PURA MERU

Mengunjungi beberapa situs peningtgakan berupa rumah ibadah pada daerah wisata yang dituju bias termasuk dalam rangkaian perjalanan wisata yang kita lakukan. Banyak hal yang dapat kita petik ketika mengunjungi rumah ibadah yang menjadi peninggalan leluhur di masa silam. Mulai dari corak bangunannya, kemegahan arsitekturnya hingga cerita di balik pembangunannya.

Salah satunya, pyra meru. Rumah ibadah umat hindu ini bakal memiliki kesan tersendiri bagi anda yang mengunjunginya. Pura meru merupakan pura terbesar yang ada di pulau Lombok. Pura ini terletak tepat ditengah pusat bisnis dan perbelanjaan cakranegara, mataram.

Pura suci ini terdiri dari beberapa bagian yang dipisahkan oleh tembok bata yang besar. Bagian-bagian tersebut adalah terdiri dari brahma, siwa, dan wisnu.masing-masing bagian memiliki pintu masuk . namun tidak semua pintu dapat dibuka setiap hari. Pintu brahma dan siwa hanya akan dibuka sekali dalam setahun yaitu pada saat perayaan piodalan dalam rangka memperingati dibangunnya pura tersebut pada tahun 1720 silam.

Nilai-nilai religi sangat kental terlihat pada bangunan pura ini, bahkan bukan hanya nilai religi dari sesame umat hindu, namun tepat disebelah pura terdapat sebuah masjid dan disebrang jalan dari pura ini berdiri sebuah bangunan gereja. Sungguh pemandangan yang menggetarkan hati, dimana kita bias melihat secara langsung betapa rukunnya umat beragam dikota mataram. Damainya menjalankan kehidupan ditengah-tengah perbedaan yang ada.

Memasuki arena selanjutnya , anda akan melihat dua buah berugaq, sebuah bangunan biasayang memiliki ukuran agak luas, 33 buah pura desa, dan tiga pura utama. Bangunan yang berukuran agak luas tersebut biasa digunakan sebagi tempat menaruh alat-alat musik seperti gemilang dan lainnya da dimainkan ketika melaksanakan upacara-upacara keagamaan.

Sedangkan dua buah berugak akan digunakan oleh pedandan(peuka agama umat hindu) dan sebagai tempat menaruh sesajen untuk ibadah. Sedangkan 33 pura desa meyimbolkan banyaknya jumlah desa yang ada di sekitar pura tersebut. Ketika perayaan upacara keagamaan dilakukan, maka pura-pura desa tersebut digunakan oleh masing-masing oleh 33 desa di sekitar pura meru tersebut.

Tiga pura utama yang terdapat dalam komplek pura meru memiliki atap yang bersusun Sembilan dan susun sebelas. Susunan atap yang tertinggi adalah atap pura siwa. Masing-masing purab utama mewakili tiga gunung yang disucikan dari 3 pulau. Pura brahma mewakili gunung agung yang terdapat dipulau bali, pura siwa emwakili gunung rinjani yang menjulang tinggi di timur pulau Lombok dan pura wisnu mewakili gunung semeru di jawa timur.

Tiga pura utama ini juga menggunakan kain berwarna sebagai symbol-simbol tersendiri. Pura brahma menggunakan kain warna merah yang berarti api, api yang menyimbolkan umat hindu yang dikremasi menggunakan api dari dewa brahma setelah meninggal dunia. Pura siwa mengunakan kain berwarna putih yang berarti air yang mensucikan, karena abu yang dihasilkan dari proses kremasi akan dilarung ke laut. Sementara pura wisnu menggunakan kain berwarna hitam. Warna hitam menyimbolkan malam dan kegelapan. Kegelapan dri artikan layaknya manusia sebelum dilahirkan, berada di kegelapan.

Bagi anda yang ingin melakukan kunjungan wisata religi bernuansa sejarah, pura meru bias jadi pilihan kunjungan berikutnya. Lokasi pura meru juga sangat mudah untuk dicapai. Dari terminal bus mandalika, mataram, bias menggunakan angkutan umum atau dengan menggunakan taxi. (Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram, Buku : Ayo ke Mataram)

 

  • Halaman :  
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CityWebsite jdih Kota MataramKecamatan Cakranegara Dalam Data 2018.pdfKecamatan Mataram Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Sandubaya Dalam Data 2018.pdfKecamatan Selaparang Dalam Data 2018.pdf111111111

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat