Komisioner KI NTB Temui Walikota Mataram
12 Agustus 2016 1,128 View

Komisioner KI NTB Temui Walikota Mataram

MATARAM – Lima orang komisioner yang merupakan ketua dan anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Barat menemui Walikota Mataram H. Ahyar Abduh di Pendopo Walikota Mataram pada Jumat (12/08/16). Pertemuan yang juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Kota Mataram H. Ijab Arwadi, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Mataram Lalu Alwan Basri, jajaran pengurus PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kota Mataram, serta dihadiri pula oleh segenap insan pers.

Mengawali pembicaraan dengan Walikota, Ketua KI NTB Ajeng Roslinda Motimori memperkenalkan para komisioner KI NTB periode tahun 2016-2020 yang baru dilantik pada tanggal 2 Juni 2016 oleh Wakil Gubernur NTB HM. Amin. Selain dirinya sendiri sebagai ketua, diperkenalkan pula keempat anggotanya yang terdiri dari Najamuddin Amy, M. Zaini, Hendriadi, dan Lalu Ahmad Busyairi. Mereka akan bertugas untuk menerima, memeriksa, memutuskan permohonan penyelesaian sengketa informasi publik yang diajukan kepada PPID di daerah, termasuk di Kota Mataram. “Tapi dalam catatan kami, untuk keterbukaan informasi di Kota Mataram belum pernah ada sengketa”, paparnya.

Selain memperkenalkan jajaran komisioner KI NTB, Ajeng yang merupakan satu-satunya komisioner perempuan tersebut juga memberikan apresiasi bagi kinerja PPID Kota Mataram yang pada tahun 2015 lalu telah berhasil melesat meraih peringkat terbaik kedua dari yang sebelumnya menduduki peringkat kesembilan dalam hal Keterbukaan Informasi Publik. Kekurangan yang ada pada PPID Kota Mataram adalah mengenai laporan keuangan yang kurang update. Meski demikian pihaknya juga melihat berbagai peningkatan yang dilakukan oleh PPID Kota Mataram dan juga besarnya perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Kota Mataram untuk kinerja PPID Kota Mataram.

Menanggapi penyampaian Ketua KI NTB, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh menyatakan bahwa dirinya bersama segenap jajaran Pemerintahan Kota Mataram telah memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan, termasuk yang terkait dengan informasi birokrasi. PPID memiliki peran yang sangat strategis dalam hal memberikan informasi birokrasi kepada publik. Saat ini PPID di Kota Mataram telah sampai ke kelurahan bahkan ke lingkungan-lingkungan. Agar informasi dapat sampai ke masyarakat, dan masyarakat juga dapat berkontribusi. “Kami akan lebih intens lagi, kalau nantinya dianggap layak diikutkan dalam nominasi PPID Award”, ujarnya.

Di Kota Mataram lanjut Walikota, sinergitas antara pemerintah dengan media massa juga berjalan cukup baik. Diibaratkan Walikota, pemerintah dan media seperti halnya perahu dan gelombang. Ada saatnya gelombang landai sehingga perahu dapat berjalan dengan tenang. Namun ada saatnya pula gelombang pasang atau naik, sehingga perahu harus dikemudikan dengan lebih baik lagi. Meski demikian ditegaskan Walikota, hal tersebut adalah wajar mengingat media merupakan mitra kerja pemerintah yang ikut serta mengawal jalannya pembangunan di Kota Mataram, serta berperan strategis dalam menyebarkan informasi termasuk informasi birokrasi kepada masyarakat. (ufi/yudi-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat