Mataram.

Dalam laporannya sebelum Musrenbang resmi dibuka, Kepala Bappeda Kota Mataram Lalu Martawang menyampaikan kegiatan Musrenbang merupakan satu dari tahapan kegiatan dalam pembahasan RPJMD Kota Mataram tahun 2016-2021. Disusun melalui tahapan Penjaringan Aspirasi Masyarakat atau “Jaring Asmara”, serta diskusi-diskusi tematik dengan stake holders terkait. RPJMD Kota Mataram yang dalam pembahasan tersebut merupakan penjabaran visi dan misi Kepala Dearah, yang setelah dilaksanakan pelantikan maka melekat kewajiban untuk melakukan penyusunan RPJMD sebagai pedoman pembangunan selama lima tahun ke depan.

Hal senada dikatakan oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh yang dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa RPJMD Kota Mataram tahun 2016-2021 tersebut diantaranya berisi janji-janji politik saat kampanye yang harus dipenuhi. Sehingga RPJMD tersebut memiliki posisi strategis, yang akan membawa Kota Mataram lima tahun ke depan. Karena itulah Walikota meminta seluruh peserta untuk memberi saran dan masukan untuk dicatat dalam dokumen sebagai dasar menentukan program kerja tahunan di SKPD. “Mudah-mudahan Musrenbang bisa berjalan lancar, dan bisa menghasilkan dokumen RPJMD yg benar-benar memenuhi harapan dan bisa mewujudkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat” harapnya.

Kota Mataram lanjut Walikota, termasuk kota yang memiliki progresifitas tertinggi dalam hal peningkatan PAD yang meningkat sangat siginifikan dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2016 ini target PAD Kota Mataram berada dalam kisaran angka 225 Milyar Rupiah, dibanding target tahun lalu yang realisasinya baru sampai dengan 114,55%. Sementara terkait dengan penunjukan Kota Mataram sebagai Kawasan Strategis Kota Metro, salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian adalah mengenai aksesibilitas, dimana Walikota akan membuka akses-akses jalan baru secara bertahap dalam lima tahun kedepan.

Pembahasan PJJMD Kota Mataram tahun 2016-2921 berlangsung lancar dan mampu menyerap apa yang menjadi keinginan serta kebutuhan masyarakat Kota Mataram. Menghadirkan keynote speaker Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana dan diskusi panel dengan seluruh peserta yang hadir. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat