KERAJINAN CUKLI  DI RUNGKANG JANGKUK

Cukli merupakan kerajinan yang berbahan dasar dari kerang putih. Karena ini dipotong menjadi beberapa potongan kecil berbentuk seperti wajik. Kemudian potongan tersebut nantinya akan dijadikan hiasan yang ditempel pada permukaan berbagai macam hasil seni rupa.

Proses pembuatan kerajinan ini diawali dari menatah atau memahat motif, memasang cukli, menghaluskan menggunakan ampelas, menempel dempul, hingga proses plitur. Terakhir yaitu mengecet atau prosesyang benda-benda yang telah ditempeli pototngan-potongan kerang tersebut juga beragam jenisnya. Mulai dari kotak perhiasan,  kotak, kursi, barang, meja, lemari  dan tempat bua-buahan, patung-patung maupun topeng kayu hingga dinding sketsel penyekat ruangan.

Benda-benda inilah yang banyak diburu oleh wisatawan yang datang berkunjung ke mataram. Memang rata-rata semua benda-benda ini terbuat dari kayu. Dengan warnanya yang coklat kehitaman membuat kerajinan ini menjadi lebih antik dan terkesan klasik.

Tak jarang kerajinan cukli di kampung ini membuat para wisatawan yag datang terkagum-kagum. Bahkan para wisatawan tersebut ingin mengetahui lebih rinci tentang seluk beluk pembuatan kerajinan dari mancanegara seperti timur tengah dan eropa, mereka memliki ketertarikan yang tinggi atas kerajinan cukli ini.

Di kampung rungkang jangkuk sendiri, sangat dengan mudah akan anda temui di setiap ruas lingkungan kampung ini. Bukan hanya wisatawan mancanegara yang mengunjungi kampung ini, tetapi para pejabat negara juga kerap datang mengunjungi.

Awalnya, rungkang jangkuk dikenal sebagi penghasil kerajinan kota antik yang terbuat dari kayu, pelepah pisang dan aren serta pandan. Seiring berkembangnya waktu, hasil kerajinan tersebut banyak mengalami perubahan termasuk membuatnya menjadi kerajinan cukli. Akhirnya lambat laun seluruh  pengrajin di sana berpindah menggeluti kerajinan cukli. Sejak saat itu, kerajinan cukli mulai terkenal hingga ke luar negri.

Bahkan beberapa negara seperti amerika, belanda, inggris, australia serta jepang, memesan produksi kerajina ini. Saat ini, kerjinan cukli di kampung rungkang jagkuk telah memiliki kesan yang luar biasa bagi wisatawan, bahkan pecinta karya seni yang berkunjung ke mataram.

Kerajinan cukli memilki harga yang beragam tergantung dari bentuk, jenis dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Selain itu, masih banyak kerajinan cukli yang dijual dalam beragam bentuk lain seperti lemari besar, rak untuk menyimpan koleksi perhiasan hingga benda-benda terkecil seperti piring, mangkok dan sendok.

Untuk anda para pecinta kerajinan tangan, kerajinan cukli di kampung rungkang jangkuk ini bisa menjadi lokasi kunjungan yang memuaskan. Anda juga bisa memperkaya pengetahuan tentang kerajinan cukli dengan langsung berinteraksi dan ikut menyaksikan proses pembuatan kerajinan ini. (Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram / Buku Ayo Ke Mataram).

 

KEMILAU MUTIARA SEKARBELA

BERBURU oleh-oleh merupakan salah satu hal terpenting yang tidak kamu lewatkan begitu saja oleh wisatawan yang berkunjung kesebuah tempat. Rasanya seperti ada yang kurang  jika berpergian tanpa membawa pulang oleh-oleh. Kota mataram merupakan kota yang bila anda kunjungi sangat menyimpan banyak oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang nantinya.

Diantara oleh-oleh yang terkenal dikota mataram, mutiaralah yang memiliki kesan tersendiri. Benda mungil menyerupai kelereng ini sangat diminati dan diburu oleh wisatawan yang berkunjung. Bahkan, beberapa pengusaha dari luar pulau lombok sengaja datang untuk membeli mutiara di kota ini dan nantinya akan dijual dikota asalnya.

Pulau lombok merupakan salah satu pemasok mutiara terbesar di dunia. Bahkan menyaingi negara penghasil mutiara terbesar di dunia seperti jepang, australia dan cina. Jenis mutiara yang dihasilkan di pulau lombok adalah jenis south pearl atau jenis mutiara dengan kelas terbaik.

Di kota mataram sendiri, tempat penjualan mutiara ini terbesar merata mulai dari tengah hingga pinggiran kota. Namun yang paling menarik disini adalah terdapat sebuah kampung di bagian selatan kota mataram yang secara turun temurun berprofesi sebagai pengrajin dan menghasil mutiara. Kampung tersebut bernama sekarbela.

Kampung sekarbela terletak 4 kilometer, tidak jauh dari pusat kota mataram. Dengan menaiki angkutan umum selama 15 menit, maka anda akan sampai ke kampung mutiara ini. Jenis dan kelas mutiara yang terdapat dikampung ini sangat beragam. Mulai dari mutiara air tawar hingga mutiara yang berasal dari air laut. Harganya pun bervariasi tergantung jenis, ukuran dan kelasnya.

Umumnya, para perajin mutiara dikampung sekarbela ini telah memodifikasi beberapa mutiaranya menjadi perhiasan yang indah nan cantik. Biasanya mutiara-mutiara tersebut disandingkan dengan emas permata, intan dan lainnya.

Hasil sandingan terssebut menjadi perhiasan dengan beragam bentuk. Mulai dari cicin, kalung, gelang, anting-anting dan bentuk perhiasan lainnya. Dengan jenis, benuk dan harga yang bermacam-macam, maka anda akan dengan senantiasa bebas menentukan pilihan untuk menjadikan perhiasan atau mutiara ini sebagai oleh-oleh kunjungan.

Bagi wisatawan lokal maupun yang berasal dari mancanegara yang sering melakukan kunjungan ke kota mataram, nama kampung mutiara sekarbela sudah tidak asing lagi. Apabila keberadaan kampung ini yang sudah sangat lama menggeluti dunia bisnis kerajinan mutiara.

Sedangkan bagi anda yang belum pernah melakukan kunjungan ke kampung  mutiara ini, ada baiknya nama kampung mutiara sekarbela dimasukkan dalam daftar tempat tujuan berikutnya. Anda bisa menyusuri jalan kampung ini dengan disuguhkan banyaknya toko yang menyediakan serta menjual kerajinan mutiara. Bahkan jika memiliki waktu kunjung yang lama bisa menyusuri hingga ke dalam-dalam kampung melalui jalan-jalan kecil yang terdapat di sepanjang jalan utama kampung ini.

Mata dan hati andapun akan digiurkan ketika melihat banyaknya mutiara yag telah dibalut dengan indah menggunakan emas, intan dan permata sebagai pelengkapnya. Jika anda hanya tertarik membeli mutiaranya saja tanpa dilengkapi emas, intan ataupun permata maka para perajin juga menyeiakan mutiara butiran dengan harga yang terjangkau dan relatif murah. Harga yang ditawarkan pun sangat tergantung pada kualitas dan bentuknya. Mutiara yang berasal dari air tawar jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mutiara yang berasal daari air laut. Mutiara air laut memiliki harga yang berbeda dan lebih mahal karena terkenal dengan perawatannya yang super teliti serta kualitasnya yang tidak lagi diragukan di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, selain berburu mutiara impian, anda juga berkesempatan melihat secara langsung aktifitas para pengrajin mutiara dikampung ini dalam mengolah dan menyulap butiran-butiran mutiara menjadi perhiasan yang cantik menawan. Pengrajin mutiara di kampung sekarbela lahir secara turun temurun. Biasanya mereka mewarisi keahlian merangkai mutiara dari orang tuanya. Sehingga tidak heran jika kampungsekarbela sejak dulu sampai sekarang dikenal sebagai kampung mutiara.

Kunjungan atau liburan anda menjadi lebih bermakna dengan mengunjungi kampung mutiara sekarbela. Manjakan diri anda dengan bermacam-macam mutiara di dalamnya. Tentu saja, kunjungan anda akan semakin sempurna dengan membawa pulang oleh-oleh mutiara-mutiara cantik. (Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram / Buku Ayo Ke Mataram)

 

  • Halaman :  

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,043 Visit
Kemarin : 7,437 Visit
Bulan Ini : 101,421 Visit
Tahun Ini : 275,612 Visit
Total : 278,332 Visit
Detail Statistik