preloader

Search Here

Pantai Ampenan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est

Simpang Lima Ampenan

Persimpangan jalan di Kota Tua Ampenan yang padat akan aktivitas sehari - hari masyarakat karena menjadi jalur utama menuju beberapa kawasan seperti Pasar Kebon Roek, Senggigi maupun Pantai Ampenan

Kota Tua Ampenan

Pada masa kolonial Belanda, Ampenan merupakan pusat perdagangan dan pelabuhan terbesar di pulau Lombok. Ampenan kini menjadi salah satu kecamatan di Kota Mataram dan kota tua yang masuk dalam Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI)

Pertokoan Kota Tua Ampenan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est

Pertokoan Cakranegara

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est

SEKAPUR SIRIH

Walikota dan Wakil Walikota Mataram

clients-image

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Selamat datang di website resmi Pemerintah Kota Mataram. Media online ini termasuk dalam upaya menggalakkan pemanfaatan teknologi informasi dalam menunjang aktifitas kegiatan pemerintah, pembangunan dan pelayanan menuju terwujudnya e-Government. Semoga dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi penggunanya, khususnya bagi masyarakat Kota Mataram.  Insya Allah, dengan ikhtiar dan kerja keras kita bersama, terwujud masyarakat Kota Mataram yang Maju, Religius dan Berbudaya.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

H. Ahyar Abduh & H. Mohan Roliskana

Walikota & Wakil Walikota Mataram

Layanan Publik

client-logo client-logo client-logo client-logo client-logo client-logo

Terbaru

PENGUMUMAN

BERITA


20 May, 2019
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke - 111 Tahun 2019

Mataram - Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menjadi Pembina Upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke - 111 Tahun 2019, Senin (20/05/19). Upacara bendera yang dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Mataram di ikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Kota Mataram.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara, yang dibacakan langsung oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, mengatakan bahwa Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 pada tanggal 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

Wakil Wali Kota Mataram juga menyampaikan sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa. Sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini. Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama lagi.

Telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia.

Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci adalah bulan untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. "Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita", Ucapnya.

Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema "Bangkit Untuk Bersatu". Kebangkitan untuk Persatuan.

Di akhir sambutannya, Wakil Wali Kota Mataram mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke - 111, seraya mengajak masyarakat semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal menuju kejayaan di pentas global.(ndh/nyem-humas)






Admin
15 May, 2019
Wakil Wali Kota Buka Kegiatan Layanan Penukaran Uang Rupiah...

Mataram – Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana membuka secara resmi Kegiatan Layanan Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil, Rabu (15/05/19) bertempat di lapangan Taman Sangkareang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTB Achris Sarwani, Kepala Divisi Regional Bulog NTB Ramlan UE, Kepala OJK NTB Farid Faletehan, serta Pimpinan Cabang Bank – Bank Umum di NTB.

Dalam sambutan pembukaannya, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana memberikan apresiasi kepada BI yang bersinergi dengan Bank – Bank umum di Prov NTB untuk melaksanakan kegiatan ini, menurutnya BI telah memahami kebutuhan dan memberikan pelayanan serta mengantisipasi hal – hal yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat selama dan menjelang Idul Fitri.

Mohan juga memberikan apresiai kepada Divisi Regional Bulog yang memenuhi kebutuhan masyarakat, dimana kebutuhan masyarakat biasanya selalu naik sekitar 20 - 30% menjelang lebaran, maka dibutuhkan kesiapan para pemasok untuk bisa mengantisipasi agar tidak terjadi aktivitas yang merugikan masyarakat.

Di akhir sambutannya. Mohan menghimbau kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh BI beserta Bank – Bank Umum yang ada di NTB, agar bisa dimanfaatkan sebaik –baiknya untuk beberapa hari kedepan dan tidak perlu memanfaatkan penukaran – penukaran uang ditempat lain.

Sebelumnya, kepala BI Perwakilan NTB Achris Sarwani menjelaskan kebutuhan uang yang direncanakan Perbankan yang ada di NTB sebesar 2,87 Trilyun meningkat dari tahun lalu yang hanya 2,6 Trilyun, khusus di Kota Mataram sebesar 1,9 Trilyun “ Jadi kebutuhan masyarakat ternyata meskipun kita terkena gempa tapi masyarakat alhamdulilah kegiatan aktivitas ekonominya tetap mulai kembali bangkit”, Ucapnya.

Achris juga menyebutkan jumlah Bank yang berpartisipasi dalam kegiatan ini bertambah dari tahun kemarin yaitu antara lain, Bank NTB Syariah, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Muamalat, BTN, Bank Bukopin, Bank Mantap (Mandiri Taspen), BPD Bali.

Kegiatan Layanan Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil sudah mulai dilaksanakan pada hari Senin kemarin tanggal 13 Mei 2019 akan tetapi baru dibuka resmi pada tanggal 15 Mei 2019. Kegiatan yang berlangsung sampai tanggal 28 Mei 2019 ini juga bersinergi dengan Divisi Bulog, dmana dengan adanya sinergi ini masyarakat bisa mendapatkan harga kebutuhan pokok yang terjangkau,

Kepala BI Perwakilan NTB mengatakan bahwa BI mencoba mengantisipasi kebutuhan uang yang bukan hanya secara langsung masyarakat menukar, akan tetapi juga menjaga ketersediaan uang yang ada di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Diseluruh NTB ada 1190 ATM, dan 507 ATM ada di Kota Mataram. Beliau menghimbau sebaiknya masyarakat melakukan penukaran di tempat – tempat yang resmi karena pada saat momentum lebaran biasany sering  ditemukan uang palsu, dan apabila menemukan uang palsu segera di laporkan ke BI atau ke pihak yang berwajib.

Pada kesempatan tersebut Kepala BI Cabang NTB juga menyerahan Program Sosial Bank Indonesia, yaitu berupa sarana prasarana pendukung kebersihan Taman Sangkareang yang diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana. (ndh/nyem-humas) 




Admin
13 May, 2019
Safari Ramadhan Wali Kota Mataram

Mataram – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh memulai rangkaian kunjungan safari Ramadhan 1440 H. Kunjungan perdana dilaksanakan di Masjid Nurul Hidayatul Muttaqin, Lingkungan Kamasan, Kota Mataram, Senin malam (13/05/2019). Hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Kota Mataram H. Didi Sumardi, Jajaran Staff Ahli Pemerintah Kota Mataram, Asisten II Pemerintah Kota Mataram Mahmudin Tura,  Pimpinan OPD lingkup Kota Mataram, tokoh agama dan masyarakat, serta jama’ah masjid setempat.

Seusai shalat tarawih, Wali Kota Mataram menyampaikan Safari Ramadhan ke Masjid Nurul Hidayatul Muttaqin, Lingkungan Kamasan merupakan kunjungan kedua setelah peletakan batu pertama rehabilitasi masjid pada tahun 2017 silam. “ Ternyata tahun 2017, tiang hadir bersama beberapa tuan guru, dan tokoh masyarakat, meletakkan batu pertama rehabilitasi pembangunan masjid kita ini ”, Ujarnya.

Dalam acara tersebut Ahyar juga memberikan dana bantuan pembangunan masjid dengan total 20 Juta Rupiah. Penyerahan bantuan diterima secara simbolis oleh takmir masjid setempat.

Sebelumnya Kepala Lingkungan Kamasan menyampaikan terimakasih atas kunjungan Wali Kota Mataram yang telah memilih Lingkungan Kamasan sebagai lokasi Safari Ramadhan tahun ini. “ Atas nama masyarakat kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Wali Kota Mataram dan segenap rombongan ”, Ucapnya. 

Selanjutnya, rangkaian kunjungan Safari Ramadhan Wali Kota Mataram akan dilanjutkan pada hari Rabu (15/5/2019) di Masjid Baitul Gafur, Kelurahan Pagesangan Timur dan Jum’at (17/05/2019) di Masjid Nurul Bahar, Kelurahan Bintaro. (Sem-Bani/Humas)

Admin
12 May, 2019
Pembukaan Lomba Tadarrus Al – Qur’an Kota Mataram Tahun 2019

Mataram – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh membuka secara resmi Lomba Tadarrus Al- Qur’an tingkat pelajar Kota Mataram tahun 2019, di Musholla Siti Aisyah Sekretariat Daerah Kota Mataram, Minggu malam (12/05/2019). Pada acara tersebut turut hadir, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Plh. Sekda Kota Mataram L. Martawang, Pimpinan Organisasi Peringkat Daerah (OPD) Lingkup Kota Mataram, tokoh agama dan masyarakat serta peserta lomba Tadarrus Al – Qur’an tingkat pelajar Kota Mataram tahun 2019.

Seusai shalat tarawih, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya menyampaikan, Lomba Tadarrus Al-Qur’an tingkat pelajar ini merupakan acara rutin setiap tahun. Dengan harapan melalui penyelenggaraan acara ini bisa menambah suasana yang khidmat dan khusyuk dalam beribadah.

Lebih lanjut, Ahyar mengingatkan masyarakat dan keluarga besar ASN Kota Mataram untuk meningkatkan intensitas ibadah sesuai ajaran Rasulullah SAW, yakni dengan menambah amalan di bulan suci Ramadhan, “Perlu menambah amaliah-amaliah di luar ibadah fardhu, seperti ajaran Rasulullah SAW”. Ucapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram H. Lalu Fatwir Uzali melaporkan kegiatan acara Taddarus Al-Qur’an tingkat pelajar SD dan SMP tahun 2019 diikuti peserta SD terdiri dari 12 kelompok dan SMP 28 Kelompok. Dengan total keseluruhan qari dan qari’ah sebanyak 190 orang. Sementara waktu pelaksanaan dilaksanakan pada tanggal 12 – 21 Mei 2019. (Sem/Bani-Humas).


Admin
11 May, 2019
Wali Kota dampingi Gubernur NTB Safari Ramadhan

Mataram – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh mendampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah melaksanakan safari ramadhan di Masjid Baitul Amin,Kelurahan Pejeruk, Kota Mataram, Sabtu malam (11/05/2019). Turut hadir pada kegiatan tersebut Danrem 162/NTB Ahmad Rizal Ramdhani, Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana, Ketua DPRD Kota Mataram Didi Sumardi, Forkompimda Provinsi NTB, FKPD Kota Mataram, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta ratusan warga masyarakat setempat. 

Seusai melaksanakan sholat tarawaih, Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Gubernur NTB yang sudah menjadikan Kota Mataram sebagai kunjungan perdana safari Ramadhan kali ini.

Ahyar menambahkan, safari ramadhan sebagai bentuk pentingnya silaturahmi antar pimpinan serta untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat, “Tentu kunjungan ini sangat penting untuk melihat secara langsung bagaimana jama’ah-jama’ah kita.” Imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam sambutannya mengapresiasi atas pelaksanaan Pemilihan Umum di NTB yang berjalan dengan baik beberapa waktu yang lalu “ Berkat kerja keras KPUD, Bawaslu, Polisi, TNI, serta masyarakat. Memang tidak ada yang sempurna, namun pelaksanaan Pemilihan Umum di NTB berjalan dengan baik”, Sebutnya.

Disela - sela kegiatan safari ramadhan, Zul juga menyampaikan program 1000 beasiswa untuk putra-putri NTB. Beliau memberikan stigma, bahwa anak NTB memiliki kemampuan dalam membaca Al-qur’an. Sehingga dengan 1000 putra - putri daerah NTB yang tersebar, Gubernur NTB ini berharap mereka bisa mengumandangkan Al-qur’an di seluruh bagian dunia. “ Saya membayangkan kalau 1000 anak NTB tiap tahun kita kirim, ini 1000 yang akan meramaikan masjid di seluruh dunia”, Tuturnya. Safari ramadhan kali ini merupakan merupakan safari ramadhan perdana Gubernur NTB pada Ramadhan 1440 H, yang nantinya akan dilanjutkan keseluruh wilayah Provinsi NTB. (sem/bani-humas)

Admin
02 May, 2019
Pemerintah Kota Mataram Peringati Hari Pendidikan Nasional y...

