\TAMAN SANGKAREANG

SEBUTAN “KOTA” selalu indentik dengan pusat dari segala macam ragam aktifitas pada sebuah daerah atau system pemerintahan. Kota diidentifikasi dengan pusat pemerintahan, ekonomi, pusat bisnis dan perdagangan, hiruk pikuk dinamika para pekerja hingga polusi dari kendaraan yang berlalu lalang menghiasi ruas-ruas jalan setiap saat. Seluruh aktifitas tersebut sangat lekat dan erat dengan kehidupan dikota.

Di kota manapun kita bias melihat semuanya, bahkan bukan saja terjadi di ibu kota Negara, namun juga bias ditemukan disetiap kota-kota provinsi dan kota-kota kecil lain. Bagi sebagian orang, kota merupakan daerah yang penuh dengan kebisingan, hiruk pikuk penghuninya hingga polusi yang membahayakan kesehatan masyarakat.

Dalam hal ini, taman kota dibuat untuk menyeimbangkan dampak yang ada. Kota mataram sendiri terdapat taman kota yang dibangun tepat dipusat Pemerintahan Nusa Tenggara Barat. Taman ini dinamakan taman sangkareang yang memiliki luas sebesar 1 hectare.

Mataram maupun sekitarnya, keberadaan taman kota ini sangat memberikan dampak positif. Pada pagi hari, taman yang juga memiliki lapangan luas ini sering dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas seperti olahraga atau bersantai dengan keluarga. Banyaknya pepohonan yang terdapat lokasi ini ramai dikunjungi, terutama pada sore hari.

Jika anda mengunjungi kota mataram, maka ada baiknya mengunjungi taman ini. Selain bisa bersantai, menghilangkan kepenatan setelah melakukan aktivitas-aktivitas yang melelahkan, taman ini juga bisa memberikan suasana baru bagi kunjugan anda nantinya. Jadi, bagi yang ingin melakukan kunjungan berkesan, santai dan tentu saja menyehatkan, taman sangkarang kota mataram sangat tepat untuk dikunjungi. <span sans="" unicode,lucida="" grande,sans-serif;="" font-size:12px\"="">Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram (buku Ayo Ke Mataram)

 

TAMAN UDAYANA

KOTA MATARAM bisa berbangga hati dengan memiliki taman udayana. Taman udayana terletak d jalan udayana dan berada tepat ditengah-tengah pusat kota mataram. Taman ini merupakan taman yang memiliki banyak fungsi dalam dinamika kehidupan masyarakat kota mataram maupun yang berasal dari luar mataram.

Bagaimana tidak, selain menjadi paru-paru kota karena banyaknya berbagai jenis pepohonan yang sengaja ditanam oleh pemerintah kota mataram, kawasan ini juga biasa dijadika tempat bersantai oleh masyarakat wisatawan yang berkunjung kekota mataram. Rimbunnya pepohonan, hijau hamparan persawahan serta rapinya penataan warung-warung sepanjang taman ini menjadikan kawasan ini sebagai tempat yang paling nyaman untuk dikunjungi masyarakat para pengun jung bisa senantiasa memilih lokasi untuk rekreasi atau sekedar berkumpul bersama teman sambil menikmati hidayangan yang disuguhkan oleh warung-warung di sepanjang jalan ini.

Pada waktu sore hari hingga tengah malamn taman ini ramai oleh berbagai kalangan yang meluangkan waktu dengan beragam kepentingan masing-masing. Mulai dari yang hanya sekedar nongkrong bersama teman-temannya, makan malam bersama pasangan maupun keluarganya, hingga bertemunya berbagai macam kelompok atau komunitas tertentu yang sengaja berkumpul sekedar silaturahmi antarsesama anggotanya.

Bicara masalah kuliner, anda tidak perlu khawatir, hampir semua warung yang berkonsep lesehan disini menawarkan beragam jenis masakan khas pulau lombok. Namun di antara masakan-masakan khas tersebut, ada satu jenis makanan yang menjadi sajian khas seluruh warung yang ada, yaitu bulayak. Sate bulayak adalah sate dari daging dan jeroan yang disajikan dengan sambal plus lontong atau biasa disebut bulayak. Sambal dari sate bulayak ini juga memiliki rasa yang khas dan nyaris tidak bisa dijumpai didaerah lain.

Pada saat penyajiannya, sate ini juga dimakan dengan beberapa buah lontong berbentuk bulat memanjang dan mengecil pada salah satu bagian ujungnya. Lontong yang mengunakan daun kelapa ini juga jarang ditemukan ditempat lain.  

Bagi anda termasuk pecinta kuliner, ada baiknya menjadikan sate bulayak ini sebagai daftar buruan kuliner. Selain lezatnya sate bulayak, anda juga bisa menikmati renyahnya pelecing kangkung yang dibaluri dengan sambal khas plecing.

Renyahnya kangkung khas lombok sangat berbeda dengan kangkung yang berada didaerah lain, karena kangkung disini memiliki tangkai yang besar dan panjang karena ditanam dialiran sungai yang mengalir. Kangkung khas lombok juga telah dikenal hampir di seluruh penjuru nusatara, bahkan demi menjaga kelezatan dan mempertahankan cita rasa kangkung ini, banyak restoran dari luar kota mataram yang mengirim langsung kangkung lombok ke daerahnya masing-masing.

Taman udayana yang juga sebagai penghubung antara kota mataram denngan kawasan wisata senggigi ini, juga memiliki kelebiihan tersendiri. Pada hari minggu pagi, pemerintah kota mataram memperlakukan kawasan taman udayana ini sebagai arena bebas kendaraan bermotor. Jika anda kebetulan berada dikota mataram pada hari minggu, sebaiknya anda menyempatkan diri untuk berolahraga seperti sepeda santai atau sekedar jogging di taman udayana.

Bentuk keseriusan pemerintah kota mataram untuk menjadi kawasan taman udayana ini sebagi paru-paru kota bisa dilihat dari tidak adanya sampah yang tercecer disamping ruas jalan udayana ini. Jadi, jika anda menginginkan rekreasi yang sehat dan berkesan, sebaiknya persiapkan diri anda untuk mengunjungi taman udayana terutama saat malam hari dan hari minggu pagi. Bersihnya udayana pagi hari tanpa polusi asap kendaraan tentu saja menjadikan minggu pagi. Anda akan menjadi minggu pagi yang sehat.  Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram (Buku Ayo Ke Mataram)

 

  • Halaman :  
  • 1
  • 2

Agenda Kegiatan

Banner Link

Website Resmi LPSE Kota MataramRencana Umum Pengadaan Kota Mataram Perwal Tata Naskah Dinas Pemerintah Kota MataramWebsite Sistem Informasi Publik Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kota MataramPERATURAN WALIKOTA MATARAM TENTANG KODE ETIK ASNROAD MAP RB KOTA MATARAMBUKU STANDAR HARGA KOTA MATARAM TAHUN 2017Surat Edaran Libur Nasional 2017Edaran Cuti Tahun 2017Logo HUT RI yang ke-72BANNER HUT RI Ke-72HUT KOTA MATARAM KE-24Website Pengaduan Online RakyatPot n Plot Smart City

Polling

Apakah informasi di Website Kota Mataram bermanfaat menurut anda?
Bermanfaat Sekali
Bermanfaat
Cukup Bermanfaat
Kurang Bermanfaat

Statistik Pengunjung

Hari Ini : 2,035 Visit
Kemarin : 7,437 Visit
Bulan Ini : 101,413 Visit
Tahun Ini : 275,604 Visit
Total : 278,324 Visit
Detail Statistik