Walikota Mataram Buka Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Lingkungan
19 Agustus 2016 903 View

Walikota Mataram Buka Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Lingkungan

MATARAM – Dalam rangka menyatukan visi kelembagaan lingkungan untuk dapat berperan aktif dan optimal dengan visi pemberdayaan lingkungan, Pemerintah Kota Mataram menggelar Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Lingkungan bagi seluruh Kepala Lingkungan se-Kota Mataram. Sosialisasi yang digelar di Aula Lantai 3 Kantor Walikota Mataram pada Kamis (18/08/16) tersebut dibuka oleh Walikota Mataram H. Ahyar Abduh didampingi oleh Wakil Walikota Mataram H. Mohan Roliskana dan Plt. Sekretaris Daerah Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito.

Dihadapan seluruh Kepala Lingkungan yang hadir, Walikota Mataram H. Ahyar abduh mengungkapkan padatnya rangkaian agenda yang tengah dihadapi oleh Pemerintah Kota Mataram. Yaitu terkait RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), penetapan APBD Perubahan, Rapat Kerja Daerah untuk mengakomodir ketentuan baru menyangkut organisasi perangkat daerah dimana ada sebagian SKPD yang digabung maupun yang dipecah-pecah, revisi tata ruang wilayah, serta persiapan pembahasan APBD murni 2017.

Kesibukan yang tengah dihadapi Pemerintah Kota Mataram tersebut lanjut Walikota, masih ditambah pula dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi agenda-agenda nasional. Namun demikian penguatan kelembagaan lingkungan juga tidak kalah penting, mengingat tahun 2017 mendatang setiap lingkungan akan mendapat alokasi anggaran sebesar 50 juta rupiah untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana di masing-masing lingkungan. “Yang terutama adalah fokus pada penanganan kebersihan, penanganan sampah”, terangnya.

Untuk penanganan kebersihan di lingkungan, Walikota berencana untuk membagikan karung-karung sampah, pengadaan alat angkut sampah, serta pengadaan tenaga operasional atau petugas kebersihan di masing-masing lingkunan, yang pembiayaannya bersumber daridana lingkungan tersebut. Selain itu Walikota juga menegaskan bahwa ke depan tidak boleh ada lagi TPS (Tempat Pembuangan Sampah) yang berada di pinggir jalan. Keseluruhan program bagi lingkungan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 membutuhkan komitmen bersama, agar dana pemberdayaan lingkungan dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Sedangkan untuk meningkatkan performa kepala lingkungan sekaligus menambah motivasi agar para kepala lingkungan dapat bekerja dengan lebih baik lagi, Walikota juga membagikan baju batik bagi 323 orang Kepala Lingkungan se-Kota Mataram. Seraya meminta agar kegiatan sosialisasi dapat dimanfaatkan untuk menjalin sinergitas dan kerjasama untuk medukung terlaksananya setiap program kegiatan Pemerintah Kota Mataram demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Mataram.

“Saya mohon pada Kepala Lingkungan, laksanakan sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang menjadi tugas pokoknya. Jika ada persoalan di lingkungan, jangan dibiarkan. Tapi dikomunikasikan dan dikoordinasikan kepada lurah, camat, bahkan pada saya ataupun bapak wakil”, tutupnya. (ufi/nyem-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner MNEK 2018

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat