preloader

Search Here

SAMBUTAN GUBERNUR NTB PADA ACARA PERINGATAN ULANG TAHUN KE-26 KOTA MATARAM

SAMBUTAN GUBERNUR NTB PADA ACARA  PERINGATAN ULANG TAHUN KE-26 KOTA MATARAM

SAMBUTAN GUBERNUR NTB PADA ACARA PERINGATAN ULANG TAHUN KE-26 KOTA MATARAM

  • Diterbitkan Oleh: Admin
  • |
  • Pada: Sep 01, 2019

GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT

SAMBUTAN PADA ACARA

PERINGATAN ULANG TAHUN KE-26 KOTA MATARAM 

MATARAM, 31 AGUSTUS 2019

 

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang saya hormati:

Saudara Walikota Dan Wakil Walikota Mataram,

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia,

Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat,

Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat Dapil Kota Mataram,

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat,

Pimpinan Dan Segenap Anggota DPRD Kota Mataram;

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Mataram,

Segenap Jajaran Pemerintah Kota Mataram;

Para Pejabat Sipil, TNI Dan Polri;

Pimpinan Partai Politik, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Organisasi Wanita, Dan Organisasi Kepemudaan;

Para Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat Dan Tokoh Budaya;

Para Pelajar, Mahasiswa Dan Generasi Muda, Yang Saya Banggakan;

Rekan-Rekan Wartawan, Peserta Upacara, Undangan Dan Segenap Warga Kota Mataram Yang Berbahagia.

 

Alhamdulillahirabbi’alamiin, puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan karunia nikmat kesehatan, ke’afiatan dan hidayah-Nya kepada kita sekalian, sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini, kita diberikan kesempatan untuk sama-sama mengikuti upacara peringatan hari jadi ke-26 tahun Kota Mataram.


Saya selaku Gubernur dan atas nama Pemerintah Provinsi NTB, menyampaikan selamat kepada Kota Mataram yang kini sudah memasuki usia yang ke 26 tahun. Semoga di usia yang terbilang cukup matang ini, Kota Mataram akan semakin lebih memacu diri untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya.

 

Hadirin peserta upacara yang berbahagia,

Perjalanan 26 tahun adalah perjalanan yang cukup panjang bagi sejarah pembangunan setiap daerah. Dalam mengarungi perjalanan selama ini, sudah barang tentu pemerintah, pemangku amanah beserta segenap masyarakat Kota Mataram telah banyak merasakan dan mengalami pahit-getir dan manisnya perjuangan membangun Kota Mataram.


Hal yang patut disyukuri bersama, bahwa perkembangan pembangunan di Kota Mataram dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan. Berbagai capaian-capaian penting yang diraih selama kurun waktu terbentuknya Kota Mataram sampai dengan saat ini, kiranya cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah ini.


Berbagai penghargaan pembangunan yang telah diraih tentu menjadi suatu capaian yang akan diukir oleh sejarah. Namun yang pasti, hasil pembangunan yang paling bernilai semenjak diikhtiarkannya Kota Mataram 26 tahun silam adalah, pembangunan ini senantiasa dihajatkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Mataram.


Kini, di tahun 2019 dan selanjutnya, api pembangunan Kota Mataram harus terus dinyalakan menjadi lebih gemilang lagi, menjadi lebih baik lagi, demi cahaya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat kota mataram yang terus berkilau.


Untuk itu, tugas pemerintah daerah beserta seluruh pemangku amanah pembangunan Kota Mataram dituntut untuk terus menjaga kebersamaan, bekerja keras, berikhtiar cerdas, bersungguh-sungguh, dan merawat sikap konsisten dalam pencapaian target-target pembangunan.


Apabila seluruh jajaran aparatur pemerintah dan pemangku amanah dapat bersinergi optimal dalam konteks kebersamaan dan kegotong-royongan, Insya Allah obsesi mewujudkan Kota Mataram yang “Maju, Religius Dan Berbudaya” akan dapat diwujudkan pada semua bidang dan sektor pembangunan.