Mataram - Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh memimpin langsung upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dirangkai dengan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke XXIII Tahun 2019, Kamis (02/05/19) yang bertempat di Halaman Kantor Wali Kota Mataram. Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Di awal sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendi yang dibacakan oleh Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menjelaskan bahwa Bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, tanggal 17 April 2019 yang lalu. Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 Mei 2019. Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilihan Umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan.

Terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional. Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 13 menyebutkan “Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar membekali ketrampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah.

Hadirnya Revolusi Industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat.

Saat ini peserta didik didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan: keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan.

Selain itu juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga mengatakan bahwa anggaran pendidikan sekitar 63% dikelola daerah. Oleh karena itu, perlu diingatkan terus-menerus agar daerah mengambil peran yang lebih aktif dalam memanfaatkan dana APBN baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan memperhatikan kualitas pemanfaatan untuk program-program prioritas, serta APBD yang menjamin anggaran pendidikan minimal 20%.

Selaras dengan itu, dalam konteks kebudayaan, posisi kebudayaan sebagai basis pendidikan nasional semakin kukuh dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, serta Kongres Kebudayaan tahun 2018. Implementasinya diharapkan semakin meningkatkan ketahanan budaya, meningkat pula dalam mengambil peran di tengah peradaban dunia.

Penguatan karakter anak juga ditopang dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Kecintaan dan kebanggaan pada simbol-simbol negara itu harus terus ditanamkan agar mampu membentuk generasi yang kuat rasa nasionalismenya dan berjiwa patriot.

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, Muhadjir Effendi mengajak masyarakat untuk konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Di akhir Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, Pemerintah Kota Mataram memberikan penghargaan kepada siswa siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mendapatkan peringkat tiga besar dalam lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kota Mataram Tahun 2019.(ndh/nyem/ban-humas)

                         

Admin

ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA
"CITRA MATARAM"

Kegiatan Kota Mataram

 
 
 
 
 
April 14th, 2019 07:00

Mataram Bersepeda

Akan kembali menggairahkan keindahan Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tour de Lombok Mandalika akan berlangsung pada tanggal 5 sampai 9 A...


Akan kembali menggairahkan keindahan Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tour de Lombok Mandalika akan berlangsung pada tanggal 5 sampai 9 April 2018. Menggabungkan kompetisi bersepeda yang sengit dengan kemegahan alam Lombok yang indah, ini benar-benar menjanjikan untuk menjadi olahraga yang menarik sambil berwisata.

Perlombaan dibagi menjadi 4 tahap. Tahap pertama akan membawa pengendara dari Kota Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat ke Pantai Kuta di Lombok Tengah dengan jarak tempuh 126 km. Tahap kedua akan dimulai dari Pelabuhan Bangsal ke desa Senaru di Lombok Utara yang meliputi jarak 113 km. Sedangkan tahap ke 3 meliputi 115 km dari Pantai Kuta di Lombok Tengah ke Sembalun di Lombok Timur. Dan tahap ke-4 dan terakhir akan menjadi balapan sirkuit sepanjang 112 km tepat di jantung Kota Mataram. Balapan sirkuit pada tahap akhir akan terdiri dari 10 lap di mana lap 3,6, dan 9 mengutamakan sprint tracks. Selain bersepeda melewati beberapa pemandangan menarik Lombok, pembalap harus mengendarai beberapa tantangan ekstrem yang meliputi jalur mendaki yang curam dari Sembalun sampai ke kaki Gunung Rinjani.

Tahun lalu, bersaing dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp 800 Juta, Tour de Lombok Mandalika menghadapi persaingan ketat di antara 17 tim balap yang terdiri dari 17 tim internasional dan 5 tim Indonesia. Diantaranya adalah pesepeda dan tim bersepeda dari Eropa, China, Malaysia, Australia, Kuwait, Laos, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Singapura, dan Iran.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalo Faozal menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mendorong promosi wisata alam dan budaya, kuliner dan perbelanjaan Lombok ke seluruh dunia. Dia memproyeksikan bahwa Tour de Lombok Mandalika tidak hanya akan menjadi acara satu kali saja, namun akan terus diadakan secara reguler sebagai acara tahunan.

 
 
 
 
 
March 30th, 2019 00:22

Mataram Peteng 2019

Malam puncak selebrasi gerakan Earth Hour di Kota Mataram berlangsung semarak. Kegiatan ini berlangsung di pusat Kota Mataram

Malam puncak selebrasi gerakan Earth Hour di Kota Mataram berlangsung semarak. Kegiatan ini berlangsung di pusat Kota Mataram lebih tepatnya di Lapangan Sangkareang, Sabtu (30/3/2019) malam. Earth Hour sendiri merupakan sebuah aksi global hemat energi yang diinisiasi oleh WWF yang mengusung tema global #Conect2Earth.


Kegiatan seremonial Earth Hour di Kota Mataram diinisiasi oleh komunitas Earth Hour Mataram, yang telah melaksanakan selebrasi pemadaman listrik sebanyak enam kali dari sebelas kali pelaksanaan selebrasi secara global dengan waktu pelaksanaan di minggu akhir bulan maret dan berlangsung secara serentak di seluruh dunia.

#MataramPeteng selalu menjadi tema besar yang diangkat dalam setiap pelaksanaan selebrasi Earth Hour di Kota Mataram. #MataramPeteng mengandung makna ‘Mataram Gelap’ yang merupakan perwujudan dari pelaksanaan Earth Hour di mana beberapa titik di Kota Mataram akan memadamkan lampu selama 60 menit dimulai pada pukul 20.30. 

Dalam Selebrasi Earth Hour #MataramPeteng 2019 Komunitas Earth Hour Mataram bekerjasama dengan Pemerintah Kota Mataram, Kementerian LHK dan PT.Angkasa Pura 1 serta turut diramaikan dengan partisipasi beberapa komunitas pemuda yang  tergerak mengikuti Greeneration Festival 2019 sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang ada.

Dalam kegiatan ini, beberapa institusi, komunitas dan sponsor berpartisipasi dengan menggelar bazaar di lokasi acara. Mereka yang berpartisipasi dalam bazaar antara lain STP Mataram, Komunitas Lombok Phonegraphy, IDX (Bursa Efek Indonesia),The Griya Lombok Paper Art Gallery, WWF, Hi-Lo Chocolate Avocado (Nutrifood), Kuaci Rebo dan Beauty Moringa Sasambodom.

Rangkaian kegiatan selebrasi Earth Hour #MataramPeteng 2019 dibagi dalam dua sesi, yaitu sesi sore dan sesi malam. Sesi sore dimulai sejak  pukul 16.15 WITA. Dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti Sambutan Koordinator Earth Hour Mataram, Lomba Mading 3D, Perkusi, Fun Eco Brick, Beatbox, Music Performance dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba pada pukul 17.50 WITA.

Untuk sesi malam, kegiatan diawali dengan sambutan Koordinator Earth Hour Kota Mataram, Sambutan Ibu Rusyda Deli selaku Perwakilan WWF Indonesia, Sambutan Bapak Irwan Rahadi selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Perkenalan Earth Hour dan Penampilan Capoeira.

Dalam sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Irwan Rahadi mengakui bahwa kegiatan Earth Hour ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Mataram dalam bidang lingkungan, sehingga Irwan Rahadi turut mengajak masyarakat untuk mengikuti aksi positif ini.

“Pemerintah Kota Mataram sedang fokus pada masalah-masalah terkait lingkungan terutama pengelolaan dan pengurangan sampah dan kegiatan ini merupakan salah satu aksi pendukungnya. Untuk itu, mari turut serta dalam aksi positif ini, mari matikan lampu yang tidak diperlukan cukup selama 1 jam”, ungkap Irwan.

Menuju ‘Switch Off‘ atau pemadaman serentak ditandai dengan dinyalakannya lilin bertuliskan 60+ yang dilakukan secara bersama oleh Koordinator Earth Hour Kota Mataram, Perwakilan WWF Indonesia, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram dan dilanjutkan dengan hitungan mundur menuju waktu pemadaman yaitu pukul 20.30 WITA.

Selama pemadaman berlangsung, pengunjung yang mendatangi lapangan sangkareang turut mengabadikan momen menggunakan ponsel pribadinya. Beberapa kegiatan pun turut dilaksanakan untuk mengisi waktu pemadaman. Monolog, Perkusi, Musik Akustik serta Fire dance merupakan deretan hiburan yang disajikan hingga ‘Switch On’ atau kegiatan ditutup pada pukul 21.30 WITA.

Transparansi Data

Nama File Tanggal
DPA KDH Tahun 2017 2017-01-01
RKA KDH Tahun 2017 2017-01-01
RKA DPRD Tahun 2017 2017-01-01
DPA DPRD Tahun 2017 2017-01-01
DPA DINAS KOMINFO KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PENDIDIKAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS TENAGA KERJA KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS SOSIAL KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA BAKESBANGPOL KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA RSUD KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA BPBD KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PEMADAM KEBAKARAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA SAT POLPP KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PERKIM KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PUPR KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS KESEHATAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS KETAHANAN PANGAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS DUKCAPIL KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN 2017 2017-03-01
DPA KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN 2017 2017-03-01
DPA KECAMATAN AMPENAN TAHUN 2017 2017-03-01
DPA KECAMATAN MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA KECAMATAN SELAPARANG TAHUN 2017 2017-03-01
DPA KECAMATAN SEKARBELA TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PPKB KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PERHUBUNGAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PERKOPUKM KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PMPTSP KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PARIWISATA KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PERTANIAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DINAS PERDAGANGAN KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA INSPEKTORAT DAERAH KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA SEKRETARIAT DPRD KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA SEKRETARIAT DAERAH KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA BAPPEDA KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA BKDSDM KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA BADAN KEUANGAN DAERAH KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA BALITBANG KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA DPRD KOTA MATARAM TAHUN 2017 2017-03-01
DPA KDH DAN WKDH TAHUN 2017 2017-03-01
Ringkasan DPA Dinas Kominfo Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Pariwisata Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Perhubungan Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Pendidikan Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Kesehatan Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas DUKCAPIL Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Perikanan Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Ringkasan DPA Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram Tahun 2018 2018-01-01
Nama File Tanggal
Nama File Tanggal
CALK Kota Mataram Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Pendidikan Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Kesehatan Tahun 2017 2018-01-01
LRA RSUD Tahun 2017 2018-01-01
LRA PUPR Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas PERKIM Tahun 2017 2018-01-01
LRA SATPOLPP Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Pemadam Kebakaran Tahun 2017 2018-01-01
LRA Bakesbangpol Tahun 2017 2018-01-01
LRA BPBD Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Sosial Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Tenaga Kerja Tahun 2017 2018-01-01
LRA DPPPA Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Ketahanan Pangan Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Lingkungan Hidup Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas DUKCAPIL Tahun 2017 2018-01-01
LRA Kecamatan Cakranegara Tahun 2017 2018-01-01
LRA Kecamatan Sandubaya Tahun 2017 2018-01-01
LRA Kecamatan Mataram Tahun 2017 2018-01-01
LRA Kecamatan Selaparang Tahun 2017 2018-01-01
LRA Kecamatan Ampenan Tahun 2017 2018-01-01
LRA Kecamatan Sekarbela Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas PPKB Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Perhubungan Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas KOMINFO Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas DPMPTSP Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Kepemudaan dan Olahraga Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Pariwisata Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Pertanian Tahun 2017 2018-01-01
LRA Dinas Perdagangan Tahun 2017 2018-01-01
LRA Sekretariat DPRD Tahun 2017 2018-01-01
LRA Sekretariat Daerah Tahun 2017 2018-01-01
LRA Inspektorat Tahun 2017 2018-01-01
LRA BAPPEDA Tahun 2017 2018-01-01
LRA BKD Tahun 2017 2018-01-01
LRA BKPSDM Tahun 2017 2018-01-01
LRA Kota Mataram Tahun 2017 2018-01-01

Survei

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?

Sangat Bermanfaat
46%
Bermanfaat
29%
Cukup Bermanfaat
18%
Kurang Bermanfaat
7%

KOTA MATARAM MAJU, RELIGIUS, DAN BERBUDAYA