Selamat Datang!
  • Taman Teruna Dedare Mataram

  • Pendopo Kota Mataram

  • Kota Tua Mataram

  • Bundaran Eks Bandara Selaparang

  • Taman Udayana

  • Penghargaan Adipura

  • Munas Akkopsi (Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi)

  • Taman Selagalas

  • Festival Keraton dan Masyarakat (FKMA) Asia Tenggara II

  • Pantai Ampenan

  • Taman Loang Baloq

  • Taman Sangkareang

  • Green Belt - Taman Udayana

  • Taman Tugu Udayana

  • Taman Beringin

  • Taman Adipura Malomba

  • Taman Sangkareang

  • Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69

Jumat, 29 Agustus 2014
INFORMASI MENGENAI SELEKSI PENERIMAAN CPNS 2014 SELENGKAPNYA DAPAT DILIHAT DI http://panselnas.menpan.go.id atau http://sscn.bkn.go.id
KECAMATAN MATARAM
  • Profil
  • Gambaran Umum
  • TUPOKSI
  • Struktur Organisasi
  • Visi & Misi
  • Program Kerja
  • Data Monografi
  • Potensi Wilayah
Alamat    : Jl. Sriwijaya No. 4 Mataram
Telepom : 0370 623435

 

Nama Camat                 : Amran M. Amin, S.Sos           

Nip                                  : 19640603 198603 1 024                   

Pangkat/Gol                  : IVa/Pembina Utama

Pendidikan                    : S1

Tempat Tanggal Lahir  : Mataram, 3 Juni 1964

Riwayat Pekerjaan       :

  • Staf BKPMD Propinsi Dati I NTB (19-10-2001 s/d 27-12-2001)
  • Staf Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi NTB (27-12-2001 s/d 06-02-2002)
  • Sekrestaris Lurah Dasan Agung (06-02-2002 s/d 09-07-2003)
  • Lurah Cakranegara selatan (09-07-2003 s/d 16-02-2011)
  • Camat Mataram (16-02-2011 s/d Sekarang)

 

TAMPAK DEPAN KANTOR CAMAT MATARAM

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 5 Tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kota Mataram Kemudian dijabarkan dalam Peraturan Walikota Mataram Nomor 36/ PERT/2008 tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan. Pada Bab II Pasal 5 ayat (1) tentang Susunan Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi Unsur Organisasi Kecamatan dan Kelurahan menyebutkan bahwa pola struktur organisasi Kecamatan Mataram, Yaitu terdiri dari :
1.  Camat
2.  Sektretaris
3.  Dibawah Sekretaris terdapat 2 (Dua) Sub bagian

  1. Kasubag Umum dan Kepegawaian
  2. Kasubag Keuangan dan Perencanaan

4.  Seksi, yang berada di bawah Camat dimana terdapat 4(Empat) Seksi.
     terdapat jabatan Struktural sebanyak 8 (delapan) orang, yaitu :

  •   Eselon IIIA  :   1 Orang (Camat)
  •   Eselon IIIB  :   1 Orang (Sekretaris)
  •   Eselon IVA  :   4 Orang (Kepala seksi)
  •   Eselon IVB  :   2 Orang (Kasubag)

Kelurahan sebanyak 9 (sembilan) kelurahan yang terdiri dari :

  •   Kelurahan Punia
  •   Kelurahan Pejanggik
  •   Kelurahan Mataram Timur
  •   Kelurahan Pagesangan Barat
  •   Kelurahan Pagesangan
  •   Kelurahan Pagesangan Timur
  •   Kelurahan Pagutan Barat
  •   Kelurahan Pagutan
  •   Kelurahan Pagutan Timur

Adapun tugas pokok dan fungsi organisasi Kecamatan Mataram Kota Mataram adalah sebagai berikut :

1. Camat

Camat mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan mengatur, mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan penyelenggaraan kewenangan Pemerintah Daerah yang dilimpahkan oleh Walikota .