Ke depan, tantangan global menanti kita semua. Dalam menatap tantangan global tersebut, pijakan kita bagaimana berpikir global, berpikir luas, berpandangan dunia, namun tetap berbasis lokalitas, beraksi lokal, bertindak lokal “think globally, act localy”. Karena, dengan cara itulah kita dapat menemukan landasan untuk menjadi pemenang di abad globalisasi dan modernisasi ini.

 

Bapak ibu dan peserta upacara yang saya hormati,

Di samping berbagai kemajuan dan prestasi yang telah diraih oleh Kota Mataram, ada beberapa agenda besar kita secara bersama-sama antara Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah Kota Mataram dan semua Pemerintah Kabupaten /Kota se-Provinsi NTB untuk melakukan sinergitas dalam merealisasikannya.


Di hadapan kita terhampar banyak mimpi-mimpi besar yang sangat mungkin kita wujudkan bersama. Di tahun 2021 mendatang, Insya Allah NTB akan menjadi tuan rumah gelaran MotoGP. Salah satu ajang olahraga paling bergengsi di dunia, yang diperkirakan akan menghimpun ratusan ribu pengunjung ke NTB.


Selain itu, kita juga tengah merenda mimpi untuk mewujudkan pembangunan smelter dengan banyak industri turunannya. Lalu, ada pula rencana untuk membangun global hub yang akan menjadi salah satu terobosan besar dalam sejarah kelautan kita.


Semua itu, hanya sebagian dari daftar pekerjaan rumah yang perlu kita tuntaskan bersama. Untuk menyongsongnya, kita perlu membangun jalan-jalan baru, hotel-hotel baru, menambah kapasitas bandara, dermaga, dan sarana-sarana lainnya.


Yang terpenting, kita perlu mempersiapkan diri sendiri. Agar kelak, kita tidak hanya menjadi penonton dari semua yang akan hadir dalam waktu dekat. Para pemuda kita, perlu menantang diri untuk mempelajari hal-hal baru. Melatih keterampilan baru yang dibutuhkan oleh berbagai sektor yang akan tumbuh.


Inilah kepingan-kepingan mimpi besar yang ingin kita wujudkan untuk membangun NTB gemilang. NTB yang gemilang adalah bermakna NTB yang Baldatun Thayyibatun Warubbun Ghafur, dimana hidup dan kehidupannya dipenuhi hikmah dan keberkahan. Insya Allah, dengan sinergi dan kebersamaan dari kita semua, apa yang akan kita cita-citakan dan perjuangkan dalam membangun ntb gemilang, semoga dapat mencapai hasil sebagaimana yang kita harapkan. Amiin yarobbal alamiin.

 

Hadirin yang berbahagia, 

Mengakhiri sambutan ini, melalui kesempatan ini pula, saya ingin mengajak kita semua, untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap daerah kita. Kita tularkan rasa cinta itu kepada anak-anak kita, kepada masyarakat kita. Refleksikan cinta tersebut dengan kerja-kerja nyata kita untuk Kota Mataram dan untuk Nusa Tenggara Barat. Jaga selalu keamanan dan kedamaian wilayah masing-masing. Jaga selalu semangat persatuan kita. Kita semakin bersatu, Insya Allah  kita semakin maju.

 

Akhirnya, sekali lagi kami menyampaikan selamat  merayakan hari jadi ke-26 kepada Pemerintah dan segenap masyarakat Mataram, dengan harapan dan do’a semoga menjadi momentum terbaik untuk melakukan refleksi diri dan berhijrah menjadi kota yang semakin maju dan sejahtera.


Semoga allah subahanahu wata’ala - Tuhan Yang

Maha Kuasa, senantiasa memberi petunjuk dan membimbing langkah kita. Amin yarobbal alamin.

Wabillahittaufik  walhidayah.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dirgahayu Kota Mataram 

Gubernur Nusa Tenggara Barat,

ttd.

­­

Dr. H. Zulkieflimansyah

Share:
Tags: