Search Here

Pidato Sidang Paripurna Istimewa

Pidato Sidang Paripurna Istimewa

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Aug 08, 2019

WALIKOTA MATARAM


PIDATO WALIKOTA MATARAM

DALAM SIDANG PARIPURNA ISTIMEWA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KOTA MATARAM

DALAM RANGKA PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KOTA MATARAM XXVI





Mataram, 29 Agustus 2019


Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua,


Yang terhormat, 

  • Pimpinan dan segenap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Mataram;

  • Rekan-rekan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah;

  • Pimpinan Partai Politik, Pengurus Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Insan Pers;

  • Sekretaris Daerah, para Staf Ahli dan Asisten;

  • Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah  Kota Mataram; 

  • Camat dan Lurah se- Kota Mataram;

  • Singkatnya hadirin undangan yang berbahagia.


Alhamdulillah, puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia-Nya lah maka hari ini Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Mataram dalam rangka Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Mataram menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-26 Kota Mataram, tanggal 31 Agustus 2019.


Pertemuan kita hari ini terasa istimewa karena merupakan pertama kalinya kami menyampaikan pidato menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kota Mataram di hadapan anggota Dewan yang terhormat yang baru dilantik 6 Agustus lalu. Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak juga tidak lupa kami sampaikan karena pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2019 di Kota Mataram telah berjalan dengan lancar dan aman, serta telah memberikan hasil yang merupakan pengejawantahan suara rakyat Kota Mataram. 


Rasa syukur pun tak henti-hentinya kita panjatkan karena setelah kurang lebih setahun yang lalu kita mengalami ujian berupa bencana gempa bumi, namun saat ini proses recovery terus berjalan dan roda pemerintahan serta pembangunan sudah kembali berjalan normal. Masyarakat Kota Mataram sendiri terdampak dengan adanya kerusakan pada ribuan rumah, serta pada jaringan distribusi air bersih, dimana total rumah rusak sebanyak 14.647 unit, terdiri dari 1.469 rumah rusak berat, 3.987 rumah rusak sedang, dan 9.191 rumah rusak ringan.


Sejauh ini Kota Mataram sudah menerima bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar 271,565 Milyar Rupiah lebih yang disalurkan melalui Pokmas kepada masyarakat terdampak guna proses rehabilitasi rumah rusak. Proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah penduduk yang rusak terus kami percepat seiring dengan telah dipenuhinya transfer anggaran rehabilitasi dan rekonstruksi oleh Pemerintah Pusat. 


Di balik itu semua, kita pun mendapat hikmah yang luar biasa dari ujian ini karena ikatan persaudaraan dalam diri masyarakat Kota Mataram semakin erat dan selalu bersama dalam suka maupun duka. 


Hadirin Sidang Dewan yang kami hormati,

Dapat kami sampaikan bahwa pada Tahun Anggaran 2018 kami mengarahkan program dan kegiatan untuk mencapai target sesuai dengan Tema Pembangunan Kota Mataram Tahun 2018 yang telah di dalam RKPD Kota Mataram Tahun 2018 yaitu “Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Melalui Pemberdayaan Ekonomi Rakyat, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana Perkotaan Dalam Rangka Percepatan Penanggulangan Kemiskinan”.


Kinerja perekonomian daerah yang tercermin dari angka PDRB Kota Mataram mengalami kenaikan dari 12,47 Triliun Rupiah padatahun 2017 menjadi 13,09 Triliun Rupiah pada tahun 2018 atau tumbuh sebesar 4,98 persen. Angka ini masih di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu sebesar 3,08 persen.


Adapun angka PDRB Per Kapita Kota Mataram Atas Dasar Harga Konstan terus naik selama 4 tahun terakhir, dan pada tahun 2018 tercatat sebesar 26 Juta 615 Ribu Rupiah lebih. Di sisi lain laju inflasi relatif berhasil dikendalikan, dimana pada tahun 2018 berada pada angka 3,15 persen, masih sesuai dengan target yang ditetapkan dalam RKPD sebesar 3±1 (tiga plus minus satu).


Anggaran Pendapatan Kota Mataram pada Tahun Anggaran 2018 yang ditargetkan sebesar 1,437 Triliun Rupiah lebih, terealisasi sebesar 1,418 Triliun Rupiah lebih atau mencapai 98,65 persen. Namun, dari sektor PAD yang merupakan gambaran kemandirian daerah justru terealisasi sebesar 358,825 Milyar Rupiah lebih, melewati target yang ditetapkan sebesar 354,697 Milyar Rupiah lebih, atau mencapai 101,16 persen. 


Sedangkan anggaran Belanja Daerah pada Tahun Anggaran 2018 yang ditargetkan sebesar 1,539 Triliun Rupiah lebih terealisasi sebesar 1,435 Triliun Rupiah lebih atau sebesar 93,23 persen. Dalam hal belanja, kami tetap menekankan aspek efisiensi dengan mengendalikan pengeluaran/belanja daerah secara bijak untuk menghindari pemborosan anggaran.


Secara keseluruhan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mataram berada pada angka 78,28 termasuk dalam kategori TINGGI.


Hadirin Sidang Dewan Yang Kami Hormati,

Usaha dan kinerja yang kita semua lakukan mendapatkan apresiasi berbagai pihak. Berbagai penghargaan tingkat regional hingga nasional telah diraih Kota Mataram tahun ini. 


Diantaranya, untuk keempat kalinya berturut-turut Kota Mataram menerima penghargaan atas diraihnya opini WTP atas hasil pemeriksaan laporan keuangan Pemda Tahun Anggaran 2017 oleh BPK. Kemudian di bidang hukum, untuk keempat kalinya berturut-turut juga, Kota Mataram meraih penghargaan sebagai Kota Peduli HAM.

 

Menjelang Hari Ulang Tahun Kota Mataram, kado istimewa juga kita dapatkan lewat tiga penghargaan level nasional, yaitu penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Terbaik Tahun 2018 tingkat Kabupaten/Kota Wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua, penghargaan Kota Layak Anak Tahun 2019, serta Juara I Lomba Kelurahan Tingkat Nasional Regional Wilayah IV untuk Kelurahan Pejanggik.


Berbagai penghargaan ini tentu menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus meningkatkan kinerja dan inovasi pembangunan daerah guna mendapatkan hasil yang lebih baik lagi ke depannya.


Hadirin yang berbahagia,

Ke depan, tantangan yang akan kita hadapi juga semakin berat. Namun kami optimis untuk bisa meningkatkan daya saing Kota Mataram dan membuka jalinan kerja sama dengan berbagai pihak. Kami berharap akan adanya kenaikan investasi, naiknya serapan tenaga kerja, yang kemudian juga berimbas pada turunnya angka kemiskinan masyarakat Kota Mataram. Kami pun menekankan program-program strategis seperti pembangunan infrastruktur dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di tahun 2020 nanti.


Kemudian, sejalan dengan keputusan Pemerintah Pusat untuk memindahkan ibukota negara Republik Indonesia ke Provinsi Kalimantan Timur dengan berbagai pertimbangan yang menuju pada pemerataan pembangunan, kami selaku Pemerintah Kota Mataram pun dalam kesempatan yang baik ini memohon ijin dan dukungan dari semua pihak untuk memindahkan pusat pemerintahan Kota Mataram ke wilayah Lingkar Selatan yang telah diawali dengan pembangunan Gerbang Tembolaq yang nantinya akan terintegrasi dengan Green Belt, Tugu Mataram Metro dan kantor baru Wali Kota Mataram. 


Berdirinya Gerbang Tembolaq yang berwarna-warni menggambarkan keberagaman yang bernaung di satu wadah yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua pihak. Keragaman dan heteroginitas masyarakat Kota Mataram adalah kekuatan, dan semua memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam satu bingkai kota yang menjadi kebanggaan kita bersama. Kami berharap dengan pemindahan ini, jalannya roda pemerintahan dan pembangunan bisa lebih baik lagi, dan seluruh masyarakat Kota Mataram bisa merasakan kesejahteraan secara lebih merata.


Satu hal yang menjadi perhatian kami untuk tahun depan adalah terhadap kebijakan yang berkaitan dengan kesejahteraan pegawai, sebagaimana telah dituangkan dalam KUA PPAS Tahun Anggaran 2020. Untuk pegawai yang berstatus ASN, Pemerintah Kota Mataram menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yaitu dengan menganggarkan Gaji 13 dan Tunjangan Hari Raya (THR). Kemudian, untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT), akan diberikan kenaikan pendapatan sebesar 150 ribu rupiah per bulan, disesuaikan dengan kemampuan daerah. Selain itu, bagi pegawai dengan resiko tinggi, seperti pegawai pada Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan BPBD, akan dilakukan penyamarataan atau penyeragaman pendapatan sehingga tidak ada perbedaan antar instansi satu dengan yang lain.




Hadirin Yang Saya Hormati,

Sebentar lagi, akan ada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 yang harus kita sambut sebagai suatu pesta demokrasi yang menggembirakan bagi semua warga. Dalam kesempatan yang baik ini kami mengajak kita semua untuk menguatkan ikatan persaudaraan dan komitmen menjaga keamanan dan kondusivitas untuk menjamin kegiatan pembangunan berjalan lancar demi masa depan yang lebih baik lagi bagi Kota Mataram. 


Karena itu juga, tema Hari Ulang Tahun Kota Mataram ke-26 ini kami pilih "Bangga Membangun Kota". Melalui tema ini, kami mengajak semua elemen masyarakat Kota Mataram untuk menguatkan rasa kepemilikan terhadap kota yang kita cintai bersama ini, dan meningkatkan peran aktif untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan sesuai dengan kapasitas kita masing-masing.


Akhirnya, demikianlah pidato dalam rangka Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Mataram menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-26 Kota Mataram, tanggal 31 Agustus 2019 ini kami sampaikan.



DIRGAHAYU KOTA MATARAM KE-26

BANGGA MEMBANGUN KOTA


Semoga segala upaya kita bersama bisa mewujudkan masyarakat Kota Mataram yang Maju, Religius, dan Berbudaya.

Billahitaufiq Walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


WALIKOTA MATARAM


H. AHYAR ABDUH

Share:
Tags: