Kelurahan Pagesangan Barat

Data & Profil Wilayah/Kelurahan



Profil Kelurahan

Alamat   : Jl. Kahayan No.  2 Mataram
Telepon  : 0370 637115
Emali      : kel.pagesanganbarat@mataramkota.go.id

 

Kondisi Geografis

Kelurahan Pagesangan Barat merupakan salah satu dari 9 (sembilan) kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Mataram, Kota Mataram. Secara administratif, Kelurahan Pagesangan Barat merupakan kelurahan pemekaran berdasarkan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 3 Tahun 2007 tentang Pemekaran Kecamatan dan Kelurahan di Kota Mataram. Adapun luas Kelurahan Pagesangan Barat adalah 7.527,5 km² dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah utara              : Kelurahan Punia
  • Sebelah selatan          : Kelurahan Pagesangan
  • Sebelah timur              : Kelurahan Pagesangan
  • Sebelah barat             : Kelurahan Karang Pule & Kelurahan Kekalik Jaya

Apabila ditinjau dari segi geografis, keadaan wilayah Kelurahan Pagesangan Barat dikategorikan sebagai dataran rendah bukan pantai, dengan kondisi  wilayah tanah relatif datar yang mempunyai ketinggian 5-15 meter dari permukaan laut.

 

Kondisi Demografi

Dari segi demografi, Kelurahan Pagesangan Barat terdiri dari 6 (enam) lingkungan dengan jumlah penduduk sebanyak 10.944 jiwa, yaitu sebanyak 5.570 jiwa penduduk laki-laki dan 5.374 jiwa penduduk perempuan. Adapun jumlah KK di Kelurahan Pagesangan Barat adalah sebanyak 2.550 KK.

Kondisi ekonomi masyarakat secara umum memiliki mata pencahariaan di bidang perdagangan, pengusaha kecil dan menengah, pembantu rumah tangga, sebagai karyawan pemerintahan dan karyawan swasta.

Adapun usaha produktif yang dimiliki oleh masyarakat setempat antara lain kerajinan perak, emas dan mutiara, pembuatan bata dan batako, usaha pengolahan kerupuk kulit dan kerupuk paru, kerajinan anyaman, dll.


Gambaran Umum

Gambaran Umum Organisasi Kelurahan Pagesangan Barat

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Mataram yang selanjutnya dijabarkan dalam Peraturan Walikota Mataram Nomor 9/PERT/2008 tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Sekretariat Daerah Kota Mataram, disebutkan bahwa struktur organisasi Kelurahan Pagesangan Barat terdiri dari:

a. Lurah

b. Sekretaris Lurah

c. 4 (empat) Seksi, yaitu :

  • Seksi Pemerintahan
  • Seksi Ekonomi
  • Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat
  • Seksi Fisik dan Sarana Prasarana

d. Kelompok jabatan fungsional


Tupoksi

Tugas Pokok dan Fungsi Unsur Organisasi Kelurahan

I.  LURAH

1. Lurah mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur, mengendalikan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

2. Untuk melaksankan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), Lurah mempunyai fungsi:

  • Perumusan dan Penetapan visi, misi dan program kerja Kelurahan.
  • Pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksana Anggaran (RKA/DPA) dan Penetapan Kinerja Kelurahan.
  • Pelaksanaan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas kelurahan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan atau Instansi terkait.
  • Pelaksanaan pengaturan, pembinaan pengawasan dan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.
  • Pengkoordinasian pelaksanaan pelayanan masyarakat dan ketatausahaan.
  • Pengkoordinasian pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) Tingkat Kelurahan.
  • Pelaksanaan Pembinaan dan Koordinasi lembaga kemasyarakatan.
  • Pelaksanaan pembinaan Manajemen Kepegawaian lingkup Kelurahan.
  • Pelaporan pelaksanaan tugas kepada Walikota melalui camat.
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

II.  SEKRETARIS

1. Sekretaris dipimpin oleh seorang sekretaris yang mempunyai tugas pokok melaksanakan penyelenggaraan ketatausahaan dan memberikan pelayanan teknis administrative kepada unit kerja Pemerintaj Kelurahan dan Masyarakat.

2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris mempunyai fungsi:

  • Pengkoordinasian penyusunan rencana dan Program kerja Kelurahan.
  • Penyiapan bahan pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan penetapan kinerja Kelurahan.
  • Pelaksanaan pelayanan Teknis Administratif kepada seluruh Unit Kerja Lingkup Kelurahan.
  • Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk tatat laksana administrasi umum.
  • Pelaksanaan dan penjabaran kebijakan teknis penyelenggaraan administrasi umum. Perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan.
  • Pelaksanaan koordinasi dan konsultasi dengan satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait terhadap pelaksanaan urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian.
  • Pengkoordinasian penyusunan laporan pelaksanaan tugas Kelurahan.
  • Pelaksanaan pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian administrasi umum, perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian.
  • Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kesekretariatan.
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

III.  SEKSI PEMERINTAHAN

1. Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentramandan ketertiban umum.

2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi:

  • Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan program kerja seksi.
  • Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan dan pelayanan administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum.
  • Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau instansi terkait.
  • Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum.
  • Pelaksanaan pelayanan administrasi pemerintahan, kependudukan, pertanahan, ketentraman dan ketertiban umum.
  • Fasilitasi terhadap penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan lingkup Kelurahan.
  • Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi.
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

IV.  SEKSI SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

1. Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarkat.

2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai fungsi:

  • Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan program kerja seksi.
  • Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan pelayanan dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat
  • Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau instansi terkait.
  • Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.
  • Penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM).
  • Fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi lembaga kemasyarakatan.
  • Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi.
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

V.  SEKSI FISIK, SARANA DAN PRASARANA

1. Seksi Fisik, Sarana dan Prasarana, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan pembangunan fisik, sarana dan prasarana.

2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Fisik, Sarana dan Prasarana mempunyai fungsi:

  • Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan program kerja seksi.
  • Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana.
  • Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana termasuk pemeliharaan Fasilitas umum dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau instansi terkait.
  • Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang Fisik, Sarana dan Prasarana.
  • Fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang Fisik, Sarana dan Prasarana sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi.
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

VI.  SEKSI PEREKONOMIAN

1. Seksi Perekonomian, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bidang Perekonomian.

2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Seksi Perekonomian mempunyai fungsi:

  • Penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan program kerja seksi.
  • Penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis dibidang Perekonomian.
  • Penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang FPerekonomian termasuk Pemberdayaan Ekonomi Rakyat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau instansi terkait.
  • Pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang perekonomian.
  • Fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang perekonomian sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi.
  • Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Struktur Organisasi


Visi Misi

Pemerintah Kelurahan Pagesangan Barat meliki Visi dan Misi yang didasarkan pada Kecamatan Mataram, Kota Mataram, yaitu :

Visi

Mewujudkan Kecamatan Mataram yang MENAH TANDUR ( Mentaram Indah, Tertata, Aman, Damai, Maju dan Religius ).

Misi

  1. Mewujudkan masyarakat Kecamatan Mataram sebagai Kecamatan yang merupakan nama Ibu Kota Mataram dan nama Ibukota Propinsi NTB sebagai kota yang indah.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan publik berdasarkan prinsip tata pemerintahan pemerintahan yang baik dalam bentuk penataan administrasi, pemerintahan, pembangunan dan pelayanan.
  3. Mewujudkan masyarakat Kecamatan Mataram yang penduduknya heterogen untuk tetap memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban dan kedamaian di tengah masyarakat dan saling berketerima (toleransi) yang dijiwai oleh nilai-nilai agama/religi dan kearifan lokal (local wisdom).
  4. Meningkatkan kualitas SDM yang handal dan religius untuk mendorong daya saing daerah.

Program Kerja

Rencana Program Dan Kegiatan Indikatif

Program pembangunan dan rencana kegiatan indikatif yang dituangkan dalam Rencana Strategis Kecamatan Mataram Tahun 2011-2015 disusun dengan mengacu dan berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Mataram Tahun 2011-2015. Renstra SKPD Kecamatan  Mataram ini disusun untuk mendukung Visi dan Misi yang telah ditetapkan.

Bertitik tolak dari paparan diatas dapat disampaikan rencana program dan kegiatan indikatif sebagai berikut:

1. Program Administrasi Pemerintahan, kegiatan Kegiatan yang direncanakan dalam program ini adalah :

  • Bimbingan teknis administrasi umum pemerintahan;
  • Evaluasi dan monitoring pelaksanaan administrasi umum pemerintahan;
  • Pengelolaan administrasi pemerintah Kecamatan dan Kelurahan;
  • Evaluasi pelaporan bidang administrasi dan pelayanan;
  • Evaluasi kinerja pemerintahan Kelurahan;
  • Pendataan propil Kelurahan;
  • Monitoring dan pemantauan hasil pelatihan dan Invetarisasi Keuangan Kecamatan dan Kelurahan.

2. Program Pembinaan dan Pelayanan Kebersihan, Keindahan dan Sosialisasi Lingkungan serta pembinaan dan Ketertiban.

Adapun kegiatan yang dilakukan dari program ini adalah :

  • Penyuluhan kebersihan terkait dengan kesehatan lingkungan;
  • Pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan penanaman pohon pelindung dan pertamanan;
  • Penataan dan penertiban pedagang kaki lima;
  • Monitoring ketentraman dan ketertiban.

3. Program Peningkatan Peranserta Masyarakat dalam Pembangunan.

Kegiatan yang dilakukan dalam program ini adalah:

  • a.MPBM Informasi
  • b.MPBM Perencanaan
  • c.MPBM Pelaksanaan
  • d.MPBM Evaluasi

4. Program Pembinaan Pendidikan Keagamaan dan Budaya, kegiatan dari   program ini adalah:

  • Pelaksanaan MTQ Tingkat Kecamatan Mataram;
  • Monitoring pelaksanaan hari-hari besar Agama, hari besar Nasional yang dikaitkan juga dengan acara budaya

5. Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan

Kegiatan dari program ini adalah Peningkatan Kesehatan Masyarakat.

6. Program Peningkatan Kesetaraan Gender dan Kepemudaan, kegiatan yang dilakukan dalam program ini adalah Pembinaan dan Pemberdayaan Organisasi Perempuan.

7. Program Pembinaan Lansia, Kegiatannya adalah Pelatihan Ketrampilan Kelompok Lansia.

8. Program Pembinaan Ekonomi

  • Pelatihan kelompok pemberdayaan pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan;
  • Pembinaan Usaha Ekonomi Kecil dan Menengah/TTG;

9. Program pembangunan Kantor Camat dan Kantor Kelurahan

  • Rehab Kantor Camat
  • Rehab Kantor Lurah

Dalam kurun waktu lima tahun kedepan Kecamatan Mataram melaksanakan fungsi Pelayanan Umum, Sub Fungsi Pelayanan Umum Pemerintahan  dengan Program Koordinasi Perencanaan Pembangunan Daerah akan melaksanakan 30 kegiatan dan 9 (sembilan) Kelurahan.


Data Monografi


Potensi Wilayah