Untuk melaksanakan  tugas pokok diatas, Camat mempunyai fungsi :

  • Perumusan dan Penetapan visi, misi, rencana strategis dan  program kerja Kecamatan;
  • pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan Penetapan Kinerja Kecamatan ;
  • pelaksanaan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas Kecamatan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan atau Instansi terkait;
  • pelaksanaan pengaturan, pembinaan pengawasan dan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan dibidang Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban  masyarakat;
  • pelaksanaan pengaturan, pembinaan pengawasan dan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat; teknis tertentu sesuai peraturan perundang-undang ;
  • pelaksanaan pembinaan pelayanan teknis administratif kepada seluruh unit kerja lingkup Pemerintah Kecamatan;
  • pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian
  • pelaksanaan pengaturan, pembinaan pengawasan dan pengendalian terhadap penyelenggaraan kegiatan dibidang fisik, sarana dan prasarana;
  • pelaksanaan pengaturan, pembinaan pengawasan dan pengendalian  terhadap penyelenggaraan kegiatan dibidang Perekonomian;
  • pengkoordinasian pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Bermitra  Masyarakat (MPBM) di tingkat Kecamatan. 
  • pemberian pertimbangan terhadap penetapan perijinan dan rekomendasi penyelenggaraan Pemerintahan Kelurahan;
  • pelaksanaan pembinaan manajemen Kepegawaian lingkup Kecamatan ;
  • pelaporan pelaksanaan tugas kepada Walikota  melalui Sekretaris Daerah;
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh Walikota melalui Sekretaris Daerah.

 

2. Sekretaris

Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur, mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sekretariat dalam rangka melakukan pembinaan administrasi dan memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh unit kerja  Pemerintah Kecamatan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana diatas, Sekretaris Camat mempunyai fungsi :

  • pengkoordinasian penyusunan Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan dan Penetapan Kinerja Kecamatan ;
  • pengkoordinasian penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan Program Kerja Kecamatan ;
  • pelaksanaan pelayanan Teknis Administratif kepada seluruh Unit Kerja lingkup Kecamatan ;
  • perumusan  bahan pedoman dan petunjuk tata laksana administrasi umum;
  • perumusan dan penjabaran kebijakan teknis penyelenggaraan administrasi umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan;
  • pelaksanaan koordinasi dan konsultasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait terhadap pelaksanaan urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian ;
  • pengkoordinasian penyusunan laporan pelaksanaan tugas Kecamatan ;
  • pelaksanaan pengaturan, pembinaan ,pengawasan dan pengendalian administrasi umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kesekretariatan;
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

   

Dalam menjalankan Tupoksi Sekretaris menaungi 2 (dua) Sub Bagian yakni :

A. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bawahan dalam melaksanakan urusan perencanaan dan keuangan.

Untuk melaksanakan  tugas pokok sebagaimana diatas, Kepala Sub Bagian Perencanaan  mempunyai fungsi :

  • penyiapan bahan penyusunan  Rencana Kerja  Anggaran (RKA) dan Program Kerja Tahunan lingkup Kecamatan ;
  • penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis dibidang perencanaan dan keuangan;
  • penyiapan bahan penyusunan Rencana Strategis, Rencana Kerja Tahunan dan Penetapan Kinerja lingkup Kecamatan ;
  • penyiapan bahan koordinasi  dan konsultasi dibidang perencanaan dan pengelolaan keuangan ;
  • pelaksanaan pengelolaan keuangan meliputi anggaran, perbendaharaan , penatausahaan dan pertanggungjawaban nya
  • pengkoordinasian pelaksanaan tugas Satuan Pemegang Kas ;
  • penyiapan bahan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) lingkup Kecamatan;
  • pengkoordinasian penyusunan laporan keuangan dan pelaksanaan kegiatan lingkup Kecamatan  ;
  • pelaksanaan  monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Sub Bagian;
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

B. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bawahan dalam  pengelolaan administrasi umum, kepegawaian  dan perlengkapan.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana diatas, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai    fungsi :

  • penyusunan Rencana Kerja  Anggaran (RKA) dan Program Kerja Sub Bagian;
  • penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan administrasi umum, kepegawaian, dan perlengkapan;
  • penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi penyelenggaraan administrasi umum, kepegawaian, dan perlengkapan;
  • pengumpulan , pengolahan dan analisa data kebutuhan perlengkapan;
  • pelaksanaan pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan dan pendistribusian perlengkapan inventaris kantor sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
  • penyelenggaraan pelayanan administrasi kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan PNS lingkup Kecamatan ;
  • pengkoordinasian pelaksanaan tugas Bendaharawan Barang;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Sub Bagian;
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

3. Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan pengelolaan dan pelayanan administrasi pemerintahan, kependudukan dan pertanahan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana diatas, Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :

  • penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi;
  • penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan dan pelayanan administrasi pemerintahan, kependudukan dan pertanahan;
  • penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang administrasi pemerintahan, kependudukan dan pertanahan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Instansi terkait ;
  • pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian dibidang administrasi pemerintahan, kependudukan dan pertanahan ;
  • pengumpulan ,pengolahan dan analisa data bidang administrasi pemerintahan, kependudukan dan pertanahan;
  • fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Walikota dibidang administrasi pemerintahan, kependudukan dan pertanahan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • pembinaan  pelaksanaan administrasi pemerintahan, kependudukan dan pertanahan Pemerintah Kelurahan;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi;
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

4. Seksi Ketentraman dan Ketertiban

Seksi Ketentraman dan Ketertiban dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah serta pembinaan polisi pamong praja.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi :

  • penyusunan  Rencana Kerja  Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi;
  • penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  • penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat dengan Instansi terkait dan lembaga kemasyarakatan;
  • pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  • pengumpulan ,pengolahan dan analisa data bidang ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  • fasilitasi terhadap penerapan dan penegakan Peraturan Perundang-undangan lingkup Kecamatan;
  • pengkoordinasian pelaksanaan tugas Polisi Pamong Praja lingkup Kecamatan;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi;
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan tugas fungsi.

 

5. Seksi Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat

Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bidang sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai fungsi :

  • penyusunan  Rencana Kerja  Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi;
  • penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dan pelayanan dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat;
  • penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang  Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat  dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Instansi terkait;
  • pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian dibidang Sosial  dan Pemberdayaan Masyarakat;
  • pengumpulan ,pengolahan dan analisa data bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat;
  • penyiapan bahan koordinasi pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM);
  • fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Daerah dibidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat  sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • pembinaan ,dan pengkoordinasian  pelaksanaan kegiatan  dibidang sosial dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan;
  • pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Seksi;
  • pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

6. Seksi Perekonomian, Fisik, Sarana dan Prasarana

Seksi Perekonomian, Fisik, Sarana dan Prasarana, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan Perekonomian, Pembangunan Fisik, Sarana dan Prasarana

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Seksi Perekonomian, Fisik, Sarana dan Prasarana mempunyai fungsi :

  • penyusunan  Rencana Kerja  Anggaran (RKA) dan Program Kerja Seksi;
  • penyiapan bahan pedoman dan petunjuk teknis dibidang Perekonomian,Fisik, sarana dan Prasarana;
  • penyiapan bahan koordinasi dan konsultasi dibidang  Perekonomian, Fisik, sarana dan Prasarana termasuk Fasilitas Umum dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Instansi terkait;
  • pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian dibidang Perekonomian, Fisik, Sarana dan Prasarana;
  • pengumpulan, pengolahan dan analisa data bidang Perekonomian, Fisik, Sarana dan Prasarana;
  • fasilitasi terhadap pelaksanaan kebijakan Daerah dibidang Perekonomian, Fisik, sarana dan Prasarana   sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • pembinaan ,dan pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan  dibidang Perekonomian, Fisik, sarana dan Prasarana  di Kelurahan.

VISI

Mewujudkan Kecamatan Mataram yang MENAH TANDUR ( Mentaram Indah, Tertata, Aman, Damai,  Maju dan Religius )

MISI

  1. Mewujudkan masyarakat Kecamatan Mataram sebagai Kecamatan yang merupakan nama Ibu Kota Mataram dan nama Ibukota Provinsi NTB sebagai kota yang indah.
  2. Meningkatkan kwalitas pelayanan publik berdasarkan prinsip tata pemerintahan yang baik dalam bentuk penataan Administrasi, pemerintahan , pembangunan dan pelayanan.
  3. Mewujudkan masyarakat Kecamatan Mataram yang penduduknya heterogen untuk tetap memelihara Keamanan, ketentraman, ketertiban dan kedamaian ditengah masyarakat dan saling berketerima (toleransi) yang dijiwai oleh nilai-nilai agama/religi dan kearifan lokal (local wisdom).
  4. Meningkatkan kwalitas SDM yang handal untuk mendorong daya saing daerah.  

1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran

  • Belanja pegawai Kantor Camat dan Kelurahan
  • Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik
  • Penydiaan jasa pemeliharaan dan perijinan kendaraan dinas/oprasional
  • Penyediaan alat tulis kantor
  • Penyediaan barang cetakan dan penggandaan
  • Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan listrik
  • Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor
  • Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan
  • Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah
  • Penyusunan dokumen perencanaa
  • Pengelolaan administrasi umum kepegawaian
  • Penyediaan admini trasi Keuangan
  • Penyusunan dokumen LAKIP dan LPD

 

2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana

  • Pengadaan kendaraan dinas
  • Pengadaan perlengkapan gedung kantor
  • Pengadaan peralatan gedung kantor
  • Pemeliharaan rutin/berkala gedung kantor
  • Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/oprasional
  • Rehabilitas berat/sedang gedung kantor

 

3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur

  • Pengadaan pakaian dinas khusus hari-hari tertentu

 

4. Program Peningkatan Pengembangan Sistim Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan

  • Penyusunan inventaris kekayaan

 

5. Program Peningkatan Kesadaran Lingkungan

  • Gerakan sadar kebersihan dan ketertiban
  • Lomba ketertiban lingkungan

 

6. Program Pengembangan Data Informasi

  • Penyusunan data kependudukan

 

7. Program Pembinaan Pemerintahan Desa/Kelurahan

  • Pembinaan dan penataan administrasi kepala lingkungan
  • Pemilihan dan pengangkatan kepala lingkungan

 

8. Program Peningkatan Kapasitas Kelurahan

  • Peningkatan kapasitas kelurahan dan masyarakat kelurahan
  • Evaluasi kinerja pemerintah dan masyarakat kelurahan

 

9. Program Pengmbangan Wilayah Pembatasan

  • Pembuatan batas wilayah (gapura)

 

10. Program Peninkatan Partisipasi Masyarakat Kelurahan Dalam Pembangunann

  • Pelaksanaan MPBM tingkat kecamatan
  • Evaluasi penilaian kebersihan lingkungan
  • Monitoring kebersihan lingkung

 

11. Program Peningkatan Kesetaraan Gender dan Kepemudaan

  • Pembinaan pemberdayaan organisasi perempuan
  • Gerakan gemar makan ikan
  • Seleksi dan pembinaan pemuda pelopor

 

12. Program Peningkatan Keamanan Lingkungan

  • Pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan

 

13. Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pedesaan

  • Peningkatan kesehatan masyarakat kelurahan
  • Pelaksanaan MTQ/hari-hari besar nasional agama

 

14. Program Peningkatan Kesehatan Masyarakat Kelurahan

  • Peningkatan kapasitas kelurahan dan masyarakat Kelurahan 9 (sembilan) Kelurahan

 

15. Program Pengembangan kInrja Pengelolaan Persampahan

  • Penyediaan sarana prasarana pengelolaan persmpahan

 

16. Program Kewirausahaan dan keunggulan kompetitif UKM

  • Penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan