Sejarah

Taman mayura dibangun oleh raja anak agung made karangasem, saat kerajaan bali masih berkuasa dipulau lombok kala itu. Taman yang memiliki banyak paduan dan konsep kolam dan pura ibadah ini dibangun pada tahun 1744 m. Awalnya taman mayura bernama taman istana kelepug. Bukan tanpa alasan , nama tersebut diambil dari suara yang muncul (kelepug-kelepug) dari derasnya mata air yang keluar pada tengah kolam taman ini.

Taman ini juga sempat mengalami renovasi sekitar tahun 1866 ketika zaman kerajaan mataram masih berkuasa. Saat itu, taman ini bukan saja mengalami perubahan secara fisik namun juga nama istana kelapung pun diubah menjadi istana mayura atau yang lebih dikenal saat ini oleh masyarakat sebagi taman mayura.

Kata “mayura” diambil dari bahasa sansekerta yang berarti burung merak. Menurut cerita, dulunya taman mayura ini merupakan hutan yang sangat lebat dan dihuni oleh banyak ular berbisa serta binatang buas lain yang saat itu dianggap mengganggu aktivitas kerjaan. Maka, raja agung ngurah karangasem dibantu oleh sahabat-sahabatnya yang berasal dari pakistan untuk mengusir ular-ular tersebut. Oleh orang pakistan tersebut, raja disarankan memelihara burung merak yang banyak agar mampu mengusir ular-ular yang ada dan akhirnya kawasan tersebut menjadi aman.karena mangandung nilai-nilaisejarah yag mempesona itulah yag akhirnya menjadikan tanaman ini banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

 
 
Bangunan taman ini uga masih memiliki banyak keistimewaan. Corak bangunan merupakan perpaduan yang unik dan khas dimana nuansa natural, kehangatan religi dan nilai sejarah tergambarkan hingga sudut-sudut taman ini. Bagi anda yang mengunjungi taman ini akan langsung bisa merasakan nuansa kedamaian yang dihadirkan oleh taman ini. Taman istana ini tertata bagitu apik, sebuah kolam yang sangat besar dan disebelah timur kolam  terdapat sebuah pura. Pura inilah yang menurut penjaga taman istana ini sebagai roh utama taman ini. Pura inipun masih menggunakan namanya yag lama “kelepung” guna mengingatkan akan nama asli dan istana ini dahulunya. Pura inipun hingga saat ini masih digunakan dalam ritual khusus untuk pemujaan kepada para dewa.

Di sekitar taman ini juga anda akan melihat beberapa patung batu yang berwajah pakistan. Konon, patung tersebut adalah merupakan simbol bentuk ucapan terima kasih kepada orang-orang pakistan yang merupakan sahabat raja saat itu yang telah mampu mengusir ular-ular berbisa dengan menggunakan dan mengembangbiakkan burung merak.

 

Lokasi dan akses

Taman istana mayura ini berlokasi tepat di pusat perbelanjaan dan bisnis kota mataram. Jadi, taman istana mayura ini memiliki akses yang sangat mudah bagi anda yang ingin mengunjunginya.

Jarak tempuh dari terminal bus mandalika menuju taman istana mayura hanya memakan waktusekitar 7 menit. Jika anda dari pusat pemerintahan kota mataram, jarak tempuh hanya memakan waktu 10 menit perjalanan.

 

Fasilitas kota dan akomodasi

Bagi anda yang akan mengunjungi taman istana mayura , cukup dengan membayar tiket masukk. Harga tiket masuk sudah termasuk harga guide yang senantiasa dengan ramah akan menemani anda selama 15 menit berada didalam taman istana sambil menceritakan sejarah dan nilai yang terkandung dalam istana tersebut.

Bagi anda penikmat wisata kuliner, lidah anda juga aka dimanjakan oleh  banyaknya makanan khas lombok yang tersebar di sekitar taan ini. Mulai dari gurih pedasnya ayam taliwang hingga nikmatnya plecing kangkung. Anda pun akan sangat mudah menjumpai warung-warung, rumah makan atupun restoran yang siap menyajikan pesanan anda.

Berkaitan dengan penginapan, andapun tidak perlu khawatir. Mengingat taman istana ini berada tepat ditepat di tengah pusat perbelanjaan dan bisnis, anda akan mudah menjumpai beragam jenis penginapan. (Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram, Buku : Ayo ke Mataram)

 

  • Halaman :  
  • 1
  • 2

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart Cityspanduk KONBES NU

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 3,081 Visit
Kemarin : 4,381 Visit
Bulan Ini : 83,138 Visit
Tahun Ini : 390,635 Visit
Total : 393,355 Visit
Detail Statistik