Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan
25 November 2016 861 View

Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan

Mataram – Wali Kota Mataram H.Ahyar Abduh menghadiri acara Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan tahap ketiga di Kota Mataram pada Kamis (24/11/2016) di eks Pelabuhan Ampenan. Acara dihadiri langsung oleh Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI  DR. Ir. Harri Hikmad, M.Si, Pimpinan BRI Cabang Kota Mataram I Gusti Ngurah Jaya Hadana, serta warga Kecamatan Ampenan yang mendapatkan Kartu Program Keluarga Harapan.

Di awal acara Asisten I Setda Kota Mataram Bidang Tata Praja H. Lalu Indra Bangsawan memberikan laporan bahwa di Tahun 2016 jumlah penerima bantuan sebanyak 10.233 KK.  Yang akan menerima bantuan berjumlah 365 warga dengan rincian, 221 warga Ampenan Tengah, 144 warga Dayen Peken. Sedangkan yang 9.868 warga akan diberikan bantuan di masing-masing kecamatan pada hari berikutnya.

Wali Kota Mataram H.Ahyar Abduh mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Sosial yang telah memilih Kota Mataram menjadi Pilot Project Program Keluarga Harapan. Dengan adanya bantuan non tunai ini Ahyar berharap tingkat kemiskinan yang ada di Kota Mataram bisa berkurang sehingga di tahun 2017 mendatang tidak ada warga Mataram yang mendapatkan bantuan karena semua warga telah sejahtera. Selain Wali Kota Mataram juga menjelaskan bahwa Prioritas Program Kota Mataram adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk menurunkan tingkat kemiskinan. “Manfaatkan sebaik baiknya bantuan ini”, pesannya. 

Sementara Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia DR. Ir. Harri Hikmad, M.Si menjelaskan bahwa Bantuan Non Tunai akan dikeluarkan 3 Bulan sekali. Harri menjelaskan bahwa saat ini seluruh bantuan sosial dari pusat maupun daerah diharuskan melalui non tunai dan yang dipilih dalam bentuk tabungan (kartu debet).  Bantuan Non Tunai ini berupa ATM yang bisa di cairkan di agen-agen BRI yang terdekat yang sudah disiapkan di dekat lingkungan rumah.  “Ibu-ibu harus mengambil seperlunya saja, jangan boros, rencanakan keuangan keluarga dengan baik dari sekarang”, Pesan Harri.

Sedangkan menurut Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kota Mataram I Gusti Ngurah Jaya Hadana, untuk program penyaluran Dana Non Tunai ini BRI telah menyiapkan 1 unit mobil BRI yang dilengkapi mesin ATM, 2 kendaraan Trans Keliling yang hanya bisa menggunakan Buku Tabungan, dan agen-agen BRI disekitar eks Pelabuhan Ampenan. Selain itu Gusti mengatakan bahwa BRI dengan Pemerintah telah menyiapkan beberapa program lain dan segera menyalurkan beberapa program terutama bagi pengusaha kecil.

Di akhir acara Wali Kota Mataram menyerahkan secara simbolis kartu ATM Himbara kepada 10 orang perwakilan warga yang mendapatkan Program Keluarga Harapan, menyerahkan bantuan kepada 10 anak yang berprestasi se-Kota Mataram dan juga meninjau proses tarik tunai. (indah/odink-humas)

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat