Kelurahan Gomong

Data & Profil Wilayah/Kelurahan



Profil Kelurahan

Alamat    :   Jl. Pemuda Gg. Kaktus No.12a Mataram
Telepon   :  (0370) 629656
Email       :  -

 

 


Gambaran Umum


Tupoksi

  TUGAS POKOK DAN FUNGSI UNSUR ORGANISASI 

 

A.  LURAH

(1)  Lurah mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur, mengendalikan dan mengkoordinasikan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan.

(2)  Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), Lurah mempunyai fungsi :

a.  perumusan dan penetapan visi, misi, dan program kerja Kelurahan;

b.  pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksaaan Anggaran (RKA/DPA) dan Penetapan Kinerja Kelurahan;

c.  pelaksanaan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas Kelurahan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan atau Instansi terkait;

d.  pelaksanaan pengaturan, pembinaan pengawasan, dan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan;

e.  pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan masyarakat dan ketatausahaan;

f.   pengkoordinasian pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) Tingkat Kelurahan;

g.  pelaksanaan pembinaan dan koordinasi lembaga kemasyarakatan;

h.  pelaksanaan pembinaan manajemen kepegawaian lingkup Kelurahan;

i.   pelaporan pelaksanaan tugas kepada Walikota melalui Camat;

j.   pelaksanaan tugas – tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

B.  SEKRETARIAT

(1) Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyelenggaraan ketatausahaan dan memberikan pelayanan teknis administratif kepada unit kerja Pemerintah Kelurahan dan masyarakat.

(2)  Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris mempunyai fungsi :

a.  pengkoordinasian penyusunan rencana dan program kerja Kelurahan;

b. penyiapan bahan pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran /Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan penetapan Kinerja Kelurahan ;

c.  pelaksanaan pelayanan Teknis Administratif kepada seluruh Unit Kerja lingkup Kelurahan;

d.  penyiapan bahan pedoman dan petunjuk tata laksana administrasi umum;

e.  pelaksanaan dan penjabaran kebijakan teknis penyelenggraan administrasi umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian  dan perlengkapan;

f.  pelaksanaan koordinasi dan konsultasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait terhadap pelaksanaan urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian;

g.  pengkoordinasian penyusunan laporan pelaksanaan tugas Kelurahan;

h. pelaksanaan pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian administrasi umum, perencanaan, keuangan,  kepegawaian dan perlengkapan;

i.  pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Kesekretariatan;

j.  pelaksanaan tugas – tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

C. SEKSI PEMERINTAHAN

(1) Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan administrasi pemrintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum.

(2) Untuk melaksankan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :

a.  penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi;

b.  penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan dan pelayanan administrasi pemerintahan, kependudukan pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum;

c.  penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi di bidang administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum;

d.  pengumpulan dan pengolahan analisa data bidang administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum;

e.  pelaksanaan pelayanan administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan, ketentraman dan ketertiban umum;

f.   fasilitasi terhadap penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan lingkup Kelurahan;

g.  pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi;

h.  pelaksanaan tugas – tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya

 

D. SEKSI SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

(1)  Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bidang sosial dan pemberdayaan masyarakat.

(2)  Untuk melaksankan tugas pokok sebagaimana dimaksud  pada ayat (1), Kepala Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai fungsi :

a.  penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi;

b.  penyiapan bahan pedoman dan petunjuk tenis pembinaan dan pelayanan di bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat;

c.  penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi di bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Instasi terkait;

d.  pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat;

e.  penyiapan bahan koordinasi dan pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM);

f.  fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat sesuai peraturan perundang - undangan yang berlaku;

g.  pelaksanaan pembinaan dan koordinasi lembaga kemasyarakatan;

h.  pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi;

i.   pelaksanaan tugas – tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

E. SEKSI FISIK SARANA DAN PRASARANA

(1) Seksi Fisik, Sarana dan Prasarana, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan pembangunan fisik, sarana dan prasarana.

(2) Untuk melaksankan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Fisik, Sarana  dan Prasarana mempunyai fungsi :

a.  Penyusunan Rencana Kerja Anggaran ( RKA ) dan Program Kerja Seksi;

b.  Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana;

c.  Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Instasi terkait;

d.  Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang Fisik, Sarana dan Prasarana;

e.  Fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku;

f.   Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi;

g.  Pelaksanaan tugas – tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  


Struktur Organisasi


Visi Misi


Program Kerja


Data Monografi

Dari hasil kajian pemetaan sosial dapat diberikan gambaran mengenai kondisi umum wilayah Kelurahan Gomong meskipun demikian karena data – data mengenai profil Kelurahan sangat terbatas mengakibatkan gambaran kelurahan yang diperoleh juga cukup minim, adapun beberapa gambaran yang dapat diberikan untuk Kelurahan Gomong adalah sebagai berikut :

Gomong merupakan salah satu Kelurahan yang masuk kedalam wilayah administratif Kecamatan Selaparang dan berada di dalam wilayah Kota Mataram, adapun batas – batas wilayah Kelurahan  Gomong adalah di sebelah Utara berbatasan dengan  Kelurahan Dasan Agung, Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Punia, Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Dasan Agung Baru dan Sebelah Timur Berbatasan dengan Kelurahan Mataram Barat dengan jumlah Lingkungan sebanyak 3 dan jumlah penduduk sebanyak 2.906 Jiwa, dari jumlah penduduk tersebut komposisi laki – laki sebanyak 1.435 jiwa dan perempuan sebanyak 1.471 jiwa. Jumlah penduduk berdasarkan usia dimana penduduk dewasa sebanyak 1.502 jiwa, usia anak – anak 390 jiwa dan usia balita sebanyak 193 jiwa, disamping itu terdapat penduduk kos sebanyak 2.647 Jiwa yang terdiri dari Laki – Laki sebanyak 1.292 Jiwa dan Perempuan sebanyak 1.355 Jiwa

Untuk tingkat kesejahteraan penduduk berdasarkan tingkat ekonomi dapat dipilah menjadi dua yaitu penduduk pra sejahtera sebanyak 323 KK sedangkan jumlah penduduk kategori sejahtera sebanyak 480 KK, sedangkan berdasarkan hasil PPLS 2011 dari BPS Kelurahan Gomong memiliki penduduk miskin sebanyak 146 KK dari total jumlah penduduk  2.906 Jiwa, sementara itu mata pencaharian penduduk sebagian besar dibidang perdagangan dan jasa dengan rincian sebagai berikut, yaitu untuk pedagang / wiraswasta atau pengusaha sebanyak 692 jiwa, tukang bangunan sebanyak 86 jiwa, sopir 12 jiwa dengan tingkat pendidikan :

 

 

 

Kondisi Kelurahan Gomong dilihat dari berbagai macam segi yaitu :

A. Kelurahan Gomong dari kondisi sarana dan prasarana sebagai berikut :

1. Sarana Ibadah dan Pendidikan

 

 

 

 

 

2. Sarana Kesehatan

 

 

Sarana air bersih yang digunakan oleh masyarakat Kelurahan Gomong adalah air bersih berasal dari PDAM dan terbanyak masih menggunakan sumur gali sedangkan kondisi jalan kelurahan sebagian besar sudah dilakukan pengerasan sedangkan untuk jalan antar gang lebih banyak menggunakan rabat atau paving block dengan kondisi yang telah banyak mengalami kerusakan.

 

3. Data Toko, Kios dan Rumah Tinggal

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Data Rumah Kos

Kelurahan Gomong yang berada di kawasan Pendidikan sangat mempengaruhi fungsi rumah tinggal, sehingga di Kelurahan Gomong rumah tinggal banyak digunakan sebagai rumah kost.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Kondisi Lembaga Kemasyarakatan

Lembaga Kemasyarakatan yang terdapat di Kelurahan Gomong sebagai berikut :

  1. Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan
  2. Lembaga Kemasyarakatan Rukun Tetangga
  3. PKK Kelurahan
  4. Karang Taruna
  5. Desa Siaga
  6. BKM Mentari
  7. Majlis Ta’lim Al- Awwabien
  8. Majlis Ta’lim Al – Arham
  9. Karang Lansia Anggrek
  10. Remaja Masjid Al – Awwabien

Yang dapat dilihat rinciannya pada tabel berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C. Kondisi Kelompok Usaha Bersama

Di Kelurahan gomong terdapat berbagai macam usaha ekonomi yang berbentuk kelompok usaha bersama. Kelompok Usaha bersama tersebut adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D. Kondisi Lingkungan Hidup

Sebagaimana program pemerintah Kecamatan Selaparang Gerakan Menuju Lingkungan Dengan Sampah Nihil ( LISAN ), maka di Kelurahan Gomong dibentuklah Kelompok Kerja LISAN yang bertujuan untuk melakukan pengolahan sampah dan pemilahan sampah bersama masyarakat guna tercapai Lingkungan dengan sampah nihil, Untuk menunjang kegiatan tersebut di Kelurahan Gomong terdapat Gerobak Sampah yang ada di masing – masing Lingkungan di Kelurahan Gomong

E. Kondisi Keamanan dan Ketertiban Umum

Kelurahan Gomong sebagai kawasan pendidikan serta perdagangan Barang dan Jasa termasuk kawasan yang agak rawan terutama kasus Curanmor sehingga oleh Polres Mataram kelurahan Gomong ditetapkan sebagai kurang aman, Hal ini terjadi karena di Kelurahan Gomong arus penduduk keluar masuk / pindah dating sangat cepat, sehingg dibutuhkan Pengawasan Bersama, Baik oleh aparat keamanan, Pemerintah Kelurahan maupun Masyarakat

F. Kondisi Rumah Tidak Layak Huni

Kelurahan Gomong terdiri dari 3 Lingkungan dengan Lingkungan Gomong Lama sebagai Lingkungan dengan kategori Lingkungan Padat Kumuh miskin yang warganya dengan kondisi Rumah tidak Layak Huni sebanyak 45 unit dan yang telah di rehab sebanyak 19 unit, sehingga tersisa 26 unit rumah yang belum di rehab

G. Kondisi Aparatur Pemerintah Kelurahan

Struktur Organisasi Pemerintah Kelurahan terdiri dari Lurah, Sekretaris Lurah, dan 4 orang Kepala Seksi yaitu :

  1. Kasi Pemerintahan
  2. Kasi Fisik Sarana dan Prasarana
  3. Kasi Perekonomian
  4. Kasi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat

Dari struktur organisasi tersebut, di Kelurahan Gomong belum memiliki 2 (dua) orang Kepala Seksi yaitu Kasi Pemerintahan dan kasi Perekonomian, namun hal tersebut tidak mengurangi kinerja pemerintahan Kelurahan Gomong dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, disamping itu juga pelayanan dibantu oleh staf sebanyak 6 (enam) orang.


Potensi Wilayah