Para peziarah yang datang biasanya melakukan ritual menabur bunga pada sebuah lubang di tengah makam milik Maulana Syech Gaus.

Nama Makam Loang Baloq sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Puau Lombok, lebih-lebih Kota Matarm. Makam ini bagi sebagian masyarakat Suku sasak dianggap keramat dan memiliki nilai historis yang tinggi. Makam Loang Baloq yang letaknya tak jauh dari pusat kota ini mampu mendatangkan pengunjung hingga ratusan orang, bahkan ribuan orang ketika peringkatan keagamaan tertentu. Makam Loang Baloq ini merupakan komplek pemakaman yang di dalamnya terdapat puluhan jasad yang bersemayam.

 

 

Sejarah

Jika diurut sejarahnya, Maulana Syech Gaus Abdurrazak adalah seorang ulama besar yang berasal dari Jazirah Arab yang datang ke Palembang pada tahun 1866. Kemudian ulama tersebut melanjutkan perjalanannya meninggalkan Palembang dan berlabh di pesisir Ampenan. Selama berada di peisir Ampenan, Maulan Syech Gaus Abdurrazak selalu menyiarkan agama islam melalui petuah-petuah yang bersumber pada Agama Islam.

Ajarannya saat itu menuai banyak pengikut yang mempercayainya, tidak hanya di pesisir pantai Ampenan namun ajaranhya juga memiliki pengikut se Pulau Lombok. Perjalanan spiritual Maulana Syech Gaus Abdurrazak dalam menyampaikan ajaran-ajaran Islam saat itu yang membuatnya dikenang hingga saat ini, hingga dirinya dimakamkan di Makam Loang Baloq.

Namun yang menjadikan makam ini sebagai perhatian masyarakat luasa adlaah dengan adanya tida buah makam yang keramatkan oleh masyarakat secara turun menurun. Mkaam pertama adalah makam Maulan Syech Gaus Abdurrazak yang letaknya persis dibawah sebuah beringin tua yang diperkirakan oleh masyarakat setempat telah berumur ratusan tahun. Kemudian makam yang kedua adalah makam anak yatim, sedangkan tidak jauh dari itu terdapat makam ketiga yaitu makam dari Datuk Laut.

Kini makam-makam yang terdapat di dalam komplek pemakaman Loang Baloq ini kerap dikunjungi pada peziarah yang memang sengaja datang berdoa kepada Allah SWT agar arwah Maulan Syech Gaus Abdurrazak diterima disis-Nya. Tidak hanya itu, para pejiarah jura kerap melakukan ritual lain di makam ini seperti memotong rambut anak balitanya atau yang lebih dikenal dengan sebutan ngurisang oleh masyarakat Suku Sasak.

Para peziarah yang datang biasanya melakukan ritual menabur bunga pada sebuah lubang di tengah makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak berbentuk persegi panjang dengan lubang ditengahnya dan sudah dipermanenkan menggunakan keramik berwarna putih.

Setelah peziarah, rapa pengujung makam ini biasanya tidak langsung pulang, mereka akan meluangkan waktunya beberapa saat untuk sekedar rekreasi dengan keluarga dan sanak famili mengingat makam ini berdekatan dengan pantai Tanjung Karang. Letak pantai hanya berseberangan jalan raya dengan Makam Loang Baloq.

Melalui keseriusan Pemerintah Kota Mataram terutama Dinas Pariwisata Kota Mataram, kini pantai tersebut telah menjadi taman bermain dan rekreasi yang sangat nyaman dengan sebuah kolam raksasa. Beberapa pondok yang dibangun di atasnya serta deretan pohon kelapa yang kian menambah kesejukan saar berada di pantai ini. Lokasi ini adalah termasuk spot yang menarik untuk menyaksikan matahari terbenam secara berlahan, sambil menikmati lezatnya jagung bakar atau hangatnya secangkir kopi.

Akses

Untuk menuju makam Loang Baloq ini sangat mudah, karena komplek pemakaman ini terletak tidak jauh dari pusat pemerintahan Kota Mataram, hanya memakan waktu perjalan selama kurang lebih 15 menit, atau Anda bisaa menggunakan jasa transportasi taksi dari terminal bus Mandalika di Bertais.

Jika selama ini Anda sudah sering melakukan wisata alam, wisata seni, wisata budaya serta wisata kuliner di KOta Mataram, ada baiknya Anda juga membuat rencana kunjungan untuk menikmati wisata yang bernuasansa religi sebagai agenda kunjungan berikutnya. (Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram, Buku : Ayo ke Mataram)

 

  • Halaman :  
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramWebsite Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart CitySSH Kota Mataram Tahun 2018Kota Mataram Dalam Data Tahun 2017Kecamatan Cakranegara Dalam DataKecamatan Ampenan Dalam DataKecamatan Mataram Dalam DataKecamatan Sandubaya Dalam DataKecamatan Sekarbela Dalam DataKecamatan Selaparang Dalam DataWebsite jdih Kota MataramBanner TEST MNEK 2018Desain Banner HUT RI 73Desain Banner HUT Kota 25

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